Sukses

Fashion

Cara Repaint Sepatu Untuk Kembalikan Warna Sepatu Seperti Baru

Fimela.com, Jakarta Sepatu adalah salah satu hal yang cukup penting untuk mendukung penampilanmu sehari-hari. Ada banyak jenis sepatu yang bisa digunakan dan membuat penampilanmu semakin menarik. Tidak hanya dari jenisnya saja, namun dari warnanya pun bisa jadi menarik. Oleh karena itu, kamu harus memilih warna sepatu yang cocok dengan penampilanmu agar semakin menarik.

Warna sepatu yang sering dipilih adalah sepatu dengan warna-warna netral, misalnya hitam, putih atau coklat. Saat sepatu masih dalam keadaan baru, tentunya warnanya masih terlihat menarik. Namun setelah digunakan dalam waktu yang lama, warna sepatu biasanya luntur.

Sepatu yang warnanya sudah luntur sebenarnya wajar, apalagi jika sudah digunakan selama bertahun-tahun. Namun sepatu yang luntur bisa membuat penampilan jadi tak lagi menarik. Jangan khawatir, kamu bisa membuat sepatumu tampak baru lagi dengan repaint atau dicat ulang. Simak cara repaint sepatu berikut ini.

Bahan yang Perlu Disiapkan

  • Cat
  • Lakban kertas, untuk menutup bagian-bagian tertentu dari sepatu hingga saat pewarnaan tidak ada cat yang mengenai bagian itu
  • Busa pencuci piring, untuk membantu meratakan cat pada sepatu
  • Kuas ukuran sedang untuk mewarnai permukaan yang besar dari sepatu 
  • Kuas ukuran kecil untuk mewarnai permukaan sepatu yang berukuran kecil
  • Air 
  • Koran bekas , sebagai alas supaya tetesan cat tidak mengenai lantai

Cara Repaint Sepatu

1. Pencucian Sepatu

Sebagaimana yang dilakukan juga pada tempat-tempat repaint sepatu pada umumnya, sebelum dicat sepatu pasti akan dicuci bersih dahulu. Hal ini karena debu dapat mengganggu kerataan dari lapisan cat.

2. Pemilihan Jenis Cat

Ada banyak jenis cat seperti cat minyak, cat air, cat acrylic, cat poster, cat tembok, dll. Dari sekian banyak yang sudah disebutkan itu yang paling cocok untuk mewarnai sepatu adalah cat acrylic. Selain karena masih tergolong murah dan  mudah didapatkan, cat ini juga tidak akan membuat sepatumu mengeras bila nanti sudah kering.

3. Tutupi Beberapa bagian Sepatu Sebelum Mengecat

Bagian utama yang harus ditutup dengan lakban kertas adalah midsole karena noda cat susah dibersihkan. Kamu juga bisa tutup bagian lain tergantung metode pewarnaan yang kamu gunakan.

Bagaimana, mudah kan? Namun jika kamu tak punya waktu untuk repaint sepatu sendiri, kamu bisa serahkan saja pada toko cuci sepatu. Selain ringkas dan menghemat waktu, kemungkinan besar hasilnya lebih rapi karena karyawan yang mengerjakannya tentu lebih berpengalaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading