Sukses

Fashion

Kolaborasi Batik BINhouse yang Legendaris di Kain Sutra Korea Selatan Asal Jinju

Fimela.com, Jakarta Sebagai penghasil wastra nusantara, karya BINhouse dikenal dengan karyanya yang legendaris dengan nilai heritage tinggi. Batik menjadi salah satu koleksi kain BINhouse yang terkenal hingga menarik perhatian banyak pecinta fashion.

Karya legendaris BINhouse kini tidak hanya diaplikasikan dan dikenakan secara tradisional. Melalui kerja sama dengan Yayasan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jinju, batik karya BINhouse bisa dinikmati di atas kain sutra Korea Selatan asal Jinju.

Jinju sendiri dikenal sebagai daerah di Korea Selatan yang merupakan salah satu penghasil kain sutra terbaik di dunia. Ingin memperkenalkan sutra Jinju ini kepada masyarakat Indonesia, Yayasan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jinju memadukan batik Indonesia dan Jinju Silk dalam sebuah program kolaborasi yang berjudul “Kisah Batik Indonesia dan Jinju Silk”.

Terdiri dari lima look, karya kolaborasi BINhouse dan Jinju Silk bisa dinikmati para pecinta fashion tanah air selama dua hari, yakni 11-12 November 2022 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Motif batik yang dipilih merupakan batik yang berasal Jawa Tengah berupa titik-titik dan lurik yang kemudian diaplikasikan pada kain sutera produksi Jinju Silk.

 

Batik BINhouse di kain sutra Korea Selatan

CEO BINhouse Josephine Komara mendesain motif batik yang diapliaksikan pada Jinju Silk. Sementara desainer asal Korea Selatan Park Seon-ock merancang Hanbok modern dengan motif batik dari BINHouse. Park Seon-ock mengaku belajar langsung dari BINHouse untuk pengenalan motif batik yang diaplikasikan pada koleksinya.

Ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO membuat Batik dipilih menjadi kain yang dipadukan dengan oleh Jinju Silk.

“Kota Jinju yang ditetapkan sebagai Kota Kreatif dalam bidang kerajinan dan kesenian rakyat oleh UNESCO adalah gudang harta berupa konten budaya," kata Direktur Yayasan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jinju, Min Won-sik.

Dalam galeri akan dipamerkan pula Hanbok artis-artis Korea Selatan karya desainer Park Seon-ock dan Hanbok Dal Hangari hasil kolaborasi dengan Kim Yeon-ah. Program pengalaman budaya seperti mencoba pakaian Hanbok Jinju Silk bagi pengunjung umum juga akan dipersiapkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading