Sukses

Fashion

Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Dukung Kebaya Goes To UNESCO?

Fimela.com, Jakarta Kebaya resmi didaftarkan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak benda, bersama dengan empat negara ASEAN lainnya yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Hal tersebut juga harus dibarengi dengan kegiatan nyata untuk mendukung kebaya ke UNESCO yang bisa kita lakukan. 

Seperti yang diungkap Ketua Umum PERNIK Nusantara Coreta Louise. Kegiatan nyata yang dilakukan komunitasnya adalah mengenakan kebaya. Selain itu, PERNIK Nusantara juga mengadakan talkshow ‘Ekstistensi Kebaya Masa Kini’ bersama Heti Sunaryo, perias pengantin tradisional yang khatam pakem kebaya dan desainer fashion Didiet Maulana yang juga melakukan penelitian pada kebaya Indonesia.

 

“Sekarang di era ini, eksistensi kebaya dipertanyakan. Apakah seluruh masyarakat kita khususnya para perempuan sudah mengenakan kebaya di setiap acara? Selain itu, kami juga ingin menyampaikan pada masyarakat untuk lebih tahu dan mengenal tentang kebaya, terutama para generasi muda,” ujar Coreta Louise di hotel Ambhara, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Hari Kebaya Nasional

Berbagai komunitas dan perkumpulan kebaya juga ingin pemerintah menetapkan hari khusus untuk beya. Jika Hari Batik dan Hari Tenun sudah disahkan, mereka meminta agar juga diadakan Hari Kebaya Nasional.

“Itu juga bisa sebagai langkah, sehingga pada saat itu, semua orang mengenakan kebaya. Kami berusaha untuk merealisasikan penetapan tersebut,” lanjutnya.

Ragam Model Kebaya

Indonesia sendiri sangat kaya dengan ragam model kebaya dari berbagai daerah. Ada kebaya Kartini, Kutubaru, kebaya Noni, dan lain sebagainya.

Tapi hingga kini belum secara spesifik didaftarkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional, padahal itu menjadi salah satu syarat untuk bisa didaftarkan ke UNESCO. Menurut Coreat, kebaya Indonesia yang terdaftar saat ini baru dua model yakni Kebaya Krancang dari DKI Jakarta dan Kebaya Laboh dari Kepulauan Riau.

Selain talk show, acara tersebut juga dimeriahkan dengan fashion show kebaya Roemah Kebaya Vielga, Afif Syakur dan Royal Sulam by Amy Atmanto. Serta ada exhibition para pelaku usaha UMKM di antaranya , Kanakilla, Nila  Wastra Nusantara dan Amero Jewelry.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading