Sukses

Fashion

Kolaborasi Kami. x Sarah Sofyan Rilis Koleksi dengan Motif Batik Jakarta yang Modern

Fimela.com, Jakarta Brand modest fesyen lokal Kami. melalui lini produk premiumnya, Kami. First meluncurkan koleksi terbaru berkolaborasi dengan influencer Sarah Sofyan yakni, Sloka Collections. Berbeda dari biasanya, koleksi kali ini hadir dengan berbagai motif batik Jakarta yang dikemas menjadi modern look dengan tetap mengutamakan elemen tradisional di dalamnya.

Kata ‘Sloka’ dalam koleksi ini sendiri diambil dari bahasa Sansekerta. Dimana artinya merujuk pada bentuk puisi Melayu yang dikenal dengan pantun, sebagai bentuk kebebasan berekspresi dan kolaborasi.

Istafiana Candarini atau Irin selaku Co-Founder dan Director dari Kami. menjelaskan dengan menggabungkan kedua makna tersebut, Sloka Collection ini ingin menampilkan harmonisasi elemen tradisional dan modern pada motif Batik Jakarta.

“Pada koleksi Sloka ini, Kami. berkolaborasi dengan Sarah Sofyan untuk mengenalkan kembali kecantikan dari budaya Jakarta kepada #KamiPeople. Terlebih motif pada karya ini menggambarkan harmonisasi motif batik Jakarta yang saling melengkapi dan membentuk keindahan komposisi ilustrasi batik,” ungkap Irin dalam acara peluncuran Sloka Collection yang digelar di  Senayan City, Jumat (25/11/2022).

 

Ragam Motif Batik Jakarta dalam Siluet Modern

Menghadirkan motif wastra dalam koleksi premiumnya bukanlah yang pertama bagi Kami. Namun kali ini, koleksi Sloka hadir dengan warna yang kontras, diluar dari ciri khas Kami. yang dikenal dengan warna  earth tone.

“Ini kolaborasi ketiga Kami. yang lebih menantang dengan warna berani. Karena biasanya Kami. lebih ke arah earth tone. Dengan batik Jakarta, kita hadirkan koleksi yang lebih terang dan eye catching,” lanjut Irin.

Motif-motif batik seperti Buketan, Geometri Kembang Kelapa, Bondol, Monogram Bondol, serta Monogram Lace dibubuhkan dalam setiap potongan koleksi Sloka yang terdiri dari outer, blus, dress, celana kulot hingga tunik. Selain motif batik Jakarta, adapula elemen yang merepresentasikan kota Jakarta.

Motif batik Jakarta yang dicetak di atas material organza, lace dan silk membuat koleksi Sloka terlihat lebih modern. Ditambah dengan aksen beads pada kerah. Cocok untuk para perempuan yang ingin tampil elegan di acara-acara formal.

Berfokus Pada Fleksibilitas

Menariknya, koleksi Sloka ini berfokus pada fleksibilitas yang bisa di-styling dengan berbagai macam gaya, mulai dari formal looks hingga daily wear.

Seperti misalnya mix and match top dari Sloka Collections dengan kain tenun untuk acara formal, hingga padanan top Sloka Collection dengan palazzo pants untuk daily wear.

Dengan demikian Kami. dan Sarah Sofyan selaku kolaborator berharap Sloka Collections bisa menjadi wadah mengekspresikan gaya sekaligus melestarikan budaya Indonesia, khususnya batik yang selama ini dianggap kuno dan hanya bisa digunakan untuk acara-acara tertentu saja. Melalui koleksi ini, Kami. juga berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap identitas dan warisan budaya.

“Kami meluncurkan Sloka Collection ini adalah untuk lebih mendukung dan melestarikan budaya betawi agar bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, sehingga kebudayaan ini bisa dirasakan oleh berbagai generasi nantinya,” tandas Sarah Sofyan.

What's On Fimela
Loading