Sukses

Fashion

Tips Aman Berburu Tas Preloved Branded Secara Online, Pemula Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Bila dulu banyak orang gengsi memakai tas preloved atau bekas, saat ini telah terjadi pergeseran nilai yang cukup signifikan. Tas preloved branded kini semakin diminati.

Hal ini diungkap oleh Aliya Amitra, selaku Co-founder dan COO Tinkerlust. Menurutnya, meningkatnya kesadaran akan isu sustainable fashion menjadi salah satu alasan mengapa tas preloved branded banyak diburu. 

“Barang second-hand ini growing sekali, terutama pada generasi muda ini sangat aware sama masalah sustainability. Model trifting udah ada di mana-mana. Bahkan luxury brand di luar sana udah mulai upcycling itu menjadi suatu keharusan,” kata Aliya saat dijumpai Fimela di bilangan Jakarta Selatan, (14/3).

Seperti yang diketahui, industri fashion merupakan salah satu penyumbang limbah terbesar kedua di dunia. Dengan membeli tas preloved branded, menjadi upaya memperpanjang umur fashion mereka.

Seiring perkembangan media sosial, membeli tas preloved branded semakin mudah. Namun, kenyataan di lapangan banyak tas tiruan yang diperjual belikan. Karena itu kamu perlu berhati-hati jika ingin membelinya. Berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan sebelum membeli tas preloved branded.

 

Cek Kualitas Barang

Keaslian tas branded bisa dilihat dari kualitasnya. Aliya menuturkan, setiap barang branded pasti memiliki ciri khasnya yang menjadi pembeda dan tidak bisa ditiru oleh barang palsu. Untuk itu, kamu perlu melakukan riset sebelum memutuskan untuk membelinya.

“Luxury bag itu punya ciri khasnya,  baik segi dari kulitnya maupun hardwarenya, itu penting banget dilihat. Selain itu, jangan lupa cek juga apakah ada kartunya dan lain-lain. Itu poin pertama yang harus diperhatikan,” terang Aliya.

Membeli di Toko Terpercaya

Tips selanjutnya yang harus kamu pahami adalah selektif memilih toko tas preloved branded. Toko harus memiliki kredibilitas yang tinggi dan dipastikan menjual tas preloved branded yang asli supaya kamu tidak gigit jari.

“Karena yang menjual tas preloved branded itu sudah banyak di mana-mana, jadi harus diperhatikan track-record toko dan penjualnya,” tutur Aliya.

Salah satu rekomendasi toko tas preloved branded yang bisa kamu pilih adalah Tinkerlust, sebuah marketplace untuk jual beli preloved luxury fashion pria dan wanita terpercaya di Indonesia. 

Tinkerlust menjamin keaslian barang dengan melibatkan kurator perusahaan maupun beberapa pihak ketiga dari luar negeri yang dapat mengeluarkan sertifikat keaslian barang yang dijual.

 

Aplikasi Preloved Luxury Fashion

Setelah sekian lama hanya hadir di website Tinkerlust.com, kini Tinkerlust melebarkan sayap dengan merilis aplikasi mobile luxury fashion pertama di Indonesia. Samira Shihab, Co-founder dan CEO Tinkerlust berharap, aplikasi ini  dapat memberikan lebih banyak lagi kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

“Dengan adanya aplikasi mobile, para seller akan lebih mudah lagi untuk menjual produknya di marketplace kami dan turut menjadi bagian penting untuk fashion berkelanjutan,” kata Samira.

 

Tinkerlust yang sudah berdiri sejak tahun 2016 bercita-cita untuk memperkenalkan cara berbelanja yang lebih baik serta ramah lingkungan. Di tahun 2020, Tinkerlust mengubah posisi nya menjadi online marketplace yang mendukung gerakan sustainable fashion dengan mengajak brand lokal yang memiliki nilai yang sama untuk menjual produknya di website Tinkerlust. 

“Tinkerlust bukan sekedar sebagai platform jual beli namun sebagai enabler untuk semua pecinta fashion turut serta sebagai pelaku circular economy dan fashion sustainability,” terang Aliya.

Dalam aplikasi ini, tersedia pilihan untuk membeli berbagai produk fashion mewah dengan kualitas baik dan pilihan untuk menjual produk dengan navigasi yang mudah. Pengguna juga bisa melihat unggahan konten dan koleksi terbaru melalui fitur Stories. Serta fitur filter untuk mempermudah pengguna mencari barang yang diinginkan dari segi merek, warna, ukuran, hingga harga.

Tersedia juga fitur obrolan dengan penjual untuk menanyakan lebih jauh terkait barang yang diinginkan. Aplikasi Tinkerlust kini sudah bisa diunduh secara gratis melalui Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading