Sukses

Fashion

7 Cara Membersihkan dan Merawat Kacamata Hitam

Fimela.com, Jakarta Saat pagi dan siang hari, ada banyak orang yang sering menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam memiliki fungsi untuk melindungi mata, agar tidak silau dan tidak terpapar radiasi sinar matahari. Namun, ada juga sebagian orang yang menggunakan kacamata hitam hanya untuk fashion.

Lensa pada kacamata hitam perlu dibersihkan dan dirawat setiap waktu. Karena lensa kacamata sangat mudah kotor terkena debu dan kotoran. Cara membersihkannya pun perlu hati-hati, agar tidak menggores lensa pada kacamata.

Terkadang ada beberapa orang yang masih sering menyimpan kacamata hitam sembarangan. Hal ini tidak hanya membuat lensa kacamata rusak, tapi juga merusak tangkai pada kacamata. Berikut cara membersihkan dan merawat kacamata hitam:

Cara Merawat Kacamata Hitam

1. Bersihkan Secara Rutin

Kacamata hitam perlu dibersihkan secara rutin menggunakan kain khusus, yaitu kain microfiber. Saat membersihkan kacamata, sebaiknya jangan lap lensa dalam keadaan kering. Ada baiknya Sahabat Fimela menyemprotkan cairan khusus untuk lensa kacamata, kemudian lap dengan kain microfiber.

2. Gunakan Sabun

Ternyata lensa kacamata juga bisa dibersihkan menggunakan sabun. Gunakan air yang mengalir untuk membasahi kacamata, kemudian teteskan sedikit sabun cuci piring. Setelah itu, bilas kacamata hingga bersih dan keringkan dengan kain microfiber.

3. Gunakan Dua Tangan Saat Melepas Kacamata

Saat melepaskan kacamata, jangan pernah menggunakan satu tangan untuk melepaskannya. Kebiasaan ini bisa membuat kacamata menjadi tidak seimbang. Lebih baik gunakan kedua tangan untuk melepaskan kacamata.

Cara Merawat Kacamata Hitam yang Selanjutnya

4. Masukkan dalam Kotaknya

Pastikan setelah menggunakan kacamata, masukkan kembali kacamata ke dalam kotak atau case kacamata. Kotak kacamata bisa melindungi lensa agar tidak tergores, dan kacamata tidak mudah patah. Sebelum memasukkan ke kotak kacamata, bersihkan lensa terlebih dahulu dan lindungi kacamata dengan lap.

5. Jangan Letakkan di Atas Kepala

Ada sebagian orang yang senang meletakkan kacamata hitam di atas kepala. Walaupun kebiasaan ini bisa menunjang penampilanmu, tetapi bisa merusak tangkai kacamata. Menyematkan kacamata hitam di atas kepala membuat tangkai menjadi tidak seimbang, serta lebih berisiko merusak lensa kacamata.

6. Jangan Dipinjamkan

Kacamata adalah barang yang sebaiknya digunakan secara pribadi. Jika kacamata hitam dipinjamkan kepada orang lain, maka bisa membuat kacamata menjadi longgar dan bisa menularkan penyakit. Karena ukuran kepala setiap orang berbeda, dan kita tidak pernah tahu ada bakteri atau virus apa yang menempel di kacamata.

7. Cek ke Optik

Cara merawat kacamata hitam yang terakhir adalah dengan rutin membawa kacamata ke optik. Optik bisa membenarkan kacamata yang longgar dan tidak seimbang. Sahabat Fimela juga bisa cek kondisi mata, serta mengganti lensa kacamata yang tergores.

Cara Membersihkan Kacamata Hitam

Cara membersihkan kacamata hitam harus memperhatikan langkah-langkah yang benar. Karena lensa kacamata sangat mudah tergores oleh benda yang menempel. Seperti debu dan kotoran yang ada di lensa.

Sebelum membersihkan kacamata hitam, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun. Mencuci tangan bisa membantu menghilangkan minyak yang menempel di tangan, serta menghampat bakteri yang ada di tangan. Setelah itu, semprot lensa dengan cairan khusus untuk kacamata.

Lap lensa yang sudah dibasahi dengan lap microfiber. Lap ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak akan merusak lensa. Lakukan gerakan memutar saat mengelap lensa, dan hindari menekannya terlalu keras.

Loading