Sukses

Fashion

Tokopedia Gelar Tokopedia Fashion Market 2024 Dukung Penjualan Produk Fashion Lokal

Fimela.com, Jakarta Pada hari Rabu, 7 Februari 2024, Tokopedia resmi membuka pergelaran Tokopedia Fashion Market. Pergelaran ini berlangsung secara offline hingga 11 Februari 2024 di Kota Kasablanka dan secara online pada 19-29 Februari 2024 di situs maupun aplikasi Tokopedia. 

“Tokopedia Fashion Market memberi panggung khusus bagi brand fashion lokal untuk meningkatkan awareness hingga penjualan. Bersamaan dengan dibukanya Tokopedia Fashion Market secara offline, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil diTempat’ untuk mempermudah pengunjung mengambil produk yang dibeli melalui toko online penjual,yang membuka booth di bazaar Tokopedia Fashion Market, secara langsung,” jelas Head of Fashion Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo.

“Industri fashion di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar,” kata Aldhy.

Ekonomi kreatif saa tini menjadi penyumbang sekitar 7,8% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Industri fashion menempati posisi kedua terbesar penyumbang PDB ekonomi kreatif.

“Di Tokopedia, sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fesyen sepanjang tahun 2023,antara lain Bangkalan (Jawa Timur), Lebak (Banten) dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) dengan rata-rata kenaikan hampir 1,5 kali lipat,” tambah Aldhy.

Tingginya permintaan masyarakat akan produk fesyen terlihat dari tren belanja online di Tokopedia yang mencatat bahwa fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris sepanjang tahun 2023.* Sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi transaksi produk fesyen melalui Tokopedia, antara lain Raja Ampat (Papua Barat), Yahukimo (Papua Pegunungan) dan Puncak Jaya (Papua Tengah) dengan rata-rata kenaikan hampir 2 kali lipat.

“Data internal Tokopedia tercatat bahwa sejumlah produk mengalami transaksi tertinggi sepanjang 2023 di kategori Fesyen Wanita, antara lain jam tangan, sandal dan tas. Sedangkan di kategori Fesyen Pria, yaitu t-shirt, sneakers dan tas," lanjutnya. 

Tokopedia juga mengundang Co-founder Prepp Studio yaitu  Satria Adiyasa, Kanya Trihapsari, Co-Founder Benang Jarum, dan Head of Marketing merché, Zein Witriandani untuk menceritakan kesuksesan membangun dan menjual brand bersama Tokopedia. Ketiga brand ini juga membuka stan pada Tokopedia Fashion Market kali ini. 

Tidak hanya itu saja, Tokopedia juga menawarkan berbagai promo menarik serta kemudahan dalam membayar seperti adanya diskon, cashback, hingga promo jastip, berikut informasinya. 

Ketiga brand fashion ini menceritakan pengalamannya ketika merintis brand hingga bekerjasama dengan Tokopedia

Co-founder Prepp Studio, Satria Adiyasa. menceritakan pengalamannya yang menurutnya nekad untuk menciptakan brand baru bernama Prepp Studio pada Januari 2020. Lahir dari World White Enterprise Group yang fokus pada formal worker, Satria menjelaskan dengan grup-grup sebelumnya Satria belajar bagaimana meningkatkan engagement serta transaksi yang di drive dari media sosial. 

Ketika kebutuhan pelanggan dan demand yang mulai dikenal dari berbagai campaign seperti campaign baliho dengan Arief Muhammad hingga semakin besar dengan follower 1,4 juta, Satria mendengarkan apa yang pelanggan inginkan ketika bertransaksi seperti gratis ongkir serta kemudahan lain, Prepp Studio inipun dapat memenuhi kebutuhan berkat menjalin relasi dengan Tokopedia. 

Kanya Trihapsari, Co-Founder Benang Jarum, juga memiliki asal-usul yang sama yakni lahir pada pandemi. Awalnya mereka meluncurkan Benang Jarum untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat Butterscorves penuhi. Rani juga bercerita Benang Jarum ini layaknya bayi yang survive dari badai. Karena keberhasilan Benang Jarum dalam mempertahankan konsistensi serta inovasi membuat Benang Jarum ikut ke Jakarta Fashion Week hingga berkolaborasi dengan Emily in Paris dengan usianya yang masih berumur 3 tahun, sungguh luar biasa. 

Salah satu e-commerce terbaik yang dimiliki oleh Benang Jarum adalah Tokopedia dengan menelusuri berbagai ulasan serta komentar dari berbagai pelanggan, Benang Jarum dapat mempertahankan eksistensi sekaligus kualitasnya dalam ranah fesyen lokal di Indonesia. 

Lain halnya dengan Merche yakni Head of Marketing merché, Zein Witriandani, menceritakan meskipun telah lahir pada tahun 2017, hahdirnya pandemi membuat Merche untuk shifting melakukan perubahan cara penjualan yang semulanya offline menjadi online, semuanya juga didukung oleh Tokopedia. Bahkan hingga saat ini, penjualan Merche meningkat drastis dan kuat dalam penjualan online. 

Tentu saja kesuksesan ini tidak luput dari konsistensi serta berbagai strategi marketing yang dilakukan oleh ketiga brand ini agar menjadi brand yang sukses dan dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia. Ketiga brand ini juga membagikan tips sukses berjualan di Tokopedia.

"Kamu harus cari find your way mulai dari mengapa ingin membangun brand hingga konektivitas dengan customer, dari situ kamu bisa tahu tujuan brandmu itu apa," jelas Satria. 

"Mendengarkan permintaan customer hingga mencoba berbagai peluang juga menjadi kunci kesuksesan berjualan. Kedua hal ini menjadi kunci yang harus dimiliki untuk berjualan," tambah Kanya. 

"Sama dengan mereka berdua, kita harus tahu kebutuhan klien apalagi Merche sendiri juga fokus pada tas jadi kita harus tahu tas-tas apa sih yang dibutuhkan oleh konsumen. Setelah itu juga perlu inovasi produk yang berbeda dari kompetitor, konsisten, serta manfaatkan dan maksimalkan fitur dan channel dari Tokopedia," tutup Zein.

Dalam event kali ini Tokopedia memberikan berbagai kemudahan serta penawaran bagi para pembeli

Untuk mendorong geliat industri fashion tanah air, Tokopedia Fashion Market hadir dengan berbagai produk fesyen dan promo. Pengunjung bisa mengakses produk fashion wanita, fashion pria, fashion muslim dan fashion anak dari brand fashion lokal yang berpartisipasi.

“Pengunjung bisa mendapatkan rilisan eksklusif (hanya tersedia di Tokopedia) dari brand fashion lokal yang akan dirilis selama Tokopedia Fashion Market berlangsung, diskon hingga 90%, flash sale, cashback hingga Rp1.000.000, promo jastip, serta penawaran menarik lain," kata Aldhy.

Aldhy menambahkan, “Demi meningkatkan pengalaman belanja, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil di Tempat’ bersamaan dimulainya Tokopedia Fashion Market.” Pengunjung bisa menggunakan fitur ini dengan sangat mudah, caranya sebagai berikut:

  1. Pilih produk yang ingin dibeli di offline booth.
  2. Scan QR code yang tersedia di masing-masing offline booth.
  3. Pada halaman checkout, pilih pengiriman ‘Ambil di Tempat’.
  4. Plih metode pembayaran dan lakukan pembayaran.
  5. Setelah pembayaran berhasil, pembeli bisa langsung mengambil pesanan secara offline di booth.

“Fitur Tokopedia ‘Ambil di Tempat’ sudah bisa digunakan untuk membeli produk selain fesyen di berbagai pengalaman belanja online to offline (sebaliknya). Dengan adanya fitur ini kami berharap bisa mempermulus pengalaman belanja online to offline (sebaliknya) dan memungkinkan lebih banyak masyarakat merasakan kemudahan bertransaksi lewat ekosistem Tokopedia," kata Aldhy.

Pengunjung Tokopedia Fashion Market dapat mengikuti kegiatan menarik di bazar, seperti fashion show, hadiah menarik setiap pembelian kelipatan Rp100000 lewat program reward card, photo booth dan lain-lain. Selain bisa membeli beragam produk fesyen dari sederet brand fashion lokal, seperti Benang Jarum, merché, Prepp Studio, dan masih banyak lagi, pengunjung juga bisa mengakses produk kecantikan dan sport apparel dari penjual di Tokopedia yang juga berpartisipasi di bazar Tokopedia Fashion Market.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Unlocking the Limitless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading