Sukses

Fashion

Diary Fimela: Tugas Kuliah Jadi Ladang Bisnis Fashion yang Menghasilkan Begini Ceritanya

Fimela.com, Jakarta Keinginan untuk tampil sebaik mungkin dalam setiap momen atau kesempatan, biasanya terhalang oleh kendala biaya. Baju kualitas terbaik yang mahal, atau susahnya akses mendapatkan pakaian sesuai yang diinginkan.

Memahami hal ini, Resya, memulai perjalanan bisnis fashion yang diberi nama Floral.id Official. Brand ini dihadirkan untuk menjadi jawaban dari kebutuhan para wanita mendapatkan produk fashion dengan harga yang terjangkau. Menariknya, perjalanan Resya ini dimulai dari bangku kuliah.

“Saat itu saya mencari ide bisnis untuk mata kuliah kewirausahaan. Sekalian, tak hanya untuk tugas saja tapi sekaligus menambah uang jajan,” ungkapnya.

Tak berhenti di dalam kelas saja, Resya tekun melanjutkan bisnis ini dan kemudian dibantu pula oleh Dino, sang kekasih.

“Saya melihat bisnis fashion wanita ini sangat potensial, dibandingkan bisnis lain yang juga pernah ia jalankan, Floral.id Official ini lebih punya masa depan,” katanya.

Nama Floral.id Official sendiri bukan tanpa alasan, produk awal yang ditawarkan bernuansa bunga. Namun seiring berjalannya waktu, Resya mengatakan tentu harus lebih realistis karena tren fashion semakin berkembang.

“Floral” kini melambangkan rangkaian koleksi Floral.id Official yang selalu fresh dan mengikuti tren.

Perjuangan Dalam Berbisnis

Dalam membangun Floral.id Official, prosesnya tak selalu berjalan dengan mulus. Tak hanya sekali dua kali saja pasangan suami istri ini mengalami sandungan. Namun, pengalaman ini tak menyurutkan usaha Resya dan Dino. 

“Beberapa kali kami ditipu orang, mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Tapi di balik dukanya, sukanya juga ada. Pengalaman tidak enak ini juga malah jadi guru dan mentor,” lanjut Dino. 

Konsistensi menjadi kunci dalam perjuangan Resya dan Dino ini. Satu hingga dua tahun pertama belum bisa dibilang berbisnis, masih ada trial and error. Beberapa tahun berikutnya bisa dibilang masih berjuang. “Kami tak bisa setengah-setengah dalam bisnis ini,” ungkap Dino.

Namun, dii balik usaha dan komitmen couplepreneur ini, berbagai pencapaian juga telah didapat. Salah satunya, jumlah followers yang makin besar dan bisa menyediakan koleksi terbaru dengan tetap mengikuti tren fashion yang cepat berkembang. Floral.id Official sendiri selalu mengeluarkan koleksi terbaru setiap minggunya dengan mengikuti tren fashion muslim yang sedang ada.

“Setiap minggu bisa 5 sampai 10 koleksi baru, dengan pilihan bahan berkualitas,” jelas Dino.

Selain itu, Floral.id Official juga berusaha untuk membangun geliat ekonomi lokal. Brand ini memanfaatkan sumber daya lokal dengan hasil yang bagus sebab ada banyak potensi sumber daya manusia yang bisa dimanfaatkan di sana. 

“Kami menggunakan bahan-bahan berkualitas dari produksi lokal dan mempekerjakan karyawan yang berasal dari daerah kami.  Bahkan, Floral.id Official bisa jadi wadah untuk mereka yang kehilangan pekerjaan juga, terutama akibat pandemi.”jelas Dino dan Resya yang tinggal di daerah Bogor ini. 

Floral.id Official juga bekerja sama dengan 800-an reseller yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. “Mereka dapat katalog produk Floral.id Official serta kesempatan untuk tahu lebih dulu koleksi terbaru yang akan diluncurkan,” ujar Resya. 

Dengan permintaan yang begitu banyak, Floral.id Official berusaha untuk terus memenuhi keinginan para pelanggan setianya.  Floral.id Official menawarkan rangkaian produk fashion muslim untuk wanita, mulai dari atasan, rok, setelan, kerudung, hingga aksesori seperti tas dan sepatu. 

“Mulai dari Rp25.000 saja sudah bisa dapat produk Floral.id Official. Kerudung sendiri tersedia mulai dari Rp15.000,” kata Resya.

Untuk pilihan model, tak perlu diragukan lagi karena setiap minggunya selalu ada yang baru juga dengan variasi warna yang banyak. Untuk ukuran, Floral.id Official menyediakan pakaian ukuran all size yang sudah disesuaikan untuk perempuan dengan berat badan 40 hingga 75 kilogram.

Koleksi Ramadan

Di Bulan Ramadan, Floral.id Official juga sudah menyiapkan koleksi spesial yang diluncurkan pada akhir Maret 2023 berbarengan dengan momen awal puasa. 

“Akan ada 7 koleksi khusus seperti abaya, outer, dan tunik. Setiap koleksi juga akan ada promo belanja yang berbeda,” kata Resya.

Yang menarik, Raya Collection dari Floral.id Official ini juga akan menjadi bagian dari acara Ramadan Runway yang akan berlangsung di Mall Kota Kasablanka, Jakarta bersama dengan koleksi dari para desainer kenamaan. Saat ini, produk Floral.id Official bisa dibeli lewat online.

What's On Fimela
Loading