Sukses

Fashion

Studi Sebut Pakai Baju Oranye Bisa Bikin Wawancara Kerja Gagal, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Mempersiapkan wawancara kerja bisa membuatmu stres. Mulai dari mempersiapkan materi hingga memikirkan pakaian apa yang akan kamu kenakan untuk wawancara kerja.

Pilihan pakaian untuk wawancara kerja bisa jadi sangat membingungkan. Perusahaan sendiri biasanya hanya menginstruksikan untuk menggunakan pakaian formal atau kasual, bukan dari warna maupun model pakaiannya.

Dikutip dari Purewow, jangan sekali-kali kamu mengenakan pakaian berwarna oranye untuk wawancara kerja. Rupanya rona musim gugur klasik ini cenderung menakuti rekruter di perusahaan.

“Penelitian selama 50 tahun terakhir telah membantu kami memahami bahwa 75 persen percakapan tatap muka adalah non-verbal,” kata pakar karir di Snagajob.

 

Kenapa oranye?

Kata-kata digunakan terutama untuk menyampaikan informasi. Sedangkan tubuh, ekspresi wajah, dan presentasi pribadi digunakan untuk mengevalasi sikap dan kepercayaan antarpribadi.

Sementara warna oranye mungkin menjadi warna favoritmu. Tapi bagi rekruter, warna oranye dapat secara tidak sengaja diartikan mengkomunikasikan bahwa kamu adalah kandidat yang mencari perhtatian dan terlalu percaya diri.

Faktanya, survei CareerBuilder 2013 mensurvei 2.099 manajer perekrutan dan profesional sumber daya manusia di beberapa industri dan oranye menduduki puncak daftar warna terburuk. 25% pengusaha setuju bahwa itu adalah warna terburuk untuk dikenakan saat wawancara.

 

Pengaruh psikologi warna

Psikologi warna mempengaruhi persepsi, bahkan ketika kita tidak menyadari pengaruhnya, jadi Anda tidak ingin memberi pewawancara kesan yang bertentangan dengan apa yang Anda coba sampaikan karena atasan oranye Anda," jelas Snagajob.

Sebagai pilihan terbaik, kamu bisa mengenakan turtleneck dengan warna biru. Ini akan membantu rekruter melihat kamu dengan jelas seberapa berharganya kamu untuk bisnis mereka karena mengenakan warna yang menyampaikan kepercayaan, tanggung jawab, dan semangat tim.

Untuk wawancara kerja yang dilakukan secara virtual, kamu bisa mengenakan warna biru yang lebih gelap yang mungkin kamu pilih untuk wawancara langsung. Webcam tidak menangkap warna seperti yang dilakukan mata secara langsung. Disarankan untuk menggunakan warna biru kobalt atau biru laut.

Simak video berikut ini

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Survei, Warna Baju Ini Terlarang Dipakai saat Wawancara Kerja
Artikel Selanjutnya
Jangan Pernah Katakan 5 Hal Ini saat Wawancara Kerja