Sukses

Fashion

Brand Busana Muslim Ini Hadirkan Koleksi Sustainable Fashion

Fimela.com, Jakarta Sustainable menjadi isu yang kini hangat dibicarakan di industri fashion. Tidak terkecuali hal ini menjadi fokus para pelaku industri mode ini yaitu para desainer dan brand. Seperti yang dilakukan SHAFIRA yang tak henti untuk berinovasi di berbagai sisi eksistensinya sebagai pionir brand busana muslim di Indonesia.

Selain konsisten menciptakan koleksi yang memukau, kini SHAFIRA meluncurkan sebuah koleksi busana ramah lingkungan yang dipamerkan secara perdana di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019. Kontribusinya untuk menginisiasi industri fashion muslim sejak 3 dekade silam telah membuahkan banyak karya yang menginspirasi, dan kini melalui lini koleksi terbarunya SHAFIRA ingin berkontribusi untuk menggalakkan kesadaran dan tanggung jawab akan lingkungan.

Konsep sustainable ini SHAFIRA tuangkan dalam berbagai sisi, baik secara produk maupun secara operasionalnya. Poin utama yang kini mulai SHAFIRA lakukan ialah dengan memanfaatkan material sustainable yang berasal dari serat alam, seperti organic silk dan TENCEL.

Material ini merupakan serat alami yang terbuat dari kayu bersertifikat khusus dan ramah lingkungan. Produk pakaian yang mengandung serat TENCEL memiliki tekstur kain yang lembut, ringan, dan breathable sehingga cocok dengan iklim tropis Indonesia.

Daya serapnya yang tinggi juga membuat pengguna tetap nyaman dan mencegah munculnya bakteri. Karena berasal dari bahan alami pula, pakaian yang menggunakan 100 persen serat TENCEL memiliki sifat biodegradable sehingga dapat sepenuhnya kembali ke alam.

“Melalui kemitraan dengan SHAFIRA, kami harap para pecinta busana muslim bisa mendapatkan produk mode yang berkualitas tinggi. TENCEL berkomitmen untuk terus mendukung industri mode muslim yang lebih sustainable,” kata Winston A. Mulyadi Commercial Head Lenzing SEA.

Diluncurkan di ISEF 2019, koleksi spesial yang bertajuk Raison d’Etre ini merefleksikan eksistensi dan kontribusi SHAFIRA untuk sekitarnya. Hal ini diterjemahkan dalam rangkaian koleksi dengan palet warna bernuansa cream, tan, beige, hijau hingga biru yang terinspirasi dari komposisi warna tanah dan juga bumi sebagai representasi unsur alam.

Dituangkan dalam berbagai material berserat natural, polesan warna-warna cantik ini juga ditampilkan dalam motif yang indah yang dibuat melalui teknik organic printing untuk menyajikan sebuah suguhan koleksi busana pret-a-porter.

Puas dimanjakan dengan 4 tampilan manis bernuansa alam, pecinta mode juga digiring untuk melihat sajian koleksi yang unik yang merefleksikan kuat dari sustainable fashion melalui metode upcycling.

 

Memanfaatkan material sisa disulap menjadi koleksi mengagumkan

Dalam rangkaian koleksi ini SHAFIRA menyulap material sisa produksi menjadi suguhan karya fashion dengan patch work sebagai aksen yang menambah point of interest yang menyiratkan perjalanan menuju industri yang less-waste.

Selaras dengan koleksinya yang beralih untuk menggunakan material yang compostable, SHAFIRA punsecara maksimal mendukung gerakan pengurangan sampah pada proses operasionalnya. Salah satunya, SHAFIRA kini secara keseluruhan, baik dalam kegiatan transaksi maupun dalam kegiatan manajemen dan sistematika kerja yang telah terintegrasi secara digital sehingga hampir 100 persen paperless, dari mulai proses pembuatan desain hingga komunikasi produk.

 

Menggunakan material sustainable di semua aspek

Pada operasional diseluruh store, SHAFIRA tak lagi menggunakan receipt fisik melainkan seluruh bukti transaksi dikirim secara digital melalui surat elektronik untuk mengurangi penggunaan kertas.

Selain itu, kini dalam aktivitas transaksinya SHAFIRA secara bertahap telah beralih menggunakan tas kain sebagai pengganti tas berbahan plastik sebagai kemasan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai yang tentunya akan membahayakan lingkungan di masa depan.

"Hal ini secara serempak dan maksimal akan dilakukan SHAFIRA demi kebaikan alam dan juga edukasi bagi para pengguna produk SHAFIRA," kata Feny Mustafa founder dari SHAFIRA Corporation.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading