Sukses

Fashion

5 Perhiasan Mahkota Inggris Raya Ratu Elizabeth Paling Terkenal dan Termahal Mencapai Rp87 Triliun

 

Fimela.com, Jakarta Ratu Elizabeth memiliki koleksi perhiasan dan batu permata pribadi senilai jutaan dolar. Hal itu juga membuat kekayaan bersih Ratu Elizabeth begitu besar.

Termasuk perhiasan mahkota Inggris Raya yang menjadi bagian dari koleksi kerajaan, dan bukan milik negara. Salah satu yang paling menonjol adalah tiara Ratu Elizabeth II, yang biasa dikenakan dalam jamuan makan kenegaraan, resepsi diplomatik, dan pesta.

Tentunya perhiasan mahkota kerajaan Inggris berharga tak ternilai, terutama dari historisnya. Berikut adalah beberapa perhiasan paling terkenal dan termahal melansir dari rd.com.

 

Mahkota St. Edward

Mahkota St. Edward hanya akan meninggalkan Tower of London, tempat penyimpanan mahkota kerajaan Inggris untuk upacara penobatan. Dan Charles akan memakainya saat ia dinobatkan menjadi raja.

Mahkota tersebut terbuat dari hampir 5 pon emas padat dengan lebih dari 444 batu mulia dan semi mulia. Nilainya sendiri diperkirakan mencapai 57 juta Dolar AS atau sekitar Rp856 rupiah.

 

Imperial State Crown

Mahkota ini ditempatkan di peti mati mendiang Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan saat meninggalkan Westminster Abbey setelah penobatan. Menurut badan amal Historic Royal Palaces, Imperial State Crown terbuat dari emas dan dihiasi dengan 2.868 berlian, 17 safir, 11 zamrud, 269 mutiara, dan 4 rubi. 

Serta berisi beberapa permata paling terkenal di dunia, termasuk Black Prince's Ruby, Stuart Sapphire 104 karat, dan berlian Cullinan II 105,6 karat. Para ahli memperkirakan mahkota itu bernilai 3,4 sampai 5,7 miliar Dolar AS atau mencapai Rp85 triliun.

 

The Nizam of Hyderabad Necklace

Nizam Hyderabad, penguasa bekas negara bagian India, menghadiahkan Elizabeth kalung platinum menakjubkan. Dengan 300 berlian, yang jadi kalung paling berharga dalam koleksi ini, dengan perkiraan nilai 76,3 juta Dolar AS.

 

The Lover's Knot Tiara

Siapa yang bisa melupakan tiara dengan berlian dan mutiara yang menjuntai? Elizabeth mewarisi tiara ini dari neneknya, Ratu Mary saat meninggal.

Namun karya itu mendapat ketenaran di seluruh dunia saat ratu meminjamkannya kepada Putri Diana. Meski tidak tahu persis berapa persis berapa nilai tiara ini, para ahli perhiasan menaksir harganya antara 1-2 juta Dolar AS.

 

The Williamson Pink Diamond Brooch

Bros berlian merah muda Williamson milik ratu memegang status berlian pink terbesar di dunia, senilai 28,7 juta Dolar AS. Berlian itu ditemukan di sebuah tambang di Tanzania yang dimiliki oleh geologi Kanada John Williamson.

Dia memberikan pada ratu, berlian 54,5 karat yang belum dipotong sebagai hadiah pernikahannya. Meski di kemudian hari, ia memotongnya dan menambahkannya ke bros berlian.

What's On Fimela
Loading