Sukses

Fashion

Peraturan Fashion Makin Ketat, Kerjakan Model Di Bawah Umur Siap-Siap Dijegal

Jakarta Masih ada beberapa waktu lagi sebelum akhirnya kampanye fashion untuk musim Spring 2015 tidak akan kita lihat lagi di berbagai media online maupun cetak. Namun, sepertinya Miu Miu harus menghentikan penayangan mereka di UK lebih awal akibat dilarang oleh pemerintah karena memperkerjakan model di bawah umur. Ya, Miuccia Prada terkena teguran lagi setelah sebelumnya pernah diprotes karena hampir mempekerjakan model berusia 14 tahun untuk show Miu Miu musim Fall 2015.

Ironisnya, model yang ada di dalam kampanye ini, yaitu Mia Goth, bukanlah model di bawah umur. Saat difoto oleh Steven Meisel akhir tahun lalu, Mia sudah berusia 21 tahun. Berarti saat itu ia pun sudah legal untuk bekerja.

Alasan pemerintah UK melarang penayangan kampanye itu adalah karena Mia terlihat seperti perempuan di bawah umur dengan paduan cropped top dan bawahan senada dari koleksi musim semi Miu Miu. “Menurut kami penampilan Mia yang terlihat sangat muda berikut dengan pose dan lokasi foto, bisa disebut mempergunakan anak-anak secara seksual,” jelas pihak Advertising Standards Authority.

Hal serupa juga pernah terjadi pada Marc Jacobs di tahun 2011. Pemerintah UK terpaksa harus menghentikan kampanye itu tayang di sejumlah media dan billboard karena pose Dakota Fanning yang saat itu masih berusia 18 tahun terlalu provokatif.  

Kampanye parfum Oh, Lola! Marc Jacobs yang juga di-banned di tahun 2011

Bagaimana menurut kamu tentang langkah pemerintah Inggris kali ini? Apakah membuat industri fashion semakin berkembang atau malah mundur karena tak bebas berekspresi?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading