Sukses

Fashion

GEOX Hadirkan Koleksi Sepatu Sustainable Bersertifikat dari Sampah dan Limbah

Fimela.com, Jakarta GEOX meluncurkan koleksi sepatu sustainable hasil kolaborasi bersama ACBC yang merupakan perusahaan alas kaki Italia pertama bersertifikan B Corporation. Koleksi ini dihadirkan khusus  untuk menyambut fall/winter 2022, termasuk edisi sepatu kets pria dan wanita yang terbuat dari bahan sustainable bersertifikat. 

Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk mengatasi masalah lingkungan melalui teknologi. A Certified B Corporation (ACBC) merupakan sebuah perusahaan nirlaba yang telah disertifikasi oleh B Lab, yaitu perusahaan yang mengukur kinerja sosial dan lingkungan perusahaan terhadap standar dalam penilaian dampak.

Pembuatan sepatu ini menggunakan bahan-bahan berkelanjutan yang didaur ulang, berbasis bio, dan bebas hewani. Sepatu ini hadir dengan outsole anti air yang dapat mengurangi EVA dengan menambahkan karet yang dapat didaur ulang. Selain itu, sol yang dimiliki terbuat dari busa daur ulang yaitu 98 persen bahan limbah pasca produksi dan 2 persen perekat berbahan dasar air.

Selain itu, ada juga busa dalam sepatu terbuat dari katun daur ulang, serta serat kayu alami dan karbonat. Sepatu sustainable ini juga hadir dengan dua jenis tali yang terbuat dari serat rami dan bahan yang terbuat dari botol plastik daur ulang. 

 

Diproduksi dengan bahan pilihan

Kolaborasi GEOX bersama ACBC menghadirkan koleksi sepatu sustainable yang diproduksi menggunakan bahan-bahan terpilih. Salah satunya adalah menggunakan karet daur ulang yang dikominasikan dengan EVA, sehingga dapat mengurangi penggunaan bahan tradisional namun tetap mempertahankan karakteristik dari sepatu GEOX.

  • ReEVA Sole

Satu-satunya koleksi kapsul ini dibuat dengan menggunakan daur ulang karet pasca produksi karet dikombinasikan dengan EVA, sehingga mengurangi penggunaan bahan tradisional tetapi tetap mempertahankan karakteristik tahan air dari sol GEOX.

  • Insole

Insole yang digunakan untuk membuat sol dalam terbuat dari spons daur ulang dan pembuka botol. Spons daur ulang terdiri dari 98% bahan limbah pasca produksi dan 2% lem berbahan dasar air. Hal ini semakin mendekatkan kita pada tujuan akhir ZERO waste. Juga, mengambil gabus adalah kegiatan yang memungkinkan pohon untuk beregenerasi. Gabus adalah busa alami 100% dan ringan, kedap udara, dan tahan air.

  • ReCotton Lining

Lapisan terbuat dari kain katun bekas daur ulang atau limbah produksi kapas untuk mendapatkan kain yang benar-benar baru melalui regenerasi. 

  • FreeBio Upper

Pada bagian atas sepatu terbuat dari bahan daur ulang yang alami seperti serat kayu dan kalsium karbonat sebagai alternatif pengganti kulit hewan.

  • Tali sepatu

Koleksi ini terdiri dari 2 set tali sepatu, yaitu JuteFiber yang merupakan tali dapat terurai secara hayati dan 100 persen dapat didaur ulang karena tidak menggunakan pewarna yang dapat membahayakan lingkungan, sehingga dapat mendukung keberlangsungan planet.

Bahan kedua yaitu Rebotilia yang merupakan bahan berasal dari botol PET daur ulang. Bahan ini mampu menghemat sejumlah besar CO2 jika dibandingkan dengan bahan perwarna. Selain itu bahan ini mampu mengurangi masalah plastik di tempat pembuangan sampah dan lautan.

 

 

Sepatu yang mendukung sustainable

Kolaborasi GEOX x ACBC menghadirkan koleksi sepatu klasik untuk pria, wanita, dan anak-anak, kehadiran koleksi ini didukung dengan teknologi yang dibuat secara khusus untuk mendukung sustainable.

GEOX merupakan sebuah perusahaan yang namanya berasal dari gabungan kata Yunani kuno Geo yang berarti bumi, dan huruf X menjadi sebuah simbol teknologi. Sejak awal dibuat nama ini telah merangkum komitmen GEOX untuk mencari inovasi teknologi yang mempromosikan kesejahteraan dan menghargai keberlangsungan planet.

Konsep dari GEOX sendiri adalah pembangunan berkelanjutan serta melindung lingkungan melalui keyakinan yang dilaksanakan sexara khusus untuk melindungi dan menjaga lingkungan. GEOX telah menjali kemitraan bersama WWF pada tahun 2019 untuk mendukung pemulihan spesies yang terancam punah. 

Pada saat yang sama, GEOX semakin gencar memilih metode dan bahan produksi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Harapan yang dimiliki oleh GEOX di masa depan adalah terus mempromosikan konsep keberlanjutan dan mengutamakan pilihan bahan produk berkelanjutan agar dapat mengurangi dampak lingkungan dan membantu planet lebih sehat. 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading