Sukses

Fashion

Diary Fimela: Merintis Bisnis dari 0 Rupiah Bersama Kembaran

Fimela.com, Jakarta Membangun bisnis tentu tidak semudah yang dibayangkan. Perlu persiapan, keinginan, dan modal yang besar supaya bisnis yang dibangun dapat berkembangan. Namun, berbeda dengan Priyanca Sonia dan Priyani Sonia. Dua perempuan kembar yang sudah berusia 27 tahun dan bekerja untuk menjalankan bisnis yang dibangunnya yaitu By.floria.

By.floria telah berdiri sejak mei 2022. Awalnya Priyanca dan Priyani hanya menjadi reseller sebuah produk, tetapi melihat ramainya minat para pembeli mereka melihat adanya peluang untuk membangun bisnis sendiri. Akhirnya mereka memutuskan untuk memproduksi sendiri dengan menjual produk yang lebih spesifik dan berfokus pada outer kebaya modern dan dress kebaya modern yang disukai dan diterima baik oleh masyarakat membuat mereka enjoy menjalani bisnisnya.

Memasuki usia 27 tahun bagi mereka dapat menjadi alasan dan kesempatan untuk mengembangkan bisnis ini karena banyaknya undangan dari teman-teman mereka yang sudah menikah sehingga By.floria dapat menjadi pilihan yang cocok. Tak hanya itu, memiliki kesenangan akan mix and match baju kebaya terutama outer kebaya yang dapat digunakan untuk beberapa outfit membuat mereka semakin yakin untuk membangun bisnis ini.

 

 

Berangkat dari Reseller Kini Memiliki Usaha Sendiri

Memiliki harapan supaya bisnisnya dapat semakin bertumbuh dan berkembang, Priyanca dan Priyani memberikan nama untuk bisnisnya yaitu By.floria, “floria” diambil dari kata floral yang berarti tumbuhan yang bisa bertumbuh dan berkembang. 

Keinginan untuk terus bertumbuh dan berkembang dibuktikan oleh Priyanca dan Priyani dengan yang awalnya hanya menjadi reseller, mereka berani untuk keluar dari zona nyaman untuk dapat berkembang sendiri bahkan dua perempuan kembar ini tidak mengeluarkan sepeser pun modal untuk membangun By.floria karena modalnya berasal dari uang hasil selama 1 bulan menjadi reseller. Namun, kini Priyanca dan Priyani telah berhasil menjual 800 hingga 900 produk dalam satu bulannya. 

Kini By.floria telah memiliki 16 produk yang di mana payet yang terdapat dalam produknya merupakan payet yang dijahit sendiri. Payet yang dijahit sendiri membuat By.floria menjadi berbeda dengan produk serupanya. Namun, walau begitu By.floria tetap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang bagus. 

“Di sini kita juga menjual produk-produk di harga yang lebih kompetitif dibanding kompetitor yang menjual produk yang serupa, bagaimana caranya untuk membuat produk dengan kualitas yang bagus dan high fashion tapi dijual dengan kisaran harga yang worth it dan affordable,” ujar Priyanca Sonia dan Priyani Sonia, owner By.floria. 

 

 

Produksi dan Terbatasnya Bahan Menjadi Tantangan untuk By.floria

Awalnya Priyanca bersama kembarannya Priyani hanya mengurus bisnisnya berdua saja, tetapi seiring berjalannya waktu kini mereka telah memiliki tim yang terdiri dari 4 orang dengan 2 orang yang bekerja untuk menjahit payet, 1 orang untuk menyiapkan bahan yang akan dikirim ke konveksi, dan 1 orang untuk packing pesanan. Namun, dua perempuan kembar ini tetap turut campur tangan dalam membantu mem-packing pesanan dan menjadi admin untuk melayani para pembeli.  

Walaupun belum genap setahun, tetapi Priyanca dan Priyani telah mengalami beberapa tantangan dalam menjalani bisnisnya. Mulai dari motif yang terbatas dari supplier hingga konveksi yang terkadang tidak bisa selesai dalam waktu yang ditentukan. Namun, mereka tetap memberikan yang terbaik untuk para pembeli, salah satunya dengan mengimbangi motif yang terbatas dengan produksi produk. Meng-endorse para content kreator menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh mereka supaya membuat By.floria semakin dikenal.

Priyanca Sonia dan Priyani Sonia juga berharap supaya ke depannya bisnisnya semakin berkembang hingga dapat membuka offline store. Tak hanya itu, mereka juga dapat menjadikan By.floria untuk membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat dan semakin dikenal secara luas serta dapat bersaing secara nasional.

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading