Sukses

Lifestyle

Dukung Pertumbuhan UMKM Lokal, Tokopedia dan TikTok Hadirkan Kampanye ‘Beli Lokal’ di Harbolnas 12.12

Fimela.com, Jakarta Dalam era digital ini, terutama setelah berakhirnya pandemi terjadi pergantian kebiasaan masyarakat dari yang gemar berbelanja secara offline, kini beralih ke aktivitas belanja online. Bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja, kini tidak perlu repot untuk datang ke toko. Hanya dengan sekali klik, pengalaman berbelanja dapat diakses dengan mudah dari mana saja melalui platform daring.

Memasuki penghujung tahun biasanya banyak promo-promo menarik yang ditawarkan oleh para pelaku usaha, termasuk UMKM di Indonesia. Terlebih pada saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang ditetapkan pada tanggal Desember atau tanggal cantik 12.12 sebagai kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital di Indonesia.

Menurut Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk semakin bangga dalam menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. Hal ini dapat terwujud salah satunya dengan membeli dan menggunakan produk-produk lokal.

Hadirkan kampanye 'Beli Lokal'

Harbolnas menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau peningkatan sebesar 26 persen dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18 persen dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

Bersamaan dengan upaya ini, Tokopedia berkomitmen untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Hal ini diwujudkan dengan peluncuran kampanye 'Beli Lokal'.

Kampanye 'Beli Lokal' adalah kolaborasi antara Tokopedia, pemerintah, dan TikTok Indonesia guna membuka peluang yang lebih luas bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mengembangkan usahanya. Selain menguntungkan pembeli dengan beragam promo menarik yang dihadirkan, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal diharapkan dapat mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia.

Pemanfaatan kanal digital

Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat. Salah satu kolaborasi yang dijalankan oleh Tokopedia adalah melalui kerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye Beli Lokal saat momen Harbolnas ini.

Melalui kemitraan antara Tokopedia dan TikTok Indonesia, kampanye Beli Lokal juga dapat ditemukan lewat aplikasi TikTok Indonesia guna memperluas jangkauan para pelaku usaha khususnya UMKM. Lewat kerja sama ini, pelaku usaha dapat berinteraksi langsung dengan pembeli secara lebih interaktif melalui live stream.

Kampanye Beli Lokal yang dihadirkan oleh Tokopedia dan TikTok diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia di penghujung tahun 2023.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesDesember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading