Sukses

Fashion

Fimela Highlight Mei 2021: Puteri Indonesia dan Kostum Komodo yang Mengukir Sejarah di Ajang Miss Universe 2020

Fimela.com, Jakarta Puteri Indonesia 2020 Raden Roro Ayu Maulida Putri mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2020, yang diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat. Salah satu gaun yang dikenakan Ayu Maulida dan paling menarik perhatian adalah kostum nasional dengan tema komodo.

Di babak National Costume yang diselenggarakan di Hard Rock Hotel, Florida, Ayu Maulida menampilkan kostum dengan tajuk "Komodo Dragon: An Indonesian Prehistorical Heritage." Kostum komodo tersebut mengangkat tentang eksotisme spesies langka yang hanya ada di Indonesia.

Kostum komodo yang dramatis ini dan sempat mencuri perhatian begitu banyak orang ternyata merupakan hasil kolaborasi desainer Diana M. Putri dari Diana Couture dan desainer aksesori Yuling Hoo, dan Silvy Praogo dari Le Ciel Design. Diakui oleh Yuling Hoo bahwa bagian paling rumit dan memakan waktu pengerjaan paling lama dari kostum komodo tersebut adalah pembuatan sisiknya.

 

Kostum nasional komodo yang dikenakan Puteri Indonesia Rr Ayu Maulida di ajang Miss Universe 2020

Dibutuhkan 5.000 keping logam untuk membentuk aksen sisik dari kostum komodo yang dikenakan Ayu Maulida tersebut. Proses pengerjaan dikabarkan dimulai dari bagian kepala komodonya, dilanjutkan dengan kostum, earcuff, kalung lebar, kalung choker, sisik untuk sarung tangan, dan sisik komodo.

Bagian lidah komodonya juga dibuat dengan sistem mechatronic, yang di bagian tengahnya dibuat lebih detail dengan artcraft yang terbuat dari logam bermotif tradisional-modern. Panjang kostum komodo ini juga tak main-main, yaitu sepanjang 10 kaki atau 3 meter dan beratnya melebihi 100kg.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading