Sukses

Fashion

Uniqlo Gandeng Desainer Lokal, Luncurkan Koleksi Batik yang Dijual di Indonesia dan Malaysia

Fimela.com, Jakarta Bangga akan Batik Indonesia, Uniqlo luncurkan koleksi Uniqlo Batik motif 2021 Spring/summer Collection yang dirancang oleh desainer ternama Indonesia, Bai Soemarlono. Bai juga seorang co-founder Populo Batik dan Ohmbybai. Koleksi ini tentu membawa batik agar lebih mudah diakses dan dikenakan secara lebih modern, sehingga menggeser batik dari pakaian formal ke arah yang lebih modern dan mampu mempresentasikan warisan budaya Indonesia di segala kesempatan. 

Koleksi bersama Uniqlo ini akan hadir dalam pilihan batik laki-laki dan perempuan yang akan dipasarkan di Indonesia dan Malaysia sejak 12 April 2021. "Semua motif batik dipilih dan dirancang dengan makna serta nilai semangat yang positif, karena koleksi ini juga diluncurkan dengan pandangan ke depan pascapandemi," kata Bai Soemarlono.

Menurut Bai, semua motif batik dalam koleksi tersebut dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Walau begitu, setiap motif mengandung pesan dan hal baik bagi kehidupan manusia.

koleksi beragam

Dimulai dengan koleksi pria yang terdiri dari enam kemeja bernuansa warna tanah. Salah satunya menampilkan motif tales atau ketela, yaitu motif batik berbentuk tanaman bernutrisi dengan daun lebar yang menyerupai bentuk hati. Motif batik ini bisa diartikan sebagai harapan, pembaruan, dan kebangkitan, sekaligus simbol dari cinta.

Terdapat juga motif Swastika yang dalam bahasa Sansekerta berarti kesejahteraan yang kondusif. Oleh Hinduisme, motif tersebut menjadi simbol kemakmuran, keberuntungan yang baik, keilahian,dan spiritualitas.

Motif beragam

Ada juga empat motif lainnya untuk kemeja laki-laki, yaitu motif parang, kubus, sisik ikan, dan bunga lotus, dengan pesan kebijaksanaan. Motif ini dirangkai dalam ukuran mikro, menjadi tiga dimensi dan menampilkan gaya baru dama batik. 

Untuk koleksi perempuan, Bai Soemarlono mendedikasikan motif batik Kawung untuk tiga model blus berpotongan longgar dengan detail lengan bervolume. Motif Kawung melambangkan alam semesta dan digunakan sebagai pola milik raja yang kemudian dijadikan kiasan dari keadilan dan kebijaksanaan di balik makna dari kekuasaan.

Opsi blus elegan dari UNIQLO Batik Motif 2021Spring/Summer Collection designed by Bai Soemarlono menyeimbangkan antara impresi feminin dan kesederhanaan dari pemilihan fabrikasi katun yang dibuat dalam siluet kaku beraksen drape. Blus tersebut tersedia dalam tiga variasi warna, yaitu oranye, biru, dan krem.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading