Sukses

Fashion

5 Tips Merawat Kaos Sablon agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

Fimela.com, Jakarta Kaos sablon selal cocok untuk dipadukan dengan beragam gaya. Mulai dari celana jeans, leggings, hingga rok. Biasanya kaos digunakan dengan style kasual di akhir pekan dan hari libur.

Proses kaos sablon menjadi populer pada awal 1960-an ketika seniman Andy Warhol menciptakan gambar ikonik Marilyn Monroe, Marilyn Diptych, menggunakan proses sablon. Sablon pada pakaian menjadi populer di akhir 1960-an dan tren terus berlanjut. Saat ini lebih dari setengah dari semua sablon di Amerika Serikat adalah untuk pakaian.

Dengan banyaknya pakaian yang dibuat melalui sablon, banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara merawat pakaian dengan benar agar tetap terlihat bagus. Sebab perawatan yang tidak tepat dapat membuat sablon rusak. Untuk mengetahui cara merawat kaos sablon, berikut ini selengkapnya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.    Balik ke dalam sebelum pakaian dicuci

Salah satu langkah untuk mencegah kaos sablon rusak adalah dengan membalikkan pakaian sablon dari dalam ke luar untuk mencegah sablon memudar agar selalu tampak. Cara ini dilakukan guna melindungi cetakan dan menghentikan item lain mengganggu desain.

2.    Cuci pakaian pada suhu rendah

Mencuci dengan suhu rendah adalah cara paling bebas risiko untuk mencuci pakaian yang rentan rusak menggunakan mesin cuci. Sebab, yemperatur yang tinggi dapat merusak barang, jadi menjaga mesin cuci dengan suhu rendah atau dingin dapat memastikan sablon terlindungi selama proses mencuci.

3. Gunakan deterjen lembut

Deterjen yang mengandungbahan kimia keras seperti pemutih, akan merusak kaos sablonmu. Oleh karena itu, pilih deterjen cucian yang dikenal lembut untuk pakaian.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa pelembut kain dapat menurunkan tinta yang digunakan di banyak kaos sablon. Memilih deterjen yang lebih lembut dapat membantu menjaga pakaian sablonmu tetap lembut dan nyaman.

4.   Jangan gunakan mesin pengering

Agar mempertahankan kualitas sablon pada pakaian, keringkanlah pakaianmu secara alami dengan menggantungkannya di rak pengering pakaian. Metode pengeringan ini memberikan hasil terbaik dan juga melindungi pencetakan.

 

5.    Selalu setrika dari sisi luar

Hati-hati, sablon mudah tersangkut pada setrika dan akan sering rusak bila terkena panas langsung dari setrika. Untuk mencegahnya, balikkan pakaianmu, pastikan sablon berada di dalam. Setelah itu setrika pakaian sablon dengan suhu yang lebih rendah. Dengan begitu kaos sablonmu tidak akan rusak.

 

#elevatewomen

Loading