Sukses

Fashion

Top 10 Berlian Termahal di Dunia

Fimela.com, Jakarta Berlian terbentuk pada kedalaman 500km di bawah kerak bumi dan seringkali berusia lebih dari tiga miliar tahun. Berlian tercipta saat karbon mengalami tekanan dan panas yang sangat besar. 

Berlian paling langka adalah yang berukuran sangat besar atau dengan warna dan kejernihan yang luar biasa. Meski semua berlian ditambang dari bumi, tidak semua berlian diciptakan sama.

Selama bertahun-tahun, berlian telah memukau ahli permata dan terus memecahkan rekor harga. Jadi apa berlian paling mahal? wpdiamonds.com mengumpulkan 10 daftar berlian termahal;

 

10. Berlian Merah Moussaieff: Harga Hingga 8 Juta Dolar AS

Memulai daftar berlian termahal di dunia dari Moussaieff yang ditemukan di Brasil pada tahun 90an dan sebelumnya dikenal sebagai Red Shield. Saat ini berlian tersebut merupakan berlian merah mewah berwarna alami terbesar yang dinilai oleh Gemological Institute of America (GIA). Berlian merah menjadi salah satu berlian paling langka dan paling dicari di dunia.

Berlian ini memeiliki potongan segitiga yang sering disebut potongan trilliant dengan berat 5,11 karat yang dinilai sebagai internally flawless (IF). Batu merah mewah ini dipamerkan di Natural History Museum of the Simthsonian Institution pada tahun 2003 dan 2005.

 

9. Heart of Eternity: Harga 16 Juta Dolar AS

Berlian biru hanya mewakili 1 persen dari semua berlian berwarna merah yang ditambang. Heart of Eternity memiliki warna biru cerah yang mewah dan ditambang di Tambang Berlian Premier Afrika Selatan.

Berlian ini sangat langka karena tone abu-abu atau hitam yang minim pada batu berbentuk hati yang awalnya dipotong dari berlian kasar seberat 777 karat. Pemilik asli The Heart of Eternity adalah Steinmetz Group, tetapi De Beers kemudian membelinya pada tahun 2000.

 

8. The Perfect Pink: Harga 23,3 Juta Dolar AS

Pada tahun 20120, Christie menjual The Perfect Pink pada pembeli yang tidak diketahui. Berlian ini memiliki potongan zamrud 14,23 karat. 

Yang membuat batu permata ini sangat langka adalah ukuran dan intensitas warna pink-nya. The Perfect Pink memiliki tingkat kejelasan Very Very Slightly Included 2 (VVS2) karena hanya memiliki sedikit cacat yang biasa terjadi pada berlian sejenis.

 

7. Berlian Wittelsbach: Harga 23,4 Juta Dolar AS

Berlian asli dengan ukuran 35,56 ct ini dipotong menjadi 31,06 ct pada tahun 2010 dan membuatnya menjadi sejarah karena kepemilikannya diteruskan dari satu anggota royalti Eropa ke yang lain. Berlian biru tua yang mewah dan tanpa cacat ini telah menjadi milik bangsawan Spanyol dan Jerman sejak tiba di Eropa tahun 1600-an.

Recut yang kontroversial tahun 2010 memicu reaksi di antara komunitas gemologi. Namun meningkatkan warna dan kejernihan menjadi biru tua yang mewah dan sempurna.

 

6. Winston Blue: Harga 23,8 Juta Dolar AS

Awalnya disebut Fancy Vivid Blue Diamond sebelum dinamai The Winston Blue setelah Harry Winston membelinya pada tahun 2014. Dengan berat 13,22 karat, ini adalah berlian terbesar dari jenisnya yang dinilai oleh GIA.

Berlian tanpa cacat internal ini berbentuk menyerupai buah pir dengan harga hampir 2 juta Dolar AS per karat saat dijual tahun 2014. Sekaligus membuat rekor dunia baru untuk harga per karat berlian biru.

 

5. The Pink Star: Harga 71,2 Juta Dolar AS

Ditambang di Afrika Selatan pada tahun 1999, The Pink Star yang sebelumnya dikenal sebagai Steinmetz Pink adalah berlian terbesar yang dinilai sebagai Fancy Vivid Pink. Chow Tai Fook Enterprises Hong Kong membelinya dari lelang Sotheby pada tahun 2017 via telepon.

Sebuah berlian oval tanpa cacat internal dengan berat 59,60 ct. Baru permata ini kemudian diubah namanya menjadi CTF Pink Star untuk mengenang ayah mendiang ketua Chow Tai Fook.

 

4. Diamond Centenary: Harga 100 juta Dolar AS

Sebagar rough diamond, Centenary Diamond memiliki berat lebih dari 500 karat. Kemudian dipotong menjadi bentuk hati yang dimodifikasi dengan berat 273,85 karat.

Pengorbanan dalam pengurangan berat karat meningkatkan warna dan tingkat kejelasan dari berlian unik ini. Butuh total 154 hari bagi tim yang sangat terampil untuk menyelsaikan proses pemotongan ulang.

 

3. The Hope Diamond: Harga 200-250 Juta Dolar AS

Berlian ini dipercayai ditemukan di India tahun 1600-an. Hope Diamond dibeli oleh Raja Louis XIV pada tahun 1668. Berlian Fancy Dark Grey-Blue 45,52 karat ini kemudian dicuri selama penjarahan permata mahkota pada tahun 1791 dan muncul kembali di London pada tahun 1839.

Di tahun 1949, Harry Winston membeli berlian ini dan menyumbangkannya ke Smithsonian Institution karena menjadi daya tarik bagi para turis. Batu itu dikabarkan terkutuk karena kemalangan dan tragei yang dialami banyak pemilik sebelumnya.

 

2. The Cullinan- Hingga 2 Miliar Dolar AS

Cullinan adalah berlian kasar terbesar dari kualitas permata yang pernah ditemukan dengan berat 3.106,75 karat. Ditemukan di Cullinan, Afrika Selatan pada tahun 1905, kemudian diberikan pada Raja Edward VII.

Berlian kasar ini juga dikenal sebagai Bintang Afrika yang dipotong menjadi 9 batu utama. Yang terbesar adalah Cullinan I senilai 530,2 karat.

 

1. The Koh-I-Noor

Puncak daftar berlian termahal di dunia adalah Koh-I-Noor yang legendaris. Dengan berat 105,6 ct dengan bentuk oval. Tenggelam dalam misteri dan legenda, batu itu diyakini telah ditambang pada tahun 1300-an. 

Kontroversi di balik batu itu terletak pada klaim bahwa Inggris mencuri batu itu dari India. Benar atau salah, Inggris memperoleh batu itu pada tahun 1850 dan pada tahun 1852, Pangeran Albert memotongnya dari 186 karat menjadi 105,6 untuk meningkatkan kecemerlangan dan kilauannya. Berlian tidak berwarna ini dikena juga sebagai Mountain of Light dan Diamond of Babur.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

What's On Fimela
Loading