Sukses

FimelaHood

Komunitas Blogger Perempuan: Ajak Generasi Milenial Ngeblog

Fimela.com, JakartaBlog kamu apa?” Pertanyaan tersebut sepertinya terdengar sangat asing dibandingkan dengan pertanyaan,”Nama akun Instagram kamu apa?” Ya, di zaman sekarang boleh dikatakan kalau semua orang memiliki akun media sosial, mulai dari Facebook, Instagram dan sebagainya.  Jangankan mereka yang sudah sekolah, para bayi pun sudah memiliki akun media sosial, meskipun yang mengoperasikannya adalah orangtuanya sendiri.

Tapi, jangan salah karena kini banyak orang yang mulai kembali ngeblog, buktinya Komunitas Blogger Perempuan memiliki ribuan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan yang perlu diketahui adalah anggota Komunitas Blogger Perempuan bukan cuma mereka para ibu-ibu muda, mereka yang masih kuliah atau pun baru lulus juga ikut bergabung.    

“Karena ternyata member barunya Blogger Perempuan ini anak muda, di bawah 25 tahun umurnya. Member sebelumnya usianya 24-35,” jelas inisiator Komunitas Blogger Perempuan Shintaries Nijerinda kepada Fimela.com. Untuk menyambut datangnya para anggota baru, khususnya mereka yang berada di Jakarta, Komunitas Blogger Perempuan membuat annual meetup.

“Jadi kita itu punya annual meetup, kayak setahun dua kali kita ketemu member-member yang ada di Jakarta. Kalau tahun kemarin itu kita ngomongin soal lomba blogging. Nah, kalau yang sekarang itu kayak welcoming the new member,” jelas Shintaries. Menyambut datangnya anggota baru Komunitas Blogger Perempuan mengadakan acara bertajuk “Cerdas Kelola Konten Blog & Kuangan Pribadimu” pada 2 Februari 2019 di Menara BTPN, CBD Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Tidak hanya sekadar ngumpul-ngumpul, acara yang dihadiri oleh 100 blogger tersebut juga memberikan berbagai tips untuk menjadi blogger yang terkenal. “Dalam acara ini para blogger dapat mencari tahu tentang bagaimana memulai blog, platform yang digunakan apa, yang mau ditulis itu apa. Siapa blogger yang bisa menginspirasi dia,” tambah Shintaries.

Selain Shintaries, ada enam pembicara yang dihadirkan dalam acara annual meetup pertama Komunitas Blogger Perempuan di tahun 2019 ini, beberapa diantaranya, yakni Almazia seorang blogger yang juga desain grafis. Lalu ada Nunik Utami professional content writer yang menjelaskan bagaimana menulis yang menarik dan bisa dibaca oleh banyak orang.

2 dari 2 halaman

Kenapa Milenial Tertarik untuk Ngeblog

Ketika Shintaries menjelaskan bahwa kini banyak anak-anak generasi milenial yang mulai ngeblog, maka pertanyaan yang ingin segera diajukan tentunya adalah,”Mengapa generasi milenial sekarang ini tertarik untuk ngeblog?” Shintaries pun memberikan jawabannya,”Banyak anak-anak muda yang tahu soal blog itu justru dari Instagram.”

“Kalau anggota kita yang berasal dari Facebook itu kan biasanya ibu-ibu, kalau anak mudanya itu dari Instagram. Karena tahu dari Instagram mereka jadi penasaran dan pengin tahu lebih jauh tentang blog dan juga komunitas Blogger Perempuan,” jelas Shintaries. Banyak harapan yang ingin dicapai dari berbagai kegiatan yang diadakan komunitas Blogger perempuan untuk para anggota baru, salah satunya adalah supaya anak-anak muda tertarik ngeblog.

Supaya blog yang dibuat menarik perhatian banyak orang, Shintarie memberikan sebuah tips. Menurutnya para blogger juga harus tahu apa yang tengah berkembang di luar sana, termasuk dengan memanfaatkan Instagram sebagai media untuk memperkenalkan diri atau pun blognya. “Butuh waktu untuk tulisan kita akhirnya bisa kebaca sama Google. Gampangnya kita bisa manfaatkan media sosial untuk ngasih tahu soal tulisan kita,” pungkas Shintaries.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Gathering Komunitas Safe Kids Indo, Berkumpul Sambil Berbagi Ilmu
Artikel Selanjutnya
Friday Noraebang, Bukan Cuma Wadah Bagi Para Penggemar KPop