Sukses

Fashion

Cara Mengembalikan Warna Sepatu Putih yang Sudah Menguning

Fimela.com, Jakarta Sepatu adalah salah satu hal yang cukup penting untuk mendukung penampilanmu sehari-hari. Ada banyak jenis sepatu yang bisa digunakan dan membuat penampilanmu semakin menarik. Tidak hanya dari jenisnya saja, namun dari warnanya pun bisa jadi menarik. Oleh karena itu, kamu harus memilih warna sepatu yang cocok dengan penampilanmu agar semakin menarik.

Warna sepatu yang sering dipilih adalah sepatu warna putih. Namun sayangnya sepatu warna putih mudah sekali kotor dan lama kelamaan akan menguning. Sebenarnya sepatu putih yang menguning itu wajar, apalagi kalau sudah kamu pakai selama bertahun-tahun. Namun sepatu putih yang menguning membuat penampilan jadi kurang menarik.

Bagaimana cara mengembalikan warna sepatu menjadi kembali putih? Yuk simak artikel berikut ini dan coba praktekkan agar sepatumu yang menguning bisa kembali putih.

1.Gunakan Pemutih Pakaian

Menggunakan pemutih pakaian merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu coba. Namun, yang harus diperhatikan, bahan ini bersifat korosif dan sebenarnya tidak terlalu baik jika sering menggunakannya. Dalam penggunaannya pun kamu harus lebih hati-hati.

Dalam memanfaatkan pemutih, kamu tentu tak boleh memakai tangan kosong. Ambil sikat gigi untuk mengoleskan ke sepatu dan menggosokkannya secara perlahan, lalu bilas dengan air bersih.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi bisa membantu gigi kita agar tetap putih dan kuat apabila kita rajin menyikat gigi setiap hari. Fungsi ini juga bisa berlaku jika kita menggunakannya untuk keperluan membersihkan sepatu putih.

Kamu bisa memanfaatkan pasta gigi yang dioleskan secukupnya pada bagian sepatu yang kotor atau menguning. Setelah itu, gosok perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air.

3. Penghapus

Penghapus tidak hanya berguna untuk keperluan mendukung peralatan menulis. Kamu bisa memanfaatkan penghapus untuk membantu membersihkan sepatu berwarna putih. Selain mudah didapat, alat ini juga terbilang ampuh dan praktis dalam membersihkan noda yang tidak terlalu banyak.

Namun, apabila sepatu putih kamu berbahan suede, sebaiknya gunakan penghapus khusus agar bisa lebih bersih secara maksimal.

4. Soda Kue

Cara selanjutnya adalah dengan mencampur soda kue / baking soda dan cuka yang dicampur dengan air panas hingga berubah tekstur seperti pasta. Aduk di dalam mangkuk hingga mengental.

Setelah itu, gosok pasta ke permukaan sepatu dengan sikat gigi halus. Diamkan soda menempel di permukaan sepatu hingga 3 sampai 4 jam. Biarkan sepatu di luar agar terkena angin dan mengeras. Setelah lapisan soda kue sudah mengering, kamu bisa mencungkilnya secara perlahan dengan kuku jari.

5. Cuka

Cara ini dilakukan jika cara-cara di atas tidak memberikan hasil maksimal. Kamu bisa gunakan cuka untuk menggosok dengan sikat halus secara perlahan ke permukaan sepatu yang menguning. Kamu bisa lakukan secara perlahan dan berulang hingga kotoran menghilang.

Itulah 5 cara membersihkan sepatu yang sudah mulai menguning. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading