Sukses

Fashion

Setelah New York dan Paris, Tas Lokal WovLea yang Memadukan Kain Tradisional Akan Buka Pangsa Pasar ke Turki

Fimela.com, Jakarta WovLea, brand tas lokal dengan kualitas ekspor bersama beberapa brand ternama lain, seperti Batik Danarhadi, menampilkan koleksinya dalam acara Jamuan Teh yang diadakan KADIN Indonesia Bidang Pemberdayaan Perempuan dan MÜSİAD Perempuan Indonesia di Turkuaz Turkish Restaurant pada Senen, 29 April 2024. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April lalu. 

Menurut Lisa Zen Purba, pemilik brand  WovLea yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Tetap Mitra Usaha Perempuan KADIN Indonesia, brand tas miliknya memang menjadi produk binaan KADIN Indonesia Pemberdayaan Perempuan, dan telah menjadi salah satu contoh produk binaan yang telah mengeksekusi program UKM Go Export. 

“Dengan adanya acara afternoon tea ini, di mana kami mengundang ambassador dari beberapa negara, khususnya ibu-ibunya, kami ingin memperkenalkan bagaimana produk-produk Indonesia yang telah terbina dengan baik selama ini. Kami ingin meningkatkan produk-produk mikro yang siap menjadi UKM Go Export. Meski ada saingan, misalkan dari produk Cina, tetap produk Indonesia punya kelebihan karena handmade,” terang Lisa Zen Purba. 

Kadin Indonesia dan MÜSİAD Perempuan Indonesia sendiri telah menandatangani MoU mengenai kemitraan mereka dalam kegiatan terkait isu pemberdayaan perempuan. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan perdagangan antara pengusaha perempuan Indonesia dan pengusaha Turki, serta meningkatkan hubungan kerja sama antara kedua negara. Tujuan utamanya adalah untuk pro kebijakan yang mempromosikan kesetaraan perempuan berdaya dan juga berbisnis. 

“KADIN dan MÜSİAD mempunyai beberapa agenda kolaborasi produk untuk saling ekspor dan impor yang dapat memperkuat hubungan dagang dan kerja sama perekonomian antara Indonesia dan Turki, terutama di bidang UMKM perempuan,” jelas Lisa Zen Purba lebih lanjut. 

Tas WovLea Buka Pangsa Pasar ke Turki

Seperti dijelaskan oleh Lisa Zen Purba, WovLea brand tas miliknya memang jadi salah satu produk binaan KADIN Indonesia Pemberdayaan Perempuan yang telah mengeksekusi program UKM Go Export. Brand WovLea sendiri merupakan singkatan dari “Woven & Leather”. 

Koleksi tas dari brand ini memang memakai aneka bahan lokal berkualitas seperti faux leather, tenun, dan batik. Berdiri sejak tahun 2015, WovLea Bags telah masuk pasar retail di department stores di Jakarta dan telah merambah pasar New York, AS hingga Paris, Perancis. Bahkan pernah mengikuti beberapa acara internasional bergengsi, di antaranya ATFH New York Fashion Week 2023 lalu. 

Lisa, di tengah kesibukannya sebagai pebisnis dan organisatoris, ia rajin berkeliling Nusantara untuk mencari bahan baku tas WovLea, seperti kain tradisional dan kulit. Bersama tim desainer, Lisa mengembangkan tas multifungsi yang memadukan kulit lokal berkualitas dengan kain tenun dan batik tradisional asli Nusantara, seperti bordir dari Bali, Sumba, dan NTT.

Mengenai tujuan utama produk tas WovLea mengikuti acara kolaborasi antara KADIN Indonesia Pemberdayaan Perempuan dan MÜSİAD Perempuan Indonesia ini, menurut Lisa lebih kepada branding dan promosi dengan harapan brand miliknya bisa memasuki pasar Turki.

“Sejauh ini produk WovLea memang belum diekspor ke Turki. Makanya kami butuh sekali program semacam ini untuk branding dengan tujuan mendapatkan link dan pangsa pasar di Turki. Kami ingin membawa cita rasa Indonesia ke Turki,” ujarnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading