Sukses

Fashion

Lebih dari 200 Rancangan Busana Lulusan ESMOD Jakarta di Pamerkan pada Acara Creative Show 2023, Beragam Desain Menarik Curi Perhatian

Fimela.com, Jakarta ESMOD Jakarta melangsungkan acara tahunnya, Creative Show dengan konsep fashion showdan exhibition yang tahun ini berlangsung pada Tribeca Park, Central Park Mall. Sempatdiadakan indoor pada tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini nuansa yang dihadirkan tampakberbeda dengan memilih lokasi outdoor dan menggunakan long runaway. 

Creative Show 2023, tidak mengangkat suatu tema khusus dengan tujuan untuk memberikankebebasan sepenuhnya kepada mahasiswa/i ESMOD Jakarta terkait koleksinya masing-masing, agar mereka dapat mengekspresikan kreativitas secara maksimal tanpa batas.

Karya dari 89 lulusan ESMOD Jakarta, dari 3 program studi, hadir dalam 222 looks yangdigunakan oleh 222 orang professional models. Tiga program studi di ESMOD Jakarta antaralain, Fashion Design and Creation, Fashion Design and Pattern Making dan InternationalFashion Business. 

“Sebagai fashion education yang telah berpengalaman, kami menampilkan karya-karya inidengan tujuan untuk berbagi dengan masyarakat tentang fashion trend yang populer saat ini,dan karya-karya mengagumkan ini diharapkan dapat dipergunakan oleh masyarakat untukmemenuhi kebutuhan di dunia fashion.” ungkap Nathalia Gunaria, Academic Program Manager ESMOD Jakarta. 

ESMOD merupakan International Fashion Design & Business yang dikenal sebagai salah satu pionir pendidikan fashion di seluruh dunia yang berpusat di Paris, Prancis sejak 1841. Di Indonesia, selain menjadi pionir, lulusan ESMOD Jakarta telah berhasil menciptakan desainer yang menghasilkan busana yang banyak diminati masyarakat sejak 1996. Kini, ESMOD Jakarta Fashion Design and Business telah memiliki program D-4. 

Menggunakan Bahan yang beragam untuk semua koleksi busana

Guillaume Oger selaku Kepala Bagian Pengembangan Kurikulum ESMOD Jakarta menyampaikan untuk bahan yang digunakan variasinya cukup beragam, mulai dari kain tradisional seperti tenun atau batik, hingga bahan-bahan sportswear seperti scuba, nylon, knitwear dan technical fabric yang memiliki fungsi seperti cooling fiber ataupun anti-UV.

Banyak embellishment dan fabric manipulation yang menghadirkan beragam teknik dan keunikan dari karya-karya yang dibuat, dan mereka juga mengembangkan teknik pembuatan pola yang inovatif seperti zero waste atau one-cut pattern.

“Karya-karya ini hadir dan erat kaitannya dengan peran teknologi dan desain konseptual, misalnya dengan penggunaan 3D Printing hingga penggunaan sosial media sebagai media promosi serta pembuatan dibaliknya melihat pada minat dan kebutuhan masyarakat.” tambah Guillaume.

Penyerahan penghargaan

Dalam acara ini juga terdapat penyerahan penghargaan bagi 4 orang lulusan ESMOD Jakartayang terpilih Coup De Coeur De Jury dimana penghargaan ini dipilih langsung oleh 42 orangProfesional Jury dari berbagai industri, pada acara Jury Day yang sebelumnya telahdilaksanakan oleh ESMOD Jakarta. 

Juri yang berpartisipasi diantaranya yaitu Darwis Triadi(Photographer Darwis Triadi), Eri Dani (Alumni of EMOD Jakarta & Fashion Designer Eridani),Galuh Nurita (Fashion Designer & Advisor Laire & Louis Vuitton), Rama Dauhan (Alumni ofEMOD Jakarta & Fashion Designer Rama Dauhan Design Studio), Toton Januar (CreativeDirector & Co Founder Toton), Yogie Pratama (Alumni of EMOD Jakarta & Creative DirectorYogie Pratama and IPMI). 

“Saat ini, kamijuga dalam proses research untuk penggunaan AI (Artificial Intelligence) dan merilis websitealumni ESMOD Jakarta yang nantinya dapat memudahkan seluruh alumni ESMOD Jakartauntuk terkoneksi satu sama lain, menampilkan portofolionya secara digital dan bagi pihakeksternal yang ingin bekerja sama ataupun mencari kandidat untuk mengisi posisi dicompany-nya dapat termudahkan dengan kehadiran website ini,” ujar Alce selaku Director of Development ESMOD Jakarta.

Kemudian bicara soal teknologi, ESMOD Jakarta juga menjadi sekolah mode pertama yangmulai masuk ke ranah virtual berupa dunia metaverse di Indonesia, bekerja sama denganNusameta. Dalam acara ini, beberapa dari karya-karya lulusan ESMOD Jakarta tahun 2022juga turut ditampilkan sebagai contoh yang telah dibuat versi digitalnya pada layar LED danharapannya pada tahun 2024 mahasiswi dan mahasiwa ESMOD Jakarta juga siap untukmenciptakan karya digital dari koleksinya. 

Selain itu, ESMOD Jakarta juga bekerja samadengan TikTok dan mengkampanyekan secara online #ESMODDesignersOnTikTok dimanamasyarakat dapat melihat video-video behind the scene dari setiap karya yang ditampilkandan setelah acara Creative Show dari tiap koleksi yang dibuat oleh lulusan ESMOD Jakarta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading