Sukses

Fashion

Revolusi Industri Tekstil Berkelanjutan: Kolaborasi Lenzing dengan NFW Menghadirkan Serat Bermerek TENCEL™

Fimela.com, Jakarta Tekstil menjadi salah satu industri yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Industri ini menghadirkan produk tekstil mulai dari bentuknya yang sederhana, ringan, dan kuat yang dibuat dari bahan yang berbeda seperti serat alam, bahan sintetis, atau campuran keduanya.

Tekstil menjadi salah satu bagian penting dalam proses pembuatan fashion seperti baju, tas, pakaian, dan sepatu. Dilansir dari Textile Today, dalam beberapa tahun terakhir ini, industri tekstil telah berkembang dengan teknologi dan inovasi baru yang menghasilkan tekstil yang berkualitas lebih tinggi, lebih tahan lama, dan lebih ramah lingkungan.

Salah satu inovasi terbaru dalam industri tekstil adalah menghadirkan serat bermerek TENCEL™ sebagai opsi pendukung lain bagi teknologi berbasis tumbuhan yang telah dipatenkan oleh NFW, MIRUM® dalam kolaborasi bersama Lenzing Group. TENCEL™ menghadirkan tekstil bebas dari plastik dan terbuat dari bahan-bahan alam seperti karet alam, pigmen tumbuhan dan mineral, minyak dan lilin nabati, serta alas kain alami.

Kolaborasi MIRUM® x TENCEL™ ini akan dipamerkan di pameran kulit internasional, LINEAPELLE, yang akan berlangsung pada tanggal 21 – 23 Februari2023 di Milan, Italia.

 

 

MIRUM® X TENCEL™ selalu menggunakan bahan alami dalam proses pembuatan tekstil

MIRUM® merupakan bahan tekstil berkelas yang dikategorisasi unik dan biasa diaplikasikan untuk aksesori, fashion, alas kaki, otomotif hingga peralatan rumah tangga yang mewah. Sedangkan, serat TENCEL™ berasal dari sumber kayu yang berkelanjutan dan diproduksi menggunakan proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

MIRUM® menjadi tekstil yang benar-benar bebas dari plastik serta terbuat dari karet alam, pigmen nabati, mineral, minyak nabati,lilin, serta alas kain alami. MIRUM® juga tetap berkomitmen untuk membuat tekstil hanya menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu, pengikat PU yang khas dari sebagian besar jenis kulit, MIRUM® menggunakan karet alam dan minyak nabati sebagai pengikatnya.

Disamping itu, NFW melakukan penggabungan keragaman bahan alami seperti arang bio based, tanah liat, bubuk gabus, sekam padi, serabut kelapa, denim daur ulang atau rumput laut untuk mengembangkan warna atau menambah daya tarik visual. Di setiap akhir siklus tekstil NFW, produk yang dibuat dengan MIRUM® dapat didaur ulang dan menjadi MIRUM® baru atau bisa juga digiling dan dikembalikan ke bumi.

Sedangkan serat TENCEL™ dapat dijadikan kompos karena sifatnya yang mampu terurai secara alami, sehingga memungkinkan produk jadi dapat disirkulasikan sepenuhnya. Kolaborasi ini menciptakan alternatif berkelanjutan yang unik untuk aplikasi kulit karena serat TENCEL™ dan MIRUM® cukup serbaguna untuk digunakan dalam berbagai aplikasi.

“Di NFW, kami percaya bahwa materi tumbuhan adalah satu-satunya bahan yang dapat digunakan untuk menggantikan plastik. Sejak awal, MIRUM® telah dirancang untuk memberi manfaat bagi planet kita. Dengan menambahkan kain yang terbuat dari TENCEL™ ke dalam MIRUM®, kami juga dapat meningkatkan ketertelusuran bahan, sekaligus menjamin kenyamanan di kulit. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan merek TENCEL™ dan kami akan terus menciptakan alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk industri mode,” ujar Oihana Elizalde selaku Wakil Presiden dan Manajer Umum MIRUM® di NFW seperti tertulis dilansir dari Tencel.com.

MIRUM® X TENCEL™ menghadirkan tekstil yang nyaman dan berkualitas tinggi

MIRUM® sering dijadikan sebagai pilihan ideal bagi desainer atau brand yang ingin mengurangi jejak lingkungan dan memperluas palet kreatif mereka. Hal ini dikarenakan serat TENCEL™ merupakan serat lembut dan nyaman di kulit serta dengan pengelolaan kelembapan yang luar biasa. Menambahkan bahan pendukung yang terbuat dari serat TENCEL™ ke MIRUM® tidak hanya menciptakan opsi yang benar-benar berkelanjutan, tetapi juga meningkatkan tingkat kenyamanan produk yang dibuat dari alternatif kulit.

“Kemitraan ini menjadi contoh sempurna tentang bagaimana kombinasi serat TENCEL™ kami yang berkelanjutan dan material inovatif seperti MIRUM® dapat melampaui tekstil tradisional. Kami yakin bahwa bahan serbaguna ini akan disukai oleh mitra brand atau desainer dalam menciptakan produk fashion seperti merek alas kaki, busana, aksesori, furnitur, bahkan industri otomotif,” kata Birgit Schnetzlinger selaku Head of Business Development Functional Wear and Footwear, Global Textiles Business di Lenzing AG.

Lenzing dan NFW akan menampilkan produk mereka di LINEAPELLE 2023, Hall 9, booth H02, termasuk material MIRUM® baru yang didukung dengan oleh serat TENCEL™ dan Allbirds Plant Pacer yang akan dipamerkan. Produk ini juga telah tersedia secara global serta produk alternatif kulit ‘MIRUM® x TENCEL™’ akan ditambahkan ke Layanan E-Branding Lenzing tahun ini.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading