Sukses

Fashion

Makna Tersembunyi di Balik Kostum dan Topeng Penjaga Squid Game

Fimela.com, Jakarta Perbincangan mengenai serial Squid Game terus bergulir. Tak heran bila Squid Game menempati posisi kedua serial Netflix populer di seluruh dunia.

Serial Squid Game sendiri berfokus pada beberapa permainan anak-anak, di mana peserta yang kalah dari permainan akan dieliminasi dan dibunuh.

Di sisi lain, peserta yang memenangkan enam babak permainan akan mendapat 45,6 miliar won. Tentu hadiah yang sangat menggiurkan bagi 456 kontestan yang terlilit banyak utang.

Selain alur ceritanya yang menegangkan, salah satu hal yang tak kalah menjadi sorotan para penonton serial Squid Game ini adalah kostum atau seragam yang dikenakan staf permainan bertahan hidup.

Dalam serial tersebut, staf permainan tampak mengenakan seragam berwarna hot pink yang ditutupi sebuah topeng dengan simbol khusus seperti persegi, segitiga, dan lingkaran. Rupanya, ada alasan dan makna tersembunyi di balik pemilihan kostum tersebut.

Makna Tersembunyi Kostum

Dalam wawancara dengan Netflix Korea, Sutradara Squid Game Hwang Dong Hyuk mengungkapkan makna tersembunyi dari kostum staf permainan bertahan hidup. Disebutkan, bahwa ia ingin membuat kesan staf permainan bak koloni semut.

“Awalnya aku ingin pakaian mereka mirip seragam pramuka, tapi itu menunjukkan (kesan) pria yang terlalu baik. Itu tidak membuat mereka seperti semut dalam koloni semut. Mereka harus menutupi seluruh tubuhnya, dan pilihan terbaik untuk merahasiakannya adalah dengan jumpsuit dan hoodie, karena mereka perlu menutupi wajahnya,” jelas Dong Hyuk, dikutip dari kanal YouTube Netflix Korea.

Sementara itu, alasannya memilih warna hot pink untuk kostum staf permainan bertahan hidup adalah ia tak ingin mereka  terlihat terlalu mencekam. Oleh karena itu, ia memilih warna mencolok yang dinilai sedikit ‘kekanak-kanakan’.

“Ayo kita buat warnanya (terlihat) sangat kekanak-kanakan, sehingga tak terasa mencekam atau menakutkan,” katanya.

Topeng Kostum Terinspirasi dari Hahoe-tal dan Topeng Anggar

Pada kesempatan yang sama, Art Director Squid Game Chae Kyung Sun turut menyinggung topeng yang dikenakan staf permainan bertahan hidup. Sebelumnya, Sutradara dan Art Director telah mencoba berbagai desain topeng yang berbeda, termasuk topeng yang menyerupai kepala binatang.

Dengan segala pertimbangan, akhirnya pemilihan topeng jatuh kepada topeng hitam yang mirip dengan Hahoe-Tal (topeng tradisional Korea) dan Topeng Anggar.

“Alasannya karena topeng itu harus mudah dipakai dan harus memastikan pandangan yang baik. Itu harus menggambarkan kelas mereka. Jadi aku terinspirasi oleh Hahoe-tal (topeng tradisional Korea) dan topeng anggar,” ungkap Chae Kyung Sun.

“Dalam prosesnya, kami menambahkan garis di atasnya dan itu membuatnya terlihat seperti wajah semut. Selain itu sutradara juga meminta saya membuatnya jadi bisa dilipat. Ternyata itu menjadi lebih menarik. Itu menambahkan detail seperti mulut semut,” sambungnya.

Arti Simbol Topeng Squid Game

Lebih lanjut, sang Sutradara juga mengatakan bahwa symbol-simbol yang dipakai di topeng staf permainan bertahan hidup memiliki arti tersendiri. Simbol ini terinspirasi dari kelas masyarakat yang membaginya dalam tiga kelas: segitiga, lingkaran, dan persegi.

Simbol lingkaran berarti pekerja, simbol segitiga berarti tentara, dan simbol persegi berarti manajer. Setiap kelas memiliki tanggung jawab yang berbeda layaknya koloni semut.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading