Sukses

FimelaHood

Lewat Facebook, Komunitas Lakukan Kontribusi Sosial yang Nyata

Fimela.com, Jakarta Sejak kehadirannya di jajaran media sosial di Indonesia, Facebook menjadi salah satu media sosial yang menjadi primadona. Bukan hanya menjadi sarana bersosialisasi, tetapi juga menghubungkan manusia dari berbagai belahan dunia. Lebih dari itu, di Facebook menjadi tempat berkumpulnya orang-orang dengan latar belakang dalam sebuah komunitas.

Bicara soal komunitas, di Indonesia ada dua komunitas besar dan aktif di Facebook, yakni Indo Runners dan 501st Legion Garuda Garrison Indonesia. Keduanya merupakan komunitas yang dipersatukan dan besar melalui Facebook, dengan kata lain, kedua komunitas ini memanfaatkan Facebook sebagai media bertukar informasi dan menjaring lebih banyak anggota.

Kendati begitu, rupanya kedua komunitas tersebut memiliki aktivitas yang lebih besar lagi di dunia nyata. Bahkan, keduanya telah berkontribusi bagi banyak orang melalui kegiatan yang mereka lakukan. Di Facebook, Indo Runners telah memiliki 100.000 lebih pelari, mulai dari pemula hingga profesional yang tersebar di Nusantara dan luar negeri.

Diprakarsai oleh Reza Puspo, Yomi Wardhana, Yasha Chatab, Aki Niaki, dan Maylaffayza, Indo Runners memiliki kegiatan rutin, seperti Sunday Morning Run (setiap jam 6 pagi, dengan rute FX - Bundaran HI -FX), Thursday Night Run (setiap jam 8 malam, di area GBK Senayan), Saturday Zoo Run (saetiap bulan dikebun binatang) dan Trail Run (di area Lembang - Bandung).

Tidak hanya sampai di situ, Indo Runners juga mengajak anggotanya untuk berkontribusi lebih untuk menciptakan dampak sosial yang positif dengan mendirikan Yayasan Mari Lari. Berdirinya yayasan ini diharapkan dapat membantu menyebarkan virus lari dari sisi sosial, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan kesadaran terhadap amal sosial, melalui aktivitas lari.

Sama halnya dengan Indo Runners, 501st Legion Garuda Garrison Indonesia juga komunitas aktif dan inspiratif. Sebagai komunitas penggemar berat Star Wars, 501st Legion Garuda Garrison Indonesia tidak hanya memakai replika kostum untuk menyalurkan hobi, tapi juga memanfaatkan kostum tersebut untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial.

Tak jarang, 501st Legion Garuda Garrison menjadi relawan dan melakukan penggalangan dana. Pada 2018, 501st Legion Garuda Garrison Indonesia bekerja sama dengan Save The Children melakukan penggalangan dana untuk membantu korban gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah.

Untuk membangun komunitas yang lebih kuat baik di dalam maupun di luar Facebook dengan memberikan dukungan bagi pimpinan komunitas lokal meluncurkan sebuah program baru bernama Community Leadership Circles (CLC), yang terdiri daripara admin grup lokal di seluruh dunia yang melakukan pertemuan secara rutin untuk membangun relasi dansaling belajar satu dengan yang lain.

Dengan demikian, terbukti jika pada era digital, kehadiran media sosial bisa membantu orang-orang melakukan kebaikan ke seluruh penjuru dunia. 

 

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Bantu Selamatkan Lingkungan, Komunitas Get Plastic Ubah Sampah Plastik Jadi BBM
Artikel Selanjutnya
IFSR 2019: Ajak Komunitas untuk Menyebarkan Tagar #JalurRempah