Sukses

Fashion

5 Cara Bersihkan Tas Kulit dari Jamur, Mudah, Hemat, Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Tas Kulit menjadi salah satu material tas yang digemari baik bagi laki-laki dan juga perempuan. Dikenal dengan material yang kuat, tas kulit juga lebih awet dan tak mudah rusak. Tapi sayangnya, saat kita tidak menyimpan tas kulit dnegan baik, maka jamur akan tumbuh dan perlahan merusak keindahan tas. 

Jamur pada tas kulit bisa disebabkan oleh beragam hal, selain akibat lembap, tas yang disimpan secara sembarangan juga menyebabkan jamur semakin cepat menyebar. Oleh karena itu, saat menyimpan tas, selain usahakan untuk menyisipkan silica gel, kamu juga harus rutin mengangin-anginkan tas agar rtidak lembap. 

Saat tas kulit sudah terkena jamur, maka ada sejumlah cara yang bisa dilakukan di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. penasaran apa saja? Simal selengkapnya berikut ini. 

 

Gunakan perasan lemon

Air lemon juga berfungsi dengan baik dalam membersihkan jamur dari permukaan tas kulit kesayanganmu. Pada dasarnya, tas kulit yang dibuat dari bahan dasar kulit hewan memiliki sifat yang sensitif dan mudah mengelupas bila metode perawatannya salah.

Agar lebih aman, cobalah sikat bagian tas yang berjamur menggunakan perasan air lemon. Gunakan sikat berbulu lembut atau kain microfiber, sikat secara perlahan berulang kali apabila jamur di tas masih terlihat meninggalkan bekas. Setelah itu, lap dengan kain bertekstur lembut dan biarkan selama beberapa saat supaya tidak lembap.

2. Soda kue

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jemur tas yang jamuran di luar ruangan selama 24 jam terlebih dahulu.

Tak berhenti sampai di situ, taburkan soda kue di atas permukaan tas kulit yang berjamur lalu diamkan lagi semalaman. Setelah dua hari melewati proses penjemuran, barulah tas yang sudah didiamkan selama satu malam bisa dibersihkan dengan digosok secara perlahan menggunakan kain microfiber. 

3. Cuka putih

Campuran antara cuka dan air hangat sebanyak 10 : 1, celupkan lap bersih pada larutan yang sudah ditakar sempurna hingga basah. Kemudian gunakan sarung tangan lateks dan usap perlahan lap yang sudah terserap larutan cuka putih pada bagian tas yang terkena jamur sampai benar-benar menghilang. Jemur sampai kering, setelah itu letakan tas kulit di tempat semula.

4. Saddle Soap

Sabun pembersih khusus ini, umumnya dipakai untuk merawat, membersihkan hingga memproteksi bag atau sepatu yang material dasarnya kulit. Kandungan saddle soap salah satunya adalah pelembab yang cukup tinggi, berfungsi memproteksi bag berbahan kulit dari jamur. Umumnya, bahan pembuat saddle soap yaitu beeswax dan lanolin, aktivitas membersihkan dengan sabun ini cukup mudah.

5. Alkohol Denaturasi

Pastikan larutan alkohol denaturasi benar-benar tercampur, perbandingan yang digunakan yaitu 1:1. Selanjutnya, spons dicelupkan dan peras, sampai hanya tersisa spons lembab, kemudian gosok-gosok spons tersebut ke bagian bag yang berjamur. Aktivitas menggosok ini dilakukan hingga permukaan yang digosok bersih dari jamur, kemudian keringkan aksesori kesayangan kamu, dengan diangin-anginkan.

 

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading