Sukses

Fashion

Balenciaga Tuntut Ganti Rugi Rp392Miliar Setelah Dikritik Soal Iklan Baju Anak dengan Boneka BDSM

Fimela.com, Jakarta Kritik yang ditujukan untuk Balenciaga atas iklan baju anak dengan boneka BDSM berujung pada tuntutan yang diajukan oleh Balenciaga sendiri. Mengutip dari New York Post, Balenciaga mengajukan tuntutan ganti rugi sebesar 25 juta dollar AS atau sekitar Rp392 miliar kepada tim kreatifnya.

Balenciaga menuntut ganti rugi kepada tim kreatif kampanye atas iklan koleksi baju anak mereka yang menghebohkan industri fashion. Menurut dokumen pengadilan, iklan tersebut masuk ke dalam dugaan pornografi anak.

Gugatan yang diajukan Balenciaga atas iklan produknya sendiri memang menuai tanda tanya. Gugatan tersebut secara langsung ditujukan ke perusahaan produksi North Six, Inc. Dalam dokumen pengadilan yang berisikan dua halaman itu tidak disebutkan soal boneka BDSM.

 

 

Tuntut vendor

Balenciaga membawa kasus ini ke jalur hukum lantaran kerugian yang dialami rumah mode setelah menyewa perusahaan untuk menggarapan kampanye iklan. Balenciaga mengklaim North Six beserta desainer mereka, Nicholas Des Jardins menyertakan gambar dalam kampanye tanpa sepengetahuannya.

"Sebagai akibat dari kesalahan terdakwa, anggota masyarakat, termasuk media, telah secara salah dan mengerikan mengaitkan Balenciaga dengan subjek keputusan pengadilan yang menjijikkan dan sangat mengganggu," sambung surat dakwaan pengadilan.

"Terdakwa bertanggung jawab pada Balenciaga atas semua kerugian yang diakibatkan asosiasi palsu ini."

 

Berniat tampilkan koleksi untuk hadiah akhir tahun

Secara terbuka, Balenciaga pun telah meminta maaf karena menampilkan potret anak-anak yang memegang boneka beruang yang mengenakan perlengkapan BDSM untuk kampanye iklan terbaru mereka. Gambar yang dikaitkan dengan kampanye Balenciaga Gift Shop itu menampilkan anak kecil yang mengenakan koleksi Balenciaga Kids.

Sebenarnya kampanye ini bertujuan untuk mengulangi seri Toy Stories yang menjadi eksplorasi terhadap apa yang orang cari sebagai hadiah. Terdiri dari peralatan rumah tangga, pakaian hewan peliharaan, wewangian, dan barang sehari-hari lainnya.

What's On Fimela
Loading