Sukses

Fashion

Magnificent Brand of Fashion - UNIQLO: Berawal dari Pakaian Pria, Kini Jadi Outfit Favorit Semua Kalangan Gender dan Usia

Fimela.com, Jakarta Masyarakat Indonesia sudah cukup akrab dengan merek ritel asal Jepang, UNIQLO. UNIQLO menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk soal pakaian sehari-hari bagi anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan. Namun tahukah kamu bahwa dulunya UNIQLO hanya menjual pakaian pria?

Pada 1949, Hitoshi Yanai yang merupakan ayah dari Tadashi Yanai, pendiri UNIQLO, membuka toko pakaian pria Ogori Shoji di kota Ube. Tadashi Yanai mengambil alih perusahaan pada 1984 dan membuka gerai pertama UNIQLO dengan nama toko pakaian kasual Uniquw Clothing Warehouse di Hiroshima.

Awalnya memiliki gerai pertama di tepi jalan besar, UNIQLO tumbuh menjadi beberapa gerai, teritama di Jepang Barat. Yanai kenudian mengganti nama perusahaan dari Ogori Shoji menjadi Fast Retailing pada 1991.

Yang menjadi titik balik UNIQLO sebagai brand adalah ketika ia menghasilkan sweater dengan bahan fleece sintetis dengan harga terjangkau. Bahkan sangat laris sampai terjual hingga 2 juta helai. Larisnya fleece UNIQLO ini meningkat setiap tahunnya. 

 

Ekspansi pertama

Pada 1997, UNIQLO membuka toko utama di Harajuku yang merupakan pusat busana anak muda di Tokyo. Di lantai satu, UNIQLO memajang sweater fleece andalannya dengan aneka warna. Kala itu, sweater fleece tidak masuk dalam tren mode Jepang. Namun UNIQLO sukses membuatnya menjadi pakaian trendi.

UNIQLO tidak hanya melakukan ekspansi secara bisnis. Melainkan juga melakukan ekspansi dari segi jenis produk berdasarkan tren. UNIQLO mulai melakukan kerja sama dengan desainer ternama, seperti Jil Sander, Alexander Wang, hingga KAWS yang membuat nama UNIQLO makin melejit.

Hadir dengan outfit sehari-hari

Kini, UNIQLO tidak lagi mengandalkan sweater fleece sebagai produk ungggulan. Melainkan juga pakaian dalam, t-shirt, heattech, pakaian musim panas, dan masih banyak lagi.

Sebagai merek ritel fashion, UNIQLO sadar akan isu fast fashion yang mencemari lingkungan. UNIQLO mengambil inisiatif untuk melakukan produksi yang ramah lingkungan serta menyediakan recycle box untuk mengajak masyarakat lebih bijak terhadap industri fashion. 

Vote UNIQLO sebagai brand fashion favorit kamu di sini.

Simak video berikut ini

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2021: Pemenang Nominasi Fimela Magnificent Award yang Memberi Impact Positif
Artikel Selanjutnya
Mengenal Lebih Jauh Sosok Rinaldy Yunardi Lewat Talkshow dan Kelas Inspiratif di Fimela Fest 2021