Sukses

FimelaHood

Komunitas Parkour Jakarta: Olahraga yang Penuh Kedisiplinan

Fimela.com, Jakarta Hal yang paling menarik dari sebuah film Perancis berjudul Yamakasi (2001) adalah bagaimana para tokoh dalam film dengan lihainya melompat dari satu gedung ke gedung lainnya, tanpa bantuan alat apa pun. Apa hal tersebut hanya ada dalam film? Tentu saja tidak.

Yamakasi adalah salah satu film yang wajib ditonton oleh para pencinta olahraga parkour. Ya, olahraga yang satu ini memang memungkinkan seseorang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cara melompat. Tapi, tentunya hanya orang yang sudah ahli saja yang bisa melakukan hal itu.

Bukan berbicara soal film, kali ini Fimelahood ingin membahas soal komunitas Parkour Jakarta yang sudah terbentuk sejak 2007 lalu. Namun film Yamakasi memang memiliki arti tersendiri bagi pimpinan komunitas Parkour Jakarta, Ahmad Yunan.

"Dari film Yamakasi saya jadi tertarik dengan olahraga parkour dan langsung nyemplung ke dunia parkour hingga sekarang," jelas Yunan kepada Fimela.com. Ditemui saat sedang melatih para anggota komunitas Parkour Jakarta di Taman Puring, Jakarta Selatan, Yunan menjelaskan secara singkat bagaimana komunitasnya terbentuk.

"Awalnya ada Adit dan satu orang lainnya bergabung di forum parkour internasional, Parkour.net, dari situ mereka berpikir kenapa nggak bikin parkour Indonesia. Dan mulailah yang di Jakarta buat komunitas, lalu ada parkour Bogor, Depok juga. Jadi disetiap daerah ada komunitas parkournya," ungkap Yunan.

Menurutnya dari tahun ke tahun peminat olahraga parkour semakin banyak. "Karena sekarang sudah ada media sosial, jadi banyak yang melihat juga dari video di YouTube dan dari situ mereka tertarik untuk belajar," terang Yunan. Tapi, harus dipahami kalau olahraga parkour bukan cuma olahraga yang asal melompat.

Ada berbagai macam teknik yang harus dikuasai, mulai dari lompatan atas bawah, roll, wall climb, jumping over, precision jump, vaulting Swinging through, cat leap, wall spin dan masih banyak lagi. Dan mereka yang ingin menekuni olaharag parkour pertama-tama juga harus jago lari, lompat dan memanjat.

"Siapa pun yang bergabung dengan kita pasti awalnya akan masuk ke basic dulu," jelas Yunan. Yang namanya olahraga pastinya ada beragam manfaat yang didapatkan untuk tubuh, namun menurut Yunan, olahraga parkour tidak hanya sekadar membuat seseorang menjadi lebih sehat.

"Parkour bagian dari halang rintang militer, kita latihan disiplinnya, sehat pasti. Parkour menanamkan supaya di mana pun latihannya harus hormati lingkungan. Terus jadi lebih pede bergerak dan bisa berkomunikasi dengan yang lain," terang Yunan.

Mimpi Memiliki Taman Parkour

Memiliki puluhan anggota, komunitas Parkour Jakarta selalu berharap akan satu hal yaitu adanya taman yang memiliki fasilitas untuk berlatih olahraga parkour. "Awalnya kita kan di Senayan, lalu kemarin ada Asian Games, jadi pindah ke Taman Puring dulu. Ya, penginnya kita ada satu tempat khusus nantinya," jelas Yunan.

"Kalau dikasih satu tempat aja, kayak lahan kosong nggak apa-apa, nanti kita yang akan membuatnya sendiri," tambah Yunan. Dengan adanya taman tersebut Yunan juga berharap bahwa nantinya akan ada banyak orang yang memahami dan mengerti soal olahraga parkour.

"Kalau ada tempat khusus kan jadi orang banyak yang akan melihat kegiatan kita. Nggak ada lagi yang mikir kalau parkour olahraga di gedung, olahraga maling atau olahraga perusak," pungkas Yunan. Ingin bergabung dengan komunitas Parkour Jakarta? Bisa langsung follow Instagramnya @parkourjkt.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Scooter Bee 17, Buktikan Kesetaraan Gender dalam Hobi Otomotif
Artikel Selanjutnya
Depok Rubik's Cube Community, Belajar Pecahkan Masalah dan Kesabaran Lewat Permainan