Sukses

Fashion

Menurut Survei, Warna Baju Ini Terlarang Dipakai saat Wawancara Kerja

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu akan menghadapi wawancara kerja dalam waktu dekat ini? selain mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi pertanyaan wawancara, hal yang tak boleh terlewatkan adalah  memilih warna pakaian yang tepat.

Meski terlihat sepele, tetapi cara kamu berpakaian dan pilihan warna yang kamu kenakan saat sesi wawancara kerja turut mempengaruhi penilaian HRD. Hal ini diungkapkan oleh konsultan karier di Snagajob, platform pekerjaan online yang mengungkapkan bahwa pilihan untuk pakaian itu tak terbatas.

Namun yang pasti ada satu warna yang sebaiknya dihindari saat wawancara kerja. Warna terlarang untuk dipakai saat wawancara kerja adalah warna oranye. Sebab, warna itu dinilai bisa ‘menakuti’ orang yang mewawancarai kamu.

“Penelitian selama 50 tahun terakhir membantu kami memahami bahwa 75 persen percakapan tatap muka adalah non verbal. Kata-kata digunakan untuk menyampaikan informasi, sedangkan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan presentasi pribadi digunakan untuk mengevaluasi sikap dan kepercayaan antarpribadi,” kata pakar karir di Snagajob, dilansir Pure Wow.

 

Alasan warna oranye terlarang

Meskipun warna oranye mungkin menjadi favoritmu, di pihak penerima, oranye dapat secara tidak sengaja mengkomunikasikan bahwa kamu adalah kandidat yang mencari perhatian dan terlalu percaya diri.

Ini didukung dalam survey CareerBuilder 2013 mensurvei 2.099 manajer perekrutan dan professional sumber daya manusia di beberapa industri. Dari hasil survei ditemukan bahwa warna oranye menduduki puncak daftar warna terburuk, dengan 25 persen pengusaha setuju bahwa oranye adalah warna terburuk untuk dikenakan saat wawancara.

“Psikologi warna mempengaruhi persepsi, bahkan ketika kita tidak menyadari pengaruhnya, jadi hindari warna oranye jika kamu tidak ingin memberi pewawancara kesan yang bertentangan dengan apa yang kamu ucapkan,” jelasnya.

Warna pakaian yang sebaiknya digunakan

Sebagai gantinya, Snagajob mengungkapkan warna atasan biru adalah warna pakaian terbaik untuk dikenakan saat wawancara kerja. Mengapa demikian?

“Ini membantu audiens kamu melihat dengan jelas betapa berharganya kamu untuk bisnis mereka. Karena kamu mengenakan warna yang menyampaikan kepercayaan, tanggung jawab, dan semangat tim,” jelasnya.

Pilihlah warna biru yang cenderung lebih gelap untuk wawancara langsung. “Sementara saat wawancara via daring, webcam tidak bisa menangkap warna seperti yang dilakukan mata kita secara langsung, jadi warna biru muda bisa pudar,” sambungnya.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading