Sukses

Lifestyle

3 Bahan Penghilang Bau Sepatu yang Mudah Kamu Dapatkan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Bau sepatu yang tidak sedap bukan suatu hal yang menyenangkan. Hal ini yang menyebabkan kaki kita juga bau dan berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri kita saat berhadapan dengan orang lain. Oleh karena itu menjaga sepatu agar tetap bersih dan beraroma segar adalah hal yang penting. 

Selain menggunakan obat penghilang bau sepatu, ada beberapa bahan di rumah yang ternyata bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu, loh. Dilansir dari situs Nike.com berikut ini 3 bahan yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu.

Baking Soda

Bahan yang satu ini memang sudah terkenal mampu menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Baking soda mampu bertindak sebagai pengharum alami yang menyerap bau dan menghilangkan bakteri penyebab bau itu sendiri. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, kamu bisa menerapkan salah satu dari 2 cara berikut ini:

  1. Campur ¼ baking soda, ¼ baking powder, dan ½ cup tepung maizena dan ditaruh di dalam kain sebelum dimasukkan ke sepatu. Bisa juga langsung menyebarkan campuran bahan ini ke dalam sepatu. Biarkan selama semalaman.
  2. Cara paling simpel dengan langsung menaburkan baking soda ke dalam sepatu dan dibiarkan semalaman.

Air Cuka

Cuka mampu menetralkan bau dan melawan bakteri penyebab bau tak sedap di sepatu. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan bahan dapur yang satu ini. Cukup campurkan air cuka dengan air biasa dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan di dalam sepatu dan biarkan mengering. Kalau kamu rajin menyemprotkan cairan cuka dan air ini ke dalam sepatu maka itu akan membuat bau sepatu menjadi segar lebih lama. Untuk memaksimalkan efeknya, bersihkan sepatu baik dari dalam maupun luar sebelum mengaplikasikan cairan.

Sabun

Bahan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu tak sedap adalah sabun. Yap, sabun mandi batangan kamu mampu membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Kamu bisa langsung menaruh sabun batangan ke dalam sepatu dan membiarkannya semalaman. Sabun akan menyerap bau dan menggantinya dengan aroma yang bersih. Pastikan juga sabun batangan yang kamu gunakan benar-benar kering agar tidak mendorong pertumbuhan bakteri lebih banyak. 

3 bahan di atas sangat mudah kita temukan di rumah, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak percaya diri sebab bau sepatu yang tidak sedap. Namun selain itu juga perlu dilakukan pergantian kaus kaki setiap harinya agar tidak menumpuk bakteri serta membersihkan sepatu secara rutin untuk lebih meminimalisir bau yang ditimbulkan.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Rekomendasi Foot Spray Penghilang Bau

Sahabat Fimela bisa menggunakan foot spray untuk mencegah bau kaki. Karena tidak cukup jika hanya menggunakan penghilang bau sepatu saja. Berikut rekomendasi foot spray:

1. The Body Shop Peppermint Cooling & Reviving Foot Spray

Rekomendasi foot spray yang pertama adalah The Body Shop Peppermint Cooling & Reviving Foot Spray, yang memiliki kandungan mint, yang bisa membuat rasa sejuk di kaki dan membantu menghilangkan bau. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 89ribuan.

2. Bali Alus Fresh Foot Spray Cool And Refreshing

Rekomendasi yang selanjutnya adalah Bali Alus Fresh Foot Spray Cool And Refreshing. Kandungan yang terkandung di dalam foot spray ini adalah kandungan bahan alami seperti ekstrak daun sirih, yang bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab bau kaki. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 20ribuan.

3. Guardian Foot Spray

Rekomendasi foot spray yang terakhir, yaitu produk dari Guardian Foot Spray. Selain bisa membantu menghilangkan bau kaki dan melembapkan kaki, kandungan ekstrak daun teh dan mint bisa membuat kaki lebih sejuk. Harga dari produk ini sekitar Rp 20ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading