Sukses

Fashion

Ini Alasan Rinaldy Yunardi Suguhkan Headpiece Bertemakan Sinar untuk Madonna

Fimela.com, Jakarta Ratu Pop, Madonna baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-63. Momen perayaan ini tak hanya istimewa bagi sang diva tetapi juga bagi desainer aksesori kenamaan Indonesia, Rinaldy Yunardi.

Pasalnya, untuk pesta perayaan ulang tahun tersebut, Madonna secara khusus meminta Rinaldy untuk merancang headpiece spesial untuk dirinya. Permintaanya itu disampaikan oleh The Clique (Manajemen Internasional) sebulan yang lalu.

“Sekitar sebulan yang lalu saya mendapat kabar, bahwa Madonna mau dibuatkan sesuatu untuk dipakai di hari ulang tahunnya. Ini kali ketiga saya membuat karya untuk Madonna. Pertama untuk gelaran Met Gala, lalu konser, dan sebulan lalu dia minta dibuatkan untuk dia pakai di pesta ulang tahunnya di Italia,” kata Rinaldy Yunardi kepada FIMELA, Rabu (18/8/2021).

Diberi kebebasan dalam berkarya

Rinaldy mengaku, proses kreatif aksesori satu ini terbilang cukup menantang. Sebab dirinya tak mendapat arahan untuk desain headpiece. Ia diberikan kebebasan dalam berkarya.

Desainer yang akrab disapa Yungyung ini akhirnya mulai mencari inspirasi dari sosok Madonna yang tetap eksis dan bersinar di dunia musik meski sudah berusia 63 tahun. Rinaldy juga melihat Madonna sebagai sosok yang religius.

“Dari situlah, muncul ide membuat headpiece yang bentuknya seperti sinar yang mengitari wajah. Saya membuat sinar halo yang biasanya di atas kepala, ini saya taruh pas di area matanya. Karena Madonna dikenal seribu wajah, makeup matanya selalu berubah. Oleh karena itu, saya tekankan di matanya dan karirnya yang bersinar,” kata desainer yang telah berkarya sejak 1995 itu.

“Melalui karya ini, saya ingin memberikan ungkapan untuk ulang tahunnya ‘tetaplah bersinar’. Jadi ungkapan itu tidak berupa kata-kata, melainkan berupa sebuah wearable art,” tambahnya.

Proses pembuatan memakan waktu 3 minggu

Headpiece bertemakan sinar yang diberi nama La Vita e Bella tersebut, kata Rinaldy, menghabiskan waktu 3 minggu untuk proses pembuatan menggunakan logam dengan teknik ukir lokal khas Indonesia yang disebut dengan teknik dodok atau tatah.

Rinaldy memilih warna antique gold atau emas antik yang dihiasi sejumlah kristal dan batu zirconia. Dia mengaku tak menghitung jumlah kristal dan batu zirconia yang dipakainya. Patokannya dalam menggunakan bahan adalah intuisi dan keindahan karya tersebut.

"Saya kalau berkarya kurang (bahan yang dipakai), tambah lagi, kurang, tambah lagi," ujarnya sambil tertawa.

Lebih lanjut, satu hal yang diperhatikan Rinaldy perihal headpiece adalah soal kenyamanan. Ia mengatakan headpiece tersebut nyaman dan tidak berat saat dipakai. Ia selalu mencobanya terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke klien.

“Headpiece ini bertumpu pada bando. Bukan seperti kacamata, nanti sakit hidungnya. Makanya bisa menari-nari dianya (Madonna),” terangnya.

Hadiah ulang tahun untuk Indonesia

Tak hanya itu, Rinaldy merasa sangat senang karena karyanya mendapat apresiasi dari Madonna. Bukan sekedar memakai, Madonna juga mempromosikan headpiece tersebut di Instagram dengan menyertakan nama akun Rinaldy.

Pencapaian tersebut kian terasa spesial karena dipublikasikan oleh Madonna bertepatan dengan HUT ke-76 Republik Indonesia. “Aku selalu berkarya untuk Indonesia. Jadi ini menjadi hadiah ulang tahun untuk Indonesia,” tambahnya.

Kepiawaian Rinaldy Yunardi memang tak perlu lagi dipertanyakan. Karya-karyanya sudah malang melintang di dunia fashion internasional. Selain Madonna, karya Rinaldy Yunardi sudah menjadi langganan selebritas dunia, mulai dari Jennifer Lopez, Beyonce, Katy Perry, hingga Lady Gaga.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Gaya Putri Sulung Madonna Pamer Bulu Ketiak saat Jadi Model Brand Ternama