Sukses

Fashion

6 Cara Menghilangkan Noda Permen Karet di Baju

Fimela.com, Jakarta Noda permen karet di baju memang cukup sulit dibersihkan. Perlu dilakukan penanganan dan cara membersihkan yang tepat agar noda permen karet di baju bisa terlepas.

Cara mencuci baju seperti biasa tentu tidak bisa menghilangkan noda permen karet. Diperlukan peralatan dan bahan-bahan yang ada di rumah untuk melepaskan noda permen karet dari serat pakaian.

Berikut beberapa cara aman untuk menghilangkan noda permen karet di baju.

1. Cuka

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama-tama, tempatkan cuka dalam wadah, dan panaskan dalam microwave selama satu menit. Ketika cuka sudah panas namun tidak mendidih, celupkan daerah pakaian yang bernoda permen karet ke dalam cuka.

Diamkan selama beberapa menit. Cuka panas akan merusak permen karet, sehingga mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi.

 

2. Setrika panas

Setrika panas juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan noda permen karet di pakaian. Tempatkan karton di papan setrika. Letakkan sisi pakaian yang terkena permen karet di atas karton dan tutupi dengan sapu tangan atau sepotong kain.

Kemudian, setrika pakaian di area yang terkena noda permen karet sampai permen karet panas, meleleh dan menempel ke karton. Lakukan beberapa saat hingga pakaian bersih dari noda permen karet.

3. Bekukan dalam freezer

Cara ini terbilang paling sederhana dan mudah. Tempatkan pakaian dalam kantong plastik dengan sisi area pakaian yang terkena noda permen karet menghadap ke atas. Pastikan permen karet atau pakaian tidak bersentuhan dengan kantong plastik. Tujuannya, menjaga pakaian dan permen karet tetap kering dan membekukan permen karet.

Kemudian, bekukan selama beberapa jam. Ketika permen karet sudah beku dan mengeras, kelupas permen karet yang menempel di pakaian.

4. Ice pack

Cara membersihkan noda permen karet di pakaian selanjutnya adalah dengan ice pack. Caranya, gunakan ice pack dengan menempatkan pakaian yang bernoda permen karet di antara dua lapisan plastik. Terapkan ice pack pada daerah pakaian yang terkena permen karet.

Hal ini dilakukan untuk membekukan atau setidaknya mencoba mendinginkan sisa permen karet pada pakaian. Setelah mengeras, permen karet akan terkelupas dengan lebih mudah.

 

5. Sabun cuci

Kamu bisa membersihkan noda permen karet dengan sabun cuci selama caranya tepat. Teteskan sabun cuci di atas area noda permen karet, dan sikat dengan menggunakan sikat gigi. Lalu diamkan selama sekitar setengah jam. Setelah itu, kamu perlu menyikatnya kembali agar noda permen karet hilang. Permen karet akan melonggar dan dengan lebih mudah terlepas dengan cara ini.

6. Lakban

Potong lakban sesuai ukuran permen karet, lalu tekan kuat pada noda tersebut. Pastikan tidak ada sisi lakban yang menempel pada kain pakaian, karena akan sulit membukanya.

Setelah itu, kamu tinggal mengangkat lakban, dan permen karet biasanya akan menempel pada lakban tersebut. Ulangi hingga semua noda permen karet hilang. Jangan lupa juga untuk menggunakan lakban yang cukup kuat.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading