Sukses

Fashion

Kolaborasi Brand Retail Ini dengan Designer Terkenal Sudah Capai Satu Dekade

h&m, karl lagerfeld

H&M X Karl Lagerfeld

Kolaborasi sepertinya adalah kata kunci dalam bisnis apapun beberapa tahun terakhir. Tentu, kolaborasi dimaksudkan untuk memberikan pengalaman baru dengan menggabungkan ciri khas dari masing-masing kolaborator. Creating new excitement. Nobody knows better than H&M. Tahun ini adalah tahun kesepuluh, brand retail ternama asal Swedia ini melakukan kolaborasi dengan fashion designer papan atas. Satu dekade. Nggak terasa ya?

Kolaborasi-kolaborasi yang dilakukan H&M dengan fashion designer terpilih ini menawarkan koleksi fashion dengan harga lebih terjangkau, namun masih menawarkan signature looks dari designer yang terlibat. Poin terakhir itu, yang biasanya membuat koleksi ini sangat dinantikan, dan ludes dalam waktu singkat. Karena harus disadari, kejeniusan desain Rei Kawakubo, atau Karl Lagerfeld, atau Alber Elbaz mahal harganya.

Tahun 2004, H&M memulai kolaborasi ini dengan Karl Lagerfeld. Karl sempat khawatir, koleksi ini tak mampu merebut perhatian konsumen. Of course, yang terjadi sebaliknya. Kesuksesan koleksi ini menjadi pemantik munculnya kolaborasi-kolaborasi lain. Secara teratur, sepuluh tahun berturut-turut.

h&M, stella mccartney

H&M X Stella McCartney

H&M, matthew williamson

H&M X Matthew Williamson

H&M, Jimmy Choo

H&M X Jimmy Choo

Berturut-turut, setelah Karl Lagerfeld, H&M bekerja sama dengan Stella McCartney (2005) yang menghasilkan koleksi yang cukup boho chic. Tahun 2006, bersama duo Viktor and Rolf, menghasilkan koleksi yang kental dengan tema pernikahan. Kolaborasi dengan Roberto Cavalli di tahun 2007 hasilkan koleksi yang super glamor, bayangkan animal print, payet di mana-mana dan detail keemasan. Blouse polkadot dengan lima warna berbeda jadi signature hasil kolaborasi H&M dan Comme des Garcons di tahun 2008.

Kolaborasi H&M dan Matthew Williamson di tahun 2009 ikut menghasilkan koleksi menswear, dan menjadi koleksi kolaborasi pertama yang tersedia di toko H&M di seluruh dunia. Masih pada tahun 2009, H&M juga meluncurkan koleksi kolaborasi dengan Jimmy Choo. Party wear yang terdiri dari sepatu, dress, dan aksesori dengan aksen kristal dan animal print khas Jimmy Choo.

Tahun 2010, juga ada dua kolaborasi yang diluncurkan H&M. Pertama dengan Lanvin, lalu dengan Sonia Rykiel. Khusus yang kedua, menjadi kolaborasi pertama H&M yang meluncurkan dua koleksi terpisah. Lingerie dan knitwear. Tahun 2011, H&M bekerja sama dengan Versace. Koleksi ini diluncurkan dua kali. Yang pertama ready-to-wear, yang kedua cruise collection.

H&M, marni

H&M X Marni

H&M, Lanvin

H&M X Lanvin

Di tahun 2011, kolaborasi H&M dan Marni menghasilkan koleksi yang cukup rileks tapi tetap sleek. Deretan aksesori dan perhiasan unik, serta gaun-gaun dengan print grafis jadi ciri khas koleksi ini. Masih di 2012, H&M meluncurkan kolaborasinya dengan Maison Martin Margiela. Kolaborasi yang sangat mengejutkan. Dengan citra Margiela yang sudah cukup misterius, hasil kolaborasi ini juga sangat sukses.

Tahun 2013 menjadi momentum tersendiri, khususnya bagi penggemar H&M di Indonesia. Karena pertama kalinya, kita nggak perlu ke luar negeri untuk mendapatkan hasil kolaborasi H&M dan Isabel Marant tahun itu. Dengan ciri khas gaya Paris yang rileks dan cool, kolaborasi ini termasuk yang paling sukses.

Tahun 2014 juga cukup monumental. Ini jadi tahun kesepuluh H&M melakukan kolaborasi bersama fashion designer papan atas, dan mengajak Alexander Wang sebagai designer asal Amerika pertama dalam sejarah deretan kolaborasinya. Koleksi ini memiliki signature sportswear yang kental, didominasi oleh material neoprene dan seperti koleksi Wang lainnya, hitam (dan sedikit putih). And we were invited to New York to attend the launch of this collection.

 Pastinya, saat ini pun H&M sudah memiliki nama lain yang akan  mereka umumkan sebagai kolaborator berikutnya. Mungkin akan diumumkan di tengah musim panas tahun depan. Membuat fans menunggu berbulan-bulan, menabung sebanyak mungkin, dan rela duduk atau tidur di depan toko di pagi buta. Menjadi yang pertama untuk mendapatkan koleksi itu. Terlepas dari begitu prestisiusnya masing-masing koleksi, and something to brag about when you have them, basically we just love beautiful clothes. Right?   
H&M, isabel marant
H&M X Isabel Marant
H&M, alexander wang
H&M X Alexander Wang
Loading