Sukses

Fashion

Trik Agar Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Saat musim hujan, permasalahan yang sering terjadi ialah bau pakaian yang apek. Kurangnya sinar matahari membuat pakaian sulit untuk kering setelah dicuci. Hal inilah yang membuat baju memiliki bau tidak sedap.

Tapi tenang, berikut beberapa trik yang bisa sahabat Fimela coba di rumah, agar pakaian tidak bau apek selama musim hujan. Apa saja? Yuk intip.

Saat Mencuci Baju

Saat mencuci baju, pisahkan berdasarkan warna, jenis pakaian dan bahan kain. Jika mencuci dengan cara dikucek, kucek hingga benar-benar bersih. Bila perlu, sikat hingga semua kotoran terangkat.

Tapi ingat, jangan terlalu keras saat mengucek dan menyikat pakaian agar bahan kain tidak mudah rusak. Jika mencuci di mesin cuci, pastikan selalu mencuci dengan hati-hati. Cuci hingga pakaian benar-benar bersih. Bilas 3 sampai 4 kali dan pastikan tak ada sisa sabun yang tertinggal.

Rendam Baju dengan Pewangi Pakaian

Setelah dibilas hingga benar-benar bersih, rendam baju dengan pewangi pakaian. Rendam kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Untuk penggunaan pewangi, usahakan untuk menggunakan pewangi yang berkualitas dengan aroma yang lembut atau tidak terlalu menyengat. Pewangi yang aromanya terlalu menyengat dikhawatirkan justru membuat aroma baju jadi bau saat musim hujan.

Saat Mengeringkan Baju

Setelah dibilas, peras pakaian hingga kandungan airnya benar-benar berkurang. Buat yang mencuci di mesin cuci, peras hingga benar-benar kering. Selanjutnya, jemur di tempat terbuka yang terdapat anginnya. Usahakan agar bagian atas jemuran tertutup kaca atau atap yang menerawang. Usahakan pula untuk memberi lampu atau penerangan di jemuran agar baju cepat kering dan tidak terlalu lembap.

Menyetrika Pakaian

Usai dijemur dan baju kering, usahakan agar segera menyetrika pakaian. Saat menyetrika, pastikan bahwa panas setrika sesuai dengan bahan. Jangan menyetrika dengan suhu panas terlalu tinggi dan suhu terlalu rendah. Jika baju benar-benar kering, kamu bisa menyemprotkan pewangi dan kemudian menyetrika lagi di tahap akhir atau merapikan baju.

Menyimpan Baju

Simpan pakaian di tempat yang kering dan tidak lembap. Agar pakaian yang disimpan selalu rapi, simpan pakaian sesuai bahan kain. Simpan juga pakaian berdasarkan jenis. Simpan atasan atau kemeja bersama kemeja, kaos bersama kaos, pakaian berbahan jeans bersama sejenisnya dan baju daleman atau aksesoris bersama aksesoris. Cara menyimpan seperti ini selain memudahkan kamu dalam mencari pakaian saat ingin dikenakan. Ini juga bisa membuat isi lemari selalu rapi. Untuk baju yang susah dilipat, alangkah baiknya disimpan dengan cara digantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading