Sukses

FimelaHood

Berbagi Perkembangan Anak Lewat Komunitas Birth Club Januari 2018

Fimela.com, Jakarta Mungkin kita semua setuju jika menjadi orangtua bukan perkara mudah. Kendati sekolah parenting sudah menjamur di beberapa negara, tapi bukan berarti urusan menjadi orangtua akan semudah membalikkan telapak tangan. Tetap ada prinsip yang harus dipegang dan disesuaikan dengan keadaan.

Meski begitu, menjadi orangtua bukan masalah diri sendiri, dengan kata lain, ada banyak orang di luar sana yang mengalami hal serupa. Umumnya, dari latar belakang yang sama bisa menjadi support system yang kuat. Seperti mereka yang terkumpul dalam komunitas Birth Club Januari 2018 (BCJ 2018), misalnya.

BCJ 2018 sendiri merupakan salah satu komunitas parenting yang menaungi anak-anak yang lahir di bulan Januari 2018 beserta orangtuanya. Menurut Iin Ardhestiro, salah satu pengurus BCJ 2018, berdirinya komunitas ini berdasarkan latar belakang yang sama, yakni dukungan yang tidak didapat oleh semua ibu. 

"Tidak semua ibu dapat dukungan dari lingkungannya, dengan berdirinya komunitas ini diharapkan bisa menjadi wadah sekaligus rumah untuk ibu dengan bayi kelahiran Januari 2018 khususnya untuk saling bertukar pendapat, sharing, tukar pikiran, pengalaman, informasi, berbagi keluh kesah, suka duka menjadi ibu, dan lain-lain," jelas perempuan yang akrab disapa Iin ini.

Membawa visi 'Memberikan Yang Terbaik Bagi Buah Hati', BCJ 2018 diharapkan bisa membentuk generasi penerus yang sehat, cerdas serta berakhlak mulia. " Kami ingin membentuk generasi penerus yang sehat, cerdas serta berakhlak mulia, generasi yang akan membanggakan tidak hanya untuk orangtuanya, agamanya tetapi juga untuk bangsa Indonesia," kata Iin.

Sebagai support system yang nyata, BCJ 2018 memiliki agenda yang melibatkan para anggotanya untuk berinteraksi. "BCJ 2018 kerap mengadakan seminar-seminar parenting, diskusi online di grup WhatsApp, daddy camp, playdate dengan berbagai tema, dan kegiatan menarik untuk membantu perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak dengan optimal," jelas ibu dua anak ini. 

Setiap anak memiliki perkembangannya masing-masing. Meski lahir di bulan dan tahun yang sama, tapi anak-anak yang tergabung dalam BCJ 2018 tidak serta merta memiliki pertumbuhan yang sama. Hal tersebut yang membuat para orangtua di komunitas ini jadi saling berbagi perkembangan anak dan saling support untuk memberi yang terbaik untuk anak.

"Anak-anak yang bergabung dalam komunitas BCJan2018 perkembangannya tidak sama tetapi justru karena tidak sama, di sini kami saling support untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak sehingga memiliki tumbuh dan kembang yang sempurna," jelas Iin. 

Di akhir perbincangan, Iin berpesan bagi para orangtua dalam mengurus anak untuk selalu berbahagia. "Pesan untuk orangtua khususnya untuk ibu soal parenting adalah anak merupakan amanah untuk orangtua. Tidak ada ibu yang sempurna akan tetapi jadilah ibu yang berbahagia. Seorang ibu yang bahagia bisa melahirkan anak-anak yang berbahagia pula. Ibu yang bahagia juga bisa mendampingi tumbuh kembang anak dengan optimal," tuturnya.

Kendati baru satu tahun berjalan, Iin berharap komunitas yang beranggotakan 201 bayi dan orangtua ini terus berkembang dan selalu mengadakan kegiatan-kegiatan positif. "Tidak ada sekolah untuk menjadi ibu yang sempurna tetapi orangtua tidak boleh berhenti belajar, dan dengan komunitas ini kita sama-sama belajar memberikan semua yang terbaik untuk anak melalui kegiatan-kegiatan rutin yang diadakan BCJ 2018 sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan sempurna," tandas Iin.

 

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Depok Rubik's Cube Community, Belajar Pecahkan Masalah dan Kesabaran Lewat Permainan
Artikel Selanjutnya
Pesona Timur, Upaya Perempuan Menari Kenalkan Indonesia Timur