Sukses

Fashion

Diary Fimela: Pandemi Buka Peluang Influencer Intan Kemalasari, Bisnis Pakaian Perempuan Bertubuh Besar 

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat semua sektor tedampak, namun bukan suatu alasan untuk selalu terpuruk dengan keadaan ini. Bila dilihat sisi positifnya, justru pandemi ini membuat keinginan yang belum tercapai bisa dengan perlahan diwujudkan.

Hal ini pun dirasakan, seorang influencer yang juga pekerja di media ternama Indonesia, Intan Kemalasari. Ia mengatakan jika sudah sejak lama memiliki keinginan untuk membuka bisnis di bidang fashion. Barulah ide bisnis tersebut terwujud di tengah pandemi. 

“Sebenernya sudah lama ingin bikin brand baju, kira-kira udah dua tahunan.  Dulu memang suka jadi reseller, memang senang bisnis. Tapi karena waktu belum terwujud, nah pas pandemi ini kan WFH jadi lebih banyak waktu, jadi semangat mau mulai bisnis yang sudah ditunda-tunda trus,” papar Intan kepada Fimela.com.

Setelah berdiskusi dan mendapat restu sang ibunda, Intan pun meluncurkan bisnis pertamanya di bidang fashion, yang mengkhususkan pakaian plus size, bernama Neolboseo. Neolboseo dibaca: nol-boso, merupakan kata dalam bahasa Korea yang berarti “lebar”.

“Saat ini cari pakain plus size memang mudah, tapi rata-rata tidak sesuai dengan ukuran badan. Mulai dari dada, lengan, pahan justru sempit. Padahal ukuran plus size tapi tidak terlalu besar.  Dari situlah saya mulai mikir membuat pakaian plus size yang nyaman,” ujar Intan.

Koleksi Neolboseo

Untuk koleksi perdananya, Neolboseo memperkenalkan hoodie dress, sweatshirt, dan tunik. 

Hoodie dress dengan bahan baby terry ini memiliki berbagai warna pilihan, seperti lilac, magnolia atau pink peach, biru, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan, sweatshirt yang juga menggunakan bahan terry namun lebih ringan dari hoodie. Warna-warna pilihan seperti hijau, pink, dan motif.

Lalu ada tunik dress yang cocok juga untuk olahraga lho. Ada pilihan warna seperti teracotta, navy, dan hijau. 

Jika ingin tampil lebih fashionable namun fashionable, Neolboseo juga menghadirkan koleksi utility dress dengan detail kerah, kantung depan, dan kancing depan yang cocok untuk busui. Ada pula overall yang dapat dipadukn dengan inner. 

 

Kisah memulai bisnis fashion

Sebelum terciptanya koleksi-koleksi tersebut, pemilik akun @kemalasari ini pun memulai bisnisnya serba sendiri. Mulai dari riset pasar, mencari bahan, penjahit, pemasaran, hingga pengemasan.

“Awal pasti riset dulu, karena pakaian ini kan memang segmenting untuk tubuh besar. Dan memang cari bahan sendiri karena niat memang pangen bikin pakaian yang nyaman,” ujarnya.

Intan mengatakan koleksi di Neolboseo, terinspirasi dari pakaiannya sehari-hari yang sederhana dan simple. Ia juga melihat berbagai referensi dari brand-brand pluz size luar negeri. 

Ciri khas brand ini memiliki gaya casual yang cocok digunakan untuk hangout. “Jadi memang dibuat untuk bisa digunakan sehari-hari. Tidak hanya model pakaian yang enak dilihat, namun nyaman dipakai juga. Bisa untuk yang berhijab, atau modest wear,” tambah Intan. 

Walau koleksi-koleksinya sudah diluncurkan, Intan tentu mengatakan masih mengalami kendala. Mulai dari mengedukasi pembelinya mengenai model, bahan, hingga harga. 

“Seperti pakaian plus size kan harganya rada lebih mahal, apalagi kalau bahannya bagus. Jadi, harus edukasi pembeli aja, ada harga pasti pakaiannya berkualitas. Serta mempertahankan signature style brandku ini,” ungkapnya.

Membagi waktu dan konsisten pun suatu tantangan bagi Intan. “Sekarang kan masih kerja juga, jadi harus pintar-pintar bagi waktu karena sampai sekarang sampai packing dikerjain sendiri. Dan konsisten sih, mulai dari positing jualan sama bikin desain baru,” ujar Intan.

Intan juga mengatakan, bisnisnya ini juga ingin membantu para perempuan bertubuh besar dengan mudah mencari pakaian sesuai ukurannya, serta membuatnya tampil percaya diri. “Memang banyak yang curhat sulit dapat baju, jadi ini saya kasih solusinya,” tutup Intan. 

Ada tiga ukuran yang disediakan, 1X, 2X dan 3X dengan lingkar dada mulai dari 125cm hingga 166 cm. Yang dapat dibeli melalui di Instagram @neolboseo dan e-commerce Shopee dengan kisaran harga Rp259.000 hingga Rp350.000. 

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading