Sukses

Fashion

5 Urutan Mencuci Baju Berwarna agar Tidak Pudar

Fimela.com, Jakarta Saat mencuci baju yang berwarna, kita harus memperhatikan cara mencuci baju dengan benar. Sehingga warna baju tidak pudar dan kain tidak berubah kusam. Cara mencuci baju yang benar bisa membuat kualitas baju tetap terjaga.

Akan sangat menjengkelkan dan membuat kepercayaan diri menurun, jika menggunakan baju yang warnanya pudar atau kelunturan warna lain. Hal ini akan membuat kainnya kusut dan baunya tidak sedap. Baju yang seperti ini akan sangat mengganggu penampilan.

Cara mencuci baju harus diperhatikan dengan benar. Lakukan setiap langkah mencuci baju dengan memperhatikan aturan yang tepat. Agar terhindar dari warna baju yang pudar, kamu bisa mencuci baju berwarnamu dengan cara berikut ini:

Penyebab Baju Berwarna Pudar

Baju berwarna yang pudar dan kelunturan, bisa mengganggu penampilanmu. Hal ini bisa disebabkan karena cara mencuci baju berwarna yang kurang tepat. Untuk itu, cara mencuci baju harus diperhatikan dengan benar.

Penyebab utama baju berwarna menjadi pudar, adalah karena menggunakan bahan deterjen yang tidak cocok dengan kain. Warna baju juga bisa pudar karena mengerikan di bawah terik matahari yang sangat panas. Apalagi jika menggunakan mesin pengering baju yang terlalu panas.

Tidak memisahkan warna baju saat mencuci, bisa menjadi penyebab baju berwarna menjadi kelunturan. Penyebab terakhir adalah karena terlalu keras saat mengkucek baju. Perlu diperhatikan juga saat mencuci baju yang baru.

 

Urutan Mencuci Baju Berwarna

1. Cek Label Baju

Agar baju berwarna tidak pudar, kamu bisa mencuci baju berwarna dengan urutan yang benar. Sebelum mencuci baju, pastikan untuk cek label baju yang terdapat di kerah baju terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk melihat panduan atau anjuran mencuci baju, sesuai dengan kain atau bahan baju tersebut.

2. Pisahkan Baju Berwarna

Untuk mencegah baju berwarna menjadi pudar dan kelunturan, usahakan untuk memisahkan baju yang berwarna cerah, baju putih dan baju yang gelap. Jangan mencuci baju yang lama bersamaan dengan baju yang baru saja dibeli. Sebab, bisa menyebabkan kotoran atau warna baju baru menjadi luntur.

3. Membalik Baju

Jika baju-baju sudah dipisahkan, kamu bisa membalik baju sebelum merendam baju di dalam air yang tercapur deterjen. Hal ini dilakukan untuk melindungi warna baju luar, atau sablonan di bagian luar baju agar tidak rusak, pudar dan luntur.

4. Gunakan Air Dingin

Setelah membalik baju yang berwarna, urutan yang selanjutnya adalah merendam baju dengan air yang dingin. Jika mencuci baju dengan air panas, akan menyebabkan baju menjadi kusut dan warnanya pudar. Rendam menggunakan deterjen khusus untuk baju berwarna, hindari menggunakan pemutih baju.

5. Jemur Di Tempat yang Tidak Terpapar Matahari

Untuk menghindari warna pudar, kamu bisa menjemur baju berwarna di tempat yang sejuk, yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena sinar UV dari matahari bisa merusak warna baju dan membuat baju terlihat lebih kusut.

Tips Memilih Deterjen

Saat mencuci baju berwarna, Sahabat Fimela juga harus memperhatikan deterjen yang digunakan. Karena deterjen sangat berpengaruh dalam menjaga warna pakaian agar tidak pudar.

Tips memilih deterjen adalah gunakan deterjen yang mengandung bright activator dan oksigen aktif. Kedua kandungan tersebut, bisa mempertahankan warna baju, menyerap ke dalam serat kain dan ampuh mengangkat noda.

Gunakan deterjen yang mengandung sedikit busa, agar tidak terlalu lama dibilas dan menghindari kucekan yang berlebihan. Kamu bisa menggunakan deterjen dengan tekstur cair, agar tidak meninggalkan bubuk deterjen di baju berwarnamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading