Sukses

Fashion

Tahilalats Merayakan Keberagaman Seni Melalui Fashion HUT RI-78

Fimela.com, Jakarta 17 Agustus merupakan hari yang paling bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, tanggal ini merupakan tanggal dimana Indonesia menyatakan kemerdekaannya setelah berabad-abad dijajah oleh empat negara (Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, dan Jepang). Demi merayakan hari paling bersejarah ini banyak sekali brand-brand merayakan HUT RI-78 dengan berbagai macam program dan kolaborasi yang menarik, salah satunya di bidang seni.

Di zaman ini, kebudayaan khususnya seni, masih kurang dianggap penting bagi masyarakat Indonesia. Permasalahan perihal seni di Indonesia dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu politik seni, seni sebagai media, dan seni sebagai aset.

Pada dasarnya, masyarakat Indonesia masih intoleran terhadap produk-produk yang dihasilkan dalam negeri karena dianggap kualitasnya tidak sama dengan produk impor. Selain itu, di Indonesia sendiri mata pelajaran yang membahas tentang seni lokal di Indonesia sangatlah sedikit, bahkan tidak semua sekolah menengah pertama menyediakannya. Hal yang perlu diperhatikan dalam mempertahankan seni Indonesia adalah melalui SDM pengelolaan budaya. Jika tidak ada SDM khusus yang berfokus ke seni lokal Indonesia bagaimana caranya masyarakat Indonesia akan paham betul dengan keberagaman Indonesia.

Namun, berdasarkan data yang disebarkan oleh Katadata Insight Center (KIC) mengungkapkan bahwa 87,2 persen responden lebih suka untuk mengkonsumsi brand lokal Indonesia. Bukan hanya itu, brand-brand lokal ini juga mengkolaborasikan seni lokal Indonesia dalam setiap produk yang mereka keluarkan.

Maka dari itu Tahilalats ikut serta merayakan HUT RI ke-78 dengan memperkenalkan keragaman seni Indonesia dalam bentuk fesyen.

 

 

Tahilalats dan pencapaiannya

Tahilalats merupakan salah satu karakter dalam comic strip yang dibuat oleh pria asal Bugis bernama Nur Fadli Mursiding. Tahilalats sendiri dibangun karena Nurfadli memiliki kegemaran dalam menggambar. Meskipun dia berlatar belakang lulusan teknik sipil, Nurfadli memang memiliki hobi menggambar.

Karena merasa kurang cocok dengan jurusannya, Nur Fadli Mursiding memutuskan untuk membangun Tahilalats pada tahun 2014.

Di tahun 2022, Tahilalats resmi merilis NFT-nya dengan nama Mindblowon Universe. Bukan hanya itu, Tahilalats juga sempat melakukan kolaborasi dengan brand, seniman, dan musisi internasional. Seperti Coldplay, BTS, dan Rich Brian.

Bukan hanya itu pencapaian dari Tahilalats, melainkan mereka dinobatkan sebagai salah satu pembuat digital konten terbaik tahun 2021 oleh Forbes dan menjadi salah satu kebanggaan tersendiri untuk perkembangan komik di Indonesia.

Per tahun 2022, setidaknya ada 90 brand yang sudah bekerja sama dengan Tahilalats. Maka dari itu, Tahilalats bersama dengan Adidas melakukan kolaborasi istimewah untuk merayakan HUT RI ke-78.

 

 

Kolaborasi demi Indonesia

Demi merayakan HUT RI ke-78 Tahilalats dan Adidas memiliki tujuan utama untuk merayakan keberagaman seni Indonesia dengan mengangkat Bhineka Tunggal Ika sebagai tema utama dalam memperkenalkan seni Indonesia. 

Fesyen yang akan dibuat dalam bentuk T-shirt edisi spesial yang berisikan karakter-karakter khas Tahilalats yang sedang merayakan berbagai macam kegiatan yang identik dengan kebersatuan Indonesia.

“Ilustrasi yang saya buat terinspirasi dari berbagai aktivitas dan budaya Indonesia. Indonesia merupakan negara yang sangat beragam dan penuh dengan hal keren serta inspiratif, itu yang membuat saya sebagai seorang seniman terpukau dan tertantang untuk belajar lebih banyak, serta mengembangkan jati diri saya lebih dalam. Kombinasi ide-ide ini juga terinspirasi dari brand adidas yang telah menemani saya berkarya selama ini,” ujar Nur Fadli Mursiding selaku orang founder dari Tahilalats.

 

 

Kutipan dari kedua belah pihak

Nur Fadli Mursiding juga menekankan kalau projek kolaborasi HUT RI ke-78 akan berisikan gambaran jelas tentang Indonesia yaitu praktik budaya, olahraga, dan juga ekosistem yang menarik. Desain ini juga berdasarkan dari pengalamannya selama tumbuh besar di Indonesia. 

“Harapan saya, kedua desain ini merepresentasikan betapa menarik dan beragamnya negara ini, yang bisa menjadi tempat untuk mendapatkan inspirasi dan melakukan hal-hal keren,” ujar Nur Fadli Mursiding

Perwakilan Adidas Indonesia juga mengatakan kalau hal ini dilakukan sebagai inisiatif Adidas Indonesia untuk memberikan potret dari keberagaman masyarakat Indonesia. 

“kami membuat inisiatif ini untuk merayakan keberagaman masyarakat Indonesia yang tergambar dalam aktivitas sehari-harinya. Lewat Indonesia Country Tee ini kami ingin memberi apresiasi tertinggi bagi masyarakat Indonesia yang dapat selalu hidup berdampingan dalam keberagaman,” ujar Cinita Dewi Mayakatri, Senior Activation Manager dari adidas Indonesia.

Indonesia Country tee ini akan mulai diperjualbelikan pada 4 Agustus 2023 di situs resmi Adidas Indonesia (adidas.co.id) dan toko retail luring dengan harga Rp 600.000.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading