Sukses

Fashion

Indonesia Negeri Sejuta Pesona I

Ya, menjawab pertanyaan di atas memang terlalu sulit untuk dilakukan. Beribu alasan rasanya bisa diberikan karena Indonesia – dengan lebih dari 13.000 pulaunya – memiliki beragam suku bangsa yang menyajikan keanekaragaman budaya. Belum lagi berbagai tempat indah nan eksotis yang mampu memukau setiap mata memandangnya. Ah, tak habis rasanya jika harus mengungkap kekayaan Indonesia hanya dengan sekadar kata! Beberapa hal yang Cosmo ulas berikut pun hanyalah segelintir keistimewaan di antara sekian banyak warisan dari negeri penuh pesona ini. Satu yang pasti: Cosmo begitu bangga akan Indonesia!

1. Batik

Setelah konflik tentang kain tradisional ini sempat timbul karena klaim yang dilakukan Malaysia, United Nation of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) akhirnya mengukuhkan batik sebagai salah satu budaya warisan dunia asli Indonesia pada 2 Oktober 2009 di Prancis.

Corak dan motif batik Indonesia sendiri sangat banyak: ada yang merupakan motif asli dari nenek moyang bangsa kita dan ada juga yang merupakan akulturasi dengan bangsa lain, baik melalui pedagang asing atau penjajah. Dan batik bukan monopoli Jawa lho – hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batiknya masing-masing dengan ciri khas yang berbeda satu sama lain, mulai dari batik asal Sumatera, Bali sampai Papua!

2. Rafflesia Arnoldii

Kita pantas berbangga, karena dari sekitar 30an jenis spesies Rafflesia yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia memiliki jenis yang terbanyak, yaitu sejumlah 15 spesies. Dan lebih bangga lagi karena Rafflesia Arnoldii merupakan jenis Rafflesia terbesar yang hanya tumbuh endemik di Sumatera! Di saat mekarnya, diameter si merah ini bisa mencapai kurang lebih satu meter, dengan ketinggian sekitar 50 cm.

Did you know? Rafflesia Arnoldii tak sama dengan bunga bangkai! Orang sering mengasumsikan bunga bangkai sebagai nama lain dari rafflesia sesuai dengan baunya. Tapi dua bunga ini benar-benar berbeda baik dari klasifikasi biologi, bentuk, warna, cara hidup, sampai siklus hidupnya.

Sang bunga raksasa ini ditetapkan sebagai Puspa Langka Indonesia, salah satu dari tiga Puspa Nasional Indonesia di samping Melati (Puspa Bangsa) dan Anggrek Bulan (Puspa Pesona)

3. Eksotika Tarian Indonesia

Bicara fakta, Indonesia memiliki lebih dari 3000 tarian asli! Nah, dua tarian berikut rasanya layak merepresentasikan betapa memesonanya seni tari asli negeri ini.

Tari Saman

Tari Saman merupakan keindahan harmonisasi gerak atraktif (berupa gerakan tepuk tangan, dada, dan beberapa gerakan lainnya) penuh makna dakwah yang diciptakan seorang ulama Aceh bernama Syekh Saman pada abad ke-16 M. Pada 19 November 2011, tarian ini dikukuhkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Tari Kecak

Tari yang juga kerap disebut sebagai fire dance ini merupakan tari pertunjukan massal yang menggambarkan seni peran dari lakon pewayangan, seperti kisah Ramayana. Di film The Fall (2006), Tari Kecak ditampilkan sebagai elemen mistik dalam bagian kisah sang tokoh utama.

4. Taman Nasional Komodo

Berhasil menorehkan catatan dunia sebagai New 7 Wonders of Nature, Taman Nasional ini memiliki beragam keistimewaan yang memikat hati. Selain satwa komodo, terumbu karang di perairan Taman Nasional ini termasuk yang terindah di dunia. Selain itu perairan di sana merupakan jalur migrasi lima jenis paus serta 10 jenis lumba-lumba dan duyung! Belum lagi pesona Pantai Merah (pink beach) di Loh Liang yang merupakan pantai dangkal dengan terumbu karang menawan dan pasir berwarna pink! An absolute beauty!

5. Majestic Temples

Jika mendengar kata candi, pasti pikiran Anda langsung melayang ke Borobudur dan Prambanan, kan? Dan memang tak salah, mengingat kedua candi ini sama-sama diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya Dunia di tahun 1991.

UNESCO memuji Borobudur sebagai koleksi relief Budha terbesar dan paling lengkap di dunia, yang tak tertandingi dalam nilai seni – setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh. Sedangkan Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara!

6. Musik Asli Indonesia

Apalagi kalau bukan dangdut! Yes, musik yang bisa bikin siapapun bergoyang ini asli milik Indonesia. Peneliti musik dangdut dari University of Pittsburgh, Amerika Serikat, Prof. Andrew N. Weintraub, BA, MA, PhD, menegaskan bahwa dangdut tidak sama dengan musik Melayu, karena pengaruh Melayu di Indonesia ada di daerah Sumatera, sedangkan dangdut justru bermula di tanah Jawa. Selain dangdut, keroncong juga bisa disebut sebagai musik khas Indonesia. Berasal dari musik Portugis yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16, musik ini melebur dengan sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti seruling dan gamelan.

7. Our Yummiest Food!

Fakta menyenangkan dan keragaman suku di Indonesia tak hanya terletak pada keunikan budayanya, tapi juga karena pilihan kuliner asli dari tiap-tiap daerah! Masakan asli Indonesia ternyata banyak mendapat pengakuan dari masyarakat dunia, lho.

Di tahun 2011, rendang dan nasi goreng Indonesia menempati jajaran teratas di daftar makanan paling lezat di dunia versi CNN. Nasi goreng menempati urutan kedua, dan rendang jadi jawaranya, mengalahkan sushi, tom yam, ramen, sampai lasagna!

Dalam daftar 50 makanan terlezat versi pembaca CNN ini, sate ayam menempati urutan ke-14, di atas gelato dan kebab.

Permeh jahe asli Indonesia ternyata sudah ratusan tahun terkenal di Eropa. Fakta ini tertuang dalam tulisan John Joseph Stockdale dalam bukunya Island of Java.

Hebatnya lagi, permen jahe Indonesia juga terpilih sebagai salah satu permen khas yang tak kalah terkenal dibanding dengan Nougat (Prancis) atau Gummy Bear (Jerman).

8. Our Signature Booze

Ya, Indonesia juga punya beberapa jenis minuman keras – asli buatan dalam negeri!

Tuak. Sebenarnya tuak tersebar di begitu banyak daerah di Indonesia, namun tuak di sini mengacu pada minuman hasil fermentasi buah yang manis.

Arak. Mirip dengan tuak, minuman khas daerah Bali ini juga merupakan hasil fermentasi dari sari kelapa dan buah-buahan lain.

Bir Bintang. Well, bagi Anda mungkin mengonsumsi minuman ini adalah hal yang biasa saja, tapi coba bayangkan: Bagi para turis asing, menyesap bir lokal ini bisa menjadi satu pengalaman personal di kala mereka menikmati keeksotisan Indonesia. Brand ini bahkan menjadi salah satu trademark oleh-oleh khas Pulau Dewata. Hasilnya? Kaos bergambar logo Bir Bintang pun mampu menjelajah jauh ke berbagai negara.

9. Kopi Terbaik di Dunia

Anda patut bangga, karena cita rasa kopi Indonesia di mata dunia benar-benar tak ada duanya. Saking nikmatnya, biji kopi luwak asli Indonesia bahkan mendapat predikat sebagai biji kopi termahal di dunia! Nikmatnya kopi Indonesia bahkan tak berhenti sampai kopi luwak saja. Starbucks, sebagai perusahaan kopi terbesar di dunia pun mengakui keunggulan kopi-kopi asal Indonesia, lho. Tiga jenis kopi asli negeri ini (Sumatera, Java Mocha dan Toraja) menjadi andalan Starbucks di Seattle, Amerika Serikat. Sedangkan Starbucks di Washington DC mengungkap bahwa kopi dari Tapanuli Utara, Sumatera, diakui konsumennya sebagai kopi terbaik di dunia. Cool![initial]

Bersambung ke Indonesia Negeri Sejuta Pesona II

Source: Cosmopolitan, Edisi September 2012, Halaman 194

(Cosmo/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading