Sukses

Fashion

How To: Mencuci dan Merawat Jeans agar Warna Tidak Pudar dan Awet

Fimela.com, Jakarta Celana jeans, jaket jeans, atau rok jeans adalah jenis pakaian andalan setiap orang. Bahannya yang nyaman digunakan dan tampilannya yang keren dapat dipadu dengan pakaian apapun untuk acara apapun. Pasti setiap orang memiliki jeans di lemarinya. Tak jarang pula ada yang mengoleksi berbagai jenis jeans dalam berbagai model.

Agar fashion item kesukaanmu awet dan selalu tampak baru, tentu harus dirawat dengan baik. Mencuci jeans tidak boleh asal. Cara terbaik untuk merawatnya adalah mencuci sesedikit mungkin. Bila terkena noda, cukup bilas dengan tangan bagian yang kotor saja karena setiap pencucian jeans dapat melunturkan warnanya sedikit demi sedikit.

Namun bila muncul bau tidak sedap dan sudah waktunya mencuci jeans, berikut tips yang dapat diterapkan. 

Tips Mencuci Jeans di Mesin Cuci

Bila jeans sudah kotor dan beraroma tidak sedap, sudah waktunya untuk dibersihkan agar tidak menimbulkan penyakit pada kulit. Cara mencuci jeans menggunakan mesin cuci agar warna tidak pudar adalah seperti berikut:

Persiapkan Jeans

Pastikan kantong jeans tidak tertinggal benda apapun. Pasang resleting dan kancing jeans lalu balik celana jeans hingga bagian dalam celana berada di luar. Hal ini guna meminimalkan abrasi yang menyebabkan warna pudar.

Cuci dengan Air Dingin

Air panas dalam mensin cuci dapat lebih mudah melunturkan warna, maka dari itu disarankan untuk menggunakan air dingin. Bila jeans pertama kali dicuci, usahakan untuk mencucinya sendirian atau tidak bersama pakaian lain. Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak menggunakan detergen.

Jangan Dicuci Terlalu Lama

Mencuci jeans dengan kecepatan sedang dan dalam waktu sebentar sudah cukup untuk membuat jeans kembali bersih. Terlalu banyak putaran akan merusak bahan jeans.

Jangan Gunakan Pengering

Hindari mengeringkan jeans menggunakan pengering. Jemur jeans dan biarkan ia mongering dengan suhu udara. Menggunakan pengering akan membuat jeans menjadi lebih ketat. Jemur dan hindari terpaan sinar matahari langsung agar tidak merubah warna asli jeans.

Tips Mencuci Jeans dengan Tangan

Gunakan Air Hangat

Berbeda dengan saat menggunakan mesin cuci, mencuci dengan tangan akan lebih baik bila menggunakan air hangat. Persiapkan jeans agar kantong bersih dan posisi terbalik seperti saat mencuci dengan mesin cuci, lalu rendam pada air hangat.

Rendam Selama 1 Jam

Selama merendam jeans, gunakan sedikit detergen. Rendam jeans selama 1 jam, cuci ringan dengan tangan lalu bilas seperti biasa.

Jemur Pada Suhu Normal

Jemus jeasn dengan suhu normal ruangan akan lebih baik daripada langsung terkena sinar matahari. gantung celana jeans lurus ke bawah agar tidak merubah bentuk dan tekstur jeans.

Itu dia tips merawat jeans agar awet dan warna tetap seperti baru. Selamat mencoba!

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

What's On Fimela
Loading