Sukses

FimelaHood

Komunitas Blogger Perempuan, Buktikan Kalau Perempuan Tidak Gagap Teknologi

Fimela.com, Jakarta Mungkin semua orang bisa menulis, tapi tidak semua orang mau meluangkan waktunya untuk menulis dalam sebuah blog. Kalimat tersebut setidaknya diperkuat oleh penjelasan dari Co-founder Blogger Perempuan Network Almazia Pratita. “Ada orang yang update blog-nya sehari sekali, tapi ada juga yang baru update setahun sekali,” terang Alma saat berkunjung ke kantor Fimela.com beberapa waktu lalu.

Yup, kali ini Fimelahood akan mengulas tentang Komunitas Blogger Perempuan. Kira-kira adakah yang masih suka ng-blog—meskipun saat ini orang-orang memang tengah keranjingan berbicara soal vlog alias video blog? Alma mengakui bahwa kepopuleran blog memang naik turun. “Awalnya, Maret 2015 itu bikin platform dulu. Pas kita bentuk komunitas ternyata yang bergabung semakin banyak. Sekarang total member kita 4300 dan tersebar di seluruh Indonesia,” jelas Alma.

Inisiator Blogger Perempuan Shintaries Nijerinda mengungkapkan tujuan awal dibentuknya Blogger Perempuan Network hanya untuk menjadi wadah diskusi, saling berbagi tips supaya bisa membuat sebuah blog yang bagus. ”Jadi kita melihat kayak perempuan diasosiasikan seperti gagap teknologi, dan blog ini kan sangat berkaitan banget dengan teknologi, internet dan segala macamnya,” tutur Shinta.

“Jadi kita berpikir untuk membuat jaringan yang memang bisa membantu para perempuan-perempuan ini karena mereka biasanya nggak tahu harus cari ke mana informasinya, Googling juga kadang mungkin males, lebih enak tanya dan ada yang menjawab,” tambah Shinta. Sementara itu, Alma menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat mengapa blog yang satu mungkin lebih banyak menarik viewers atau pengiklan dibandingkan dengan blog yang lainnya.

“Lebih ke arah marketingnya, jadi kalau misalkan blog baru otomatis pembaca masih belum ada, nah dia bisa memanfaatkan semua channel si Blogger Perempuan ini untuk cari viewers. Blog yang sudah sukses itu mungkin settle di SEO-nya, biasanya kalau blog sudah lama, sudah lima tahun, kontennya banyak, artikelnya banyak, setiap dicari dia muncul di Google,” terang Alma.

2 dari 2 halaman

Keuntungan Bergabung dengan Komunitas

Bila menulis sudah menjadi hobi, maka mengurus blog tentunya bukan lagi persoalan yang besar. Tapi, semua blogger tentunya ingin mendapatkan jumlah pengunjung atau viewers yang banyak. Kira-kira apa tipsnya supaya blog yang sudah dibuat dibaca oleh banyak orang atau bahkan mendapatkan iklan?

“Jumlah viewers tentunya bisa mendatangkan iklan yang masuk. Lumayanlah karena satu tulisan bisa dihargai hingga jutaan rupiah,” terang Shintaries Nijerinda. Ada beberapa tips yang dapat dicoba, yang pertama adalah dengan memperbanyak jumlah artikel. “Tidak perlu setiap hari artikelnya di-publish, tapi harus konsisten. Jadi misalkan kalau sudah seminggu sekali ya begitu terus,” jelas Shinta.

Lalu tips kedua adalah dengan cara membuat artikel yang panjang, lengkap dan banyak orang cari. “Jadi setiap orang Google apa, ketemunya artikel itu atau bikin artikel yang tidak seheboh itu tapi jumlahnya banyak, jadi kayak memperbanyak pintu masuk,” ujar Almazia Pratita. Community Manager Blogger Perempuan Alaika Abdullah menambahkan, menurutnya bergabung dengan komunitas menjadi salah satu pintu yang dapat membuat blog seseorang lebih dikenal.

“Selain ketemu sama orang yang memiliki hobi sama, bergabung dengan komunitas juga bisa ngedongkrak tulisan. Seperti di Blogger Perempuan nantinya tulisan yang para blogger buat kita kasih back link. Kita promote ke sosial media,” ungkap Alaika. Buat yang suka menulis blog penting juga untuk mengetahui tema tulisan yang tengah banyak dicari oleh orang-orang. “Tema yang paling diminati sekarang ini itu beauty, traveling dan kuliner,” pungkas Alaika.

Artikel Selanjutnya
ID Skincare Community, Tempatnya Para Beauty Enthusiast Berbagi
Artikel Selanjutnya
HOPE Ajak Perempuan Sadar Bahwa Kekerasan Bukanlah Hal yang Wajar
: