Sukses

Fashion

Indonesia Negeri Sejuta Pesona II

Ah, tak habis rasanya jika harus mengungkap kekayaan Indonesia hanya dengan sekadar kata! Beberapa hal yang Cosmo ulas berikut pun hanyalah segelintir keistimewaan di antara sekian banyak warisan dari negeri penuh pesona ini. Satu yang pasti: Cosmo begitu bangga akan Indonesia! Baca bagian pertama Indonesia Negeri Sejuta Pesona I

10. Ondel-ondel

Ini dia 'badut' asli Indonesia yang jadi kebanggaan Jakarta. Ondel-ondel konon telah ada sebelum Islam tersebar di Jawa. Tak seperti sekarang di mana ondel-ondel dipentaskan sebagai hiburan rakyat, dulu fungsinya lebih sebagai penolak bala. Saat itu, ondel-ondel dijadikan personifikasi leluhur penjaga kampung, dan dipercaya bisa mengusir roh halus yang mengganggu manusia. Hmm, tidak heran kalau wujudnya sedikit menyeramkan!

11. Jejak Fauna Indonesia

Tak hanya suku bangsanya saja yang beragam, Indonesia juga memiliki keberagaman jenis binatang. Sayangnya, keberadaan satwa ini banyak yang terancam punah akibat perburuan liar, sampai rusaknya habitat alami mereka. Berikut beberapa hewan asli Indonesia yang layak dijaga kelestariannya.

Cendrawasih

Interesting fact: Julukan bird of paradise didapat karena ulah warga pribumi yang cukup kejam. Ya, dulu para pedagang pribumi mengirimkan spesimen burung ini ke Eropa dengan cara membuang sayap dan kakinya sehingga bisa dijadikan hiasan. Nah, karena bangsa Eropa tidak pernah melihat seekor pun cendrawasih yang hidup hingga tahun 1825, mereka pun meyakini burung tak berkaki ini tidak pernah mendarat namun tetap berada di udara karena bulu-bulunya.

Anoa

Binatang endemik pulau Sulawesi ini termasuk subfamili sapi liar, tapi karena ukurannya yang kecil, anoa lebih terlihat seperti rusa. Hewan yang mendapat julukan “kerbau kerdil” ini terdiri dari dua spesies: anoa dataran rendah dan anoa pegunungan. Keduanya termasuk dalam daftar hewan yang terancam punah!

Harimau Sumatera

Setelah Harimau Bali punah di tahun 1937, dan Harimau Jawa punah di tahun 1980, kini Indonesia terus berusaha untuk menjaga kelestarian Harimau Sumatera yang populasi globalnya tinggal sekitar 400 ekor!

12. Puncak Cartenz

Why we shoulod be proud?

Puncak Cartenz merupakan satu dari tujuh puncak benua (seven summit) yang sangat fenomenal dan jadi incaran para pendaki dari seluruh dunia.

Puncak yang kerap disebut Puncak Jayawijaya ini merupakan satu dari tiga padang salju di daerah tropis yang terdapat di dunia.

Dengan ketinggian 4884 meter, puncak yang terletak di Taman Nasional Lorentz di Papua ini merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara dan Pasifik.

Why we should be worried?

Salju abadi di Puncak Jaya diperkirakan bakal menyusut, bahkan mengering! Ya, sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa endapan es di pegunungan ini dari tahun ke tahun mengalami penyusutan yang serius akibat pemanasan global.

13. Bermacam Danau Unik

 

Danau Kakaban (Berau, Kalimantan Timur)

What makes it so special?

Danau Kakaban merupakan danau ubur-ubur terbesar di dunia!

Ubur-ubur di danau ini merupakan ubur-ubur tak menyengat yang telah beradaptasi selama beribu tahun dengan lingkungan air payau.

Hanya terdapat dua danau macam ini di seluruh dunia. Danau lainnya adalah Jellyfish Lake di Palau, Mikronesia. Namun Danau Kakaban tetap juaranya, karena memiliki lebih banyak jenis ubur-ubur!

Danau Kelimutu (Flores, Nusa Tenggara Timur)

Danau yang kerap disebut Danau Tiga Warna ini terdiri dari tiga danau berbentuk kawah yang warnanya dapat berubah-ubah sesuai dengan cuaca, kandungan mineral serta pengaruh lumut dan bebatuan di kawah. Warnanya bisa berubah dari hijau, biru, cokelat, kehitaman, putih, bahkan merah!

COSMO’S TIP: Jika Anda ingin menyaksikan sendiri keindahan danau ini, datanglah di pagi hari. Menjelang tengah hari hingga sore, kabut yang menyelimuti danau akan menghalangi pandangan Anda.

14.  Pantai-pantai Pemikat Hati

Cosmo punya rekomendasi beberapa pantai menawan yang mungkin terlewat dari destinasi liburan Anda.

Pantai Parai Tenggiri (Bangka Belitung)

Keindahan pasir putih dan pesona matahari terbit di pantai ini disempurnakan dengan hamparan bebatuan dengan susunan unik yang menjadi dekorasi alam supercantik!

Pantai Tablanusu (Papua)

Tidak seperti pantai pada umumnya, Pantai Tablanusu tidak memiliki hamparan pasir di tepiannya, melainkan hamparan kerikil! Saat diinjak, bebatuan kecil ini akan menghasilkan bunyi yang sangat unik. Belum lagi perbukitan dengan rumput menghijau yang tersaji di pinggir pantai menjadi background sempurna yang melengkapi pemandangan yang tak ada duanya.

Pantai Hunimua (Desa Liang, Maluku Tengah)

Biasa disebut Pantai Liang, pantai ini menempati peringkat pertama pantai terindah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian UNDP, badan PBB yang mengurusi pembangunan global di tahun 1990.

15. Wayang

UNESCO merestui wayang sebagai kesenian asli Indonesia, dan pada November 2003 memasukkannya ke dalam Daftar Warisan Dunia.

Quick Facts:

Sebenarnya, banyak negara yang memiliki pertunjukan bayangan boneka serupa wayang. Namun pertunjukkan wayang di Indonesia memiliki gaya tutur dan keunikan tersendiri yang merupakan mahakarya asli negeri ini.

Tahun 1950-1960an adalah puncak kejayaan wayang yang diakui para peneliti barat sebagai seni pertunjukan terindah di dunia.

Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Festival Wayang Dunia pada 2013 yang bakal dihadiri oleh para seniman wayang dari mancanegara.

16. Angklung

Alat musik bambu yang dibunyikan dengan digoyangkan ini ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia sejak 2010.

Fun Facts:

Sekitar 8000 sekolah di Korea mempelajari angklung!

Tanggal 9 Juli 2011, masyarakat Indonesia di Amerika Serikat – tepatnya di Washington DC – berhasil mempromosikan angklung – dan membuat Guiness World Record dengan permainan angklung yang melibatkan peserta terbanyak: 5.102 orang!

17. Karapan Sapi

Inilah signature event dari daerah Madura yang mampu menjadi daya tarik bagi dunia internasional. Sebuah tulisan di website majalah TIME bahkan memasukkannya ke dalam 25 authentic Asia Experiences! Dalam event ini, penonton tidak hanya disuguhi adu cepat sapi dan ketangkasan para jokinya, lho. Sebelum karapan dimulai, para pemilik biasanya melakukan ritual arak-arakan sapi mengelilingi pacuan, diiringi permainan alat musik seronen yang merupakan perpaduan alat musik khas Madura. So festive!

COSMO’S TIP: Event ini tidak diadakan sembarangan, jadi jangan lupa untuk googling jadwalnya sebelum Anda meluncur ke Madura!

18. Jamu

Di Indonesia, pengobatan dengan menggunakan ramuan racikan dari bahan-bahan alami sudah dimulai dari zaman nenek moyang. Hal ini terbukti dari adanya relief di Candi Borobudur (yang didirikan tahun 772 M) yang menggambarkan kebiasaan perawatan kesehatan dengan ramuan jamu. Nah, untuk mengantisipasi pembajakan oleh negara lain, pemerintah telah menggalakkan penelitian obat alami ini dengan membentuk Komisi Nasional Sertifikasi Jamu. FYI dear, temulawak telah dipatenkan di America!

COSMO’S FAVORITE: Kunyit Asam! Tak hanya berkhasiat melancarkan menstruasi, racikan jamu yang satu ini juga bisa menjaga kecantikan kulit, plus kerampingan tubuh Anda!

19. Magical Diving Spot

Jika berbicara tentang keindahan dunia bawah laut Indonesia, it’s just too many and all are gorgeous! Berikut beberapa spot yang menjadi incaran para pecinta diving di seluruh dunia!

Raja Ampat (Papua Barat):Pantai ini memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia – hampir 75% jenis terumbu karang di dunia dapat ditemui di sini!

Wakatobi (Sulawesi Tenggara):Keindahan bahari Wakatobi membuat wartawan selam dunia Jacques Cousteau menyebutnya sebagai tempat diving terindah di dunia!

Pulau Alor (Nusa Tenggara Timur):Terdapat 18 spot diving di sana yang sama-sama memiliki keindahan tersendiri. Banyak wisatawan asing bahkan menyebut pesona taman laut Alor seindah laut Karibia!

Pulau Banda (Maluku): Menjelajah permukaan bawah laut di pulau ini, Anda bisa menyaksikan kumpulan hiu, kura-kura besar, ikan kerapu raksasa, lumba-lumba sampai berbagai spesies paus! [initial]

Source: Cosmopolitan, Edisi September 2012, Halaman 194

(Cosmo/Bee)
Loading