Sukses

Fashion

Mengenang 8 Karya Ikonis Virgil Abloh, Off White-Gaun Pengantin Hailey Bieber

Fimela.com, Jakarta Direktur Artistik dan Pendiri Off-White, Virgil Abloh tutup usia di usia 41 tahun pada Minggu (28/11/2021) waktu setempat. Abloh diketahui menderita kanker langka yaitu Angiosarcoma.

Sosok Virgil Abloh sendiri dikenal sebagai seorang desainer visioner dengan karya-karyanya yang indah. Hasil karyanya selalu menarik perhatian dunia hingga dipakai selebriti ternama Hollywood. Mulai dari Bella Hadid, Kanye West, hingga Hailey Bieber.

Berkat kelebihannya ini, Virgil Abloh sukses menjadi direktur artistik Louis Vuitton. Sepanjang kariernya sejak 2011 hingga tutup usia pada 2021, Virgil Abloh telah melahirkan banyak karya yang dikagumi dunia. Berikut deretan kreasinya yang paling ikonis.

1. Pyrex Vision

Pyrex Vision merupakan brand pertama yang didirikan oleh Virgil Abloh pada 2012. Brand ini memiliki visi untuk mengumandangkan pentingnya budaya pada generasi muda.

Kala itu, Virgil Abloh melaporkan membeli kemeja flanel stok lama dari Ralph Lauren seharga 40 dolar AS atau Rp574 ribuan. Ia kemudian mendesain ulang kemeja tersebut dengan tulisan ‘Pyrex’ dan menjualnya seharga 550 dolar AS atau Rp7,8 juta.

Sayangnya, label itu hanya berjalan selama setahun karena Virgil Abloh secara resmi menutup Pyrex Vision pada 2013. Pyrex Vision menjadi cikal bakal lahirnya Off-White.

2. Off-White Industrial Belt

Salah satu rancangan Virgil Abloh untuk Off-White yang jadi trendsetter. Strap Belt bergaya industrial ini merupakan salah satu statement terpopuler dalam gaya streetwear di abad ke-21. Ikat pinggang dengan warna kuning mencolok ini diciptakan tahun 2016.

3. Nike x Off-White

Pada 2017, Virgil Abloh berkolaborasi dengan Nike menciptakan sneaker ‘The 10’. Karya ini disebut-sebut sebagai sneakers hasil kolaborasi terbaik dan paling ambisius sepanjang masa.

Sementara pada 2018, Virgil Abloh lewat labelnya Off-White berkolaborasi dengan Nike menciptakan seragam tenis bergaya ballerina untuk petenis Serena Williams. Diberi nama Queen Collection, seragam ini memberikan sentuhan manis pada gaya sporty Serena. Seragam ini pun dikenakan Serena saat bertanding di US Open Tennis Championship 2018.

4. Gaun Pengantin Hailey Bieber

Gaun renda off-white Hailey Bieber yang menakjubkan merupakan salah satu karya  Virgil Abloh yang ikonis. Gaun ini menampilkan elemen estetika yang menonjol, terutama pada kerudung yang ditandai sumpah Bieber “Till Death Do Us Part”.

5. Harness Louis Vuitton

Tahun 2019, Virgil Abloh merancang harness (Belt pengaman yang dipasang untuk tubuh) untuk aktor asal Amerika Serikat, Timothee Chalamet. U

untuk membuat harness tersebut, Virgil mengkreasikannya secara khusus untuk sang aktor dengan tambahan berupa aksen glitter untuk kesan yang mewah. Sang aktor pun mengenakan harness tersebut untuk red carpet Golden Globes 2019.

6. Kolaborasi IKEA 2019

Di tahun yang sama, tepatnya November 2019, Off-White berkolaborasi dengan IKEA untuk merilis koleksi perlengkapan rumah tangga. Koleksi itu meliputi karpet limited edition bertuliskan “KEEP OFF” yang menjadi item utama kolaborasi IKEA x Off-White.

Selain karpet, IKEA x Off-White juga merilis keset bertuliskan “Wet Grass” yang didominasi warna hijau khas rerumputan, meja makan, chaise lounge, coffee table, rak buku, hingga kursi. Ada pula tas belanja spesial yang diberi nama Sculpture.

7. Louis Vuitton Spring/Summer 2019 Menswear Collection

Diselenggarakan di château Paris yang terkenal, Palais-Royal, pertunjukan debut Abloh untuk Louis Vuitton adalah momen terobosan bagi rumah mode. Itu juga menandai era baru untuk label di bawah bimbingan direktur artistik kulit hitam pertama.

8. Celana Transparan Louis Vuitton

Pada September 2021, Virgil Abloh merancang celana transparan dengan aneka gambar untuk merek Louis Vuitton. Celana itu kemudian dipakai oleh rapper Kid Cudi pada ajang red carpet Met Gala 2021. Penampilan Cudi kala itu pun semakin maksimal dengan sweater biru dan rambut berwarna hijau neon.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
200 Pasang Sneaker Nike Air Force 1 x Louis Vuitton Karya Virgil Abloh Dilelang
Artikel Selanjutnya
Kenang Virgil Abloh dalam Instalasi Mobil Listrik Inovatif