Sukses

Fashion

5 Tips Merawat Hijab Plisket agar Lipatannya Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya rok, tren hijab plisket belakangan ini banyak diminati oleh para hijabers. Hijab plisket memiliki ciri khas lipatan pada kainnya yang dapat membuat penampilan makin bergaya.

Hijab plisket juga menjadi salah satu jenis hijab yang mudah dibentuk, tidak mudah kusut, serta dapat memberikan kesan tirusĀ  di pipi jika digunakan.

Meski demikian, lipatan pada hijab plisket butuh perhatian khusus dalam perawatannya. Agar lipatannya lebih tahan lama, simak beberapa tips perawatannya berikut ini.

1. Mencuci cukup pakai tangan

Untuk hijab jenis plisket, sebaiknya hindari mencuci hijab dengan mesin cuci. Rendam sebentar hijab dan cuci secara manual menggunakan tangan.

Hindari mengucek, menyikat, atau memeras hijab plisket karena dapat merusak bentuk lipatannya. Cukup gunakan teknik celup. Teknik celup ini bisa membantu pashmina kamu lebih awet terutama pada bagian lipatan plisket.

2. Jangan gunakan deterjen

Berbeda dengan bahan kain pada umumnya yang harus dicuci menggunakan deterjen, untuk kain plisket sebaiknya hindari penggunaan deterjen, Sahabat Fimela.

Kamu cukup mencucinya menggunakan sampo. Penggunaan sampo untuk membersihkan hijab berbahan dasar plisket lebih dianjurkan karena dapat membuat bahan plisket lebih terjaga dan tidak kaku.

3. Jangan jemur terlalu lama

Tidak seperti kebanyakan pakaian yang harus dijemur sampai kering, plisket bisa dijemur sebentar saja. Begitu pula dengan area penjemuran, akan sangat baik jika tidak terkena matahari langsung.

Sebab, bahan plisket jika terkena panas dalam jangka waktu yang lama bisa membuatnya jadi menyusut dan merubah lipatan.

4. Tidak perlu disetrika

Hindari menyetrika kain berbahan plisket. Sebab, hal ini bisa merusak lipatan pada kain plisket. Apabila Sahabat Fimela terpaksa menyetrika hijab plisket, pastikan dengan suhu setrika paling rendah.

Selanjutnya, setrika dengan mengikuti arah lipatan plisket. Jangan menyetrika berlawanan arah lipatan plisket. Lakukan dengan teliti dan hati-hati ya, Sahabat Fimela.

5. Simpan dengan teknik gantung

Sama seperti hijab lainnya, agar selalu rapi, sebaiknya hijab plisket disimpan dengan cara digantung. Menggantung hijab plisket dengan hanger akan membuat lipatan plisket tidak melar sehingga awet jika digunakan dalam jangka waktu lama.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading