Sukses

Fashion

Gapai Cita-Cita Menjadi Fashion Desainer Modest Wear dengan Ikutan Kompetisi MOFP 2020

Fimela.com, Jakarta Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka terus berupaya mengembangkan potensi fashion desainer muda Indonesia yang sangat besar dengan memberikan wadah dan panggung sebagai sarana pengembangan serta promosi diri. Salah satunya dengan menyelenggarakan kompetisi desain Modest Fashion Project (MOFP). Sebuah kompetisi merancang busana modest wear.

“Tahun ini, MOFP 2020 akan diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2018. Kompetisi ini bertujuan untuk menjaring para wirausaha muda di bidang fashion muslim yang memiliki basis sebagai desainer untuk kemudian dibina selama 2 tahun,” terang Dirjen IKMA Gati WIbawaningsih dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Dirjen IKMA menjelaskan, melalui kompetisi MOFP ini pihaknya akan memberikan pembinaan selama 2 tahun melalui berbagai kegiatan seperti coaching, capacity building dan fasilitasi kegiatan pendukung lainnya agar dapat menjadi pelaku usaha di bidang fashion modest wear yang berdaya saing.

“Modest Fashion Project ini juga diharapkan dapat dijadikan batu loncatan bagi para desainer fashion untuk dapat menjadi seorang wirausaha baru di bidang fashion yang berkualitas dan berdaya saing,” ujarnya.

Gati menerangkan perkembangan jumlah umat muslim dunia menjadi salah satu pemicu utama yang mendorong pertumbuhan industri modest wear. The State Global Islamic Ecomony Report 2019/2020 melaporkan konsumsi busana modest wear di dunia mencapai US$ 283 Milyar, terus meningkat dengan proyeksi laju pertumbuhan 6% sehingga pada tahun 2024 diproyeksikan akan mencapai US$ 402 Milyar. Sementara konsumsi di Indonesia sendiri adalah senilai US$ 21 Milyar. 

 

Warna Wastra

Warna Wastra menjadi tema pergelaran acara MOFP 2020, yang melambangkan keanekaragaman budaya Nusantara warna-warni keindahan Indonesia, adat, suku bangsanya yang tertuang dalam sebuah kain yang beragam dari Sabang sampai Merauke dengan keindahannya.

“Wastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti selembar kain (sandangan). Saat ini penggunaan istilah wastra mulai diperkenalkan kembali kepada masyarakat Indonesia dan dunia untuk mewakili nama kain tradisional Indonesia,” jelas Gati.

Pendaftaran MOFP 2020 ditutup sampai tanggal 30 September 2020 melalui link bit.ly/pendaftaranmofp2020. Seluruh tahapan penjurian dan inagurasi akan dilaksanakan secara daring (online) dengan total hadiah sebesar Rp75 Juta.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading