Sukses

Fashion

Kurangi Limbah, 3 Cara Sederhana untuk Upcycling Pakaian Lama

Fimela.com, Jakarta Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Bukan hanya itu, karena adanya tren di dunia fesyen, menyebabkan orang-orang memiliki pakaian dan kemudian menyebabkan banyak limbah tekstil yang dihasilkan setiap tahunnya. Salah satu cara untuk mengurangi sampah tekstil adalah dengan upcycling.

Berdasarkan data yang disebarkan oleh KLHK, mengungkapkan bahwa sampah jenis tekstil atau pakaian yang ada di tempat pembuangan akhir atau TPA memiliki total sekitar 1,7 ribu ton per tahunnya. Maka dari itu, perubahan harus dilakukan agar lingkungan selalu terjaga.

Dilansir oleh Rd.com upcycling adalah proses mengubah barang yang tidak diinginkan atau tidak digunakan menjadi barang baru yang lebih berharga. Metode ini biasanya sering digunakan orang-orang untuk mengubah pakaian lama menjadi baru. Di mana orang yang melakukan upcycling umumnya akan menggunakan kreativitas.

Perlu ditekankan upcycling dan daur ulang itu memiliki arti dan tujuan yang berbeda.  Daur ulang adalah proses mengubah limbah menjadi produk baru dengan nilai yang sama atau lebih rendah. Sedangkan upcycling adalah proses mengubah limbah menjadi produk baru dengan nilai yang lebih tinggi. 

Jika kamu ingin mencoba untuk melakukan upcycling untuk mendapatkan suatuhan yang nilainya lebih tinggi, berikut adalah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk upcycling pakaian lama.

 

Potong dan Jahit

Jangan biarkan jeans lama kamu yang sudah terlalu pendek atau ketinggalan jaman berakhir di tempat sampah. Dengan sedikit kreativitas, kamu dapat mengubahnya menjadi celana pendek atau rok yang stylish.

Cara paling sederhana untuk mengubah jeans lama menjadi celana pendek adalah dengan memotongnya sependek yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan gunting biasa atau mesin jahit. Jika kamu tidak ingin tampilannya berjumbai, kamu bisa menggunakan jarum dan benang untuk menyatukan kedua sisi.

Selain celana pendek, kamu juga bisa mengubah jeans lama menjadi rok. Caranya sama, yaitu dengan memotongnya sesuai dengan panjang yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menambahkan hiasan, seperti renda atau pita, untuk membuat rok kamu lebih menarik.

 

 

Ubah jadi Ikat Rambut

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengubah kaos lama menjadi aksesoris adalah dengan memotongnya menjadi pita rambut. Caranya adalah dengan memotong kain dari kaos lalu mengaitkannya di kedua ujungnya. Kamu juga bisa menambahkan hiasan, seperti renda atau pita, untuk membuat pita rambut kamu lebih menarik.

Selain pita rambut, kamu juga bisa mengubah kaos lama menjadi ikat rambut. Caranya sama, yaitu dengan memotong kain dari kaos lalu menjahitnya menjadi ikat rambut. kamu juga bisa menambahkan karet elastis untuk membuatnya lebih nyaman dipakai.

Aksesoris gym lainnya yang bisa kamu buat dari kaos lama adalah bandana keringat. Caranya adalah dengan memotong kain dari kaos lalu melipatnya menjadi segitiga. kamu juga bisa menambahkan pola atau hiasan untuk membuatnya lebih menarik.

 

 

Uban Jadi Tote Bag

Kantong plastik sekali pakai dan kantong kertas dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Mereka dapat menyebabkan pencemaran dan membutuhkan waktu lama untuk terurai.

Untuk mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan kantong belanja, kamu dapat membuat tote bag kamu sendiri dari bahan bekas.

Berikut adalah cara membuat tas jinjing ramah lingkungan dari sweter atau kaos bekas:

Pilih sweter atau kaos yang masih dalam kondisi baik dan tidak terlalu berlubang.Potong sweter atau kaos menjadi persegi panjang dengan ukuran yang diinginkan.Jahit kedua ujung persegi panjang menjadi satu.Tambahkan tali atau strap untuk membuat tas  tote bag kamu lebih praktis.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading