Sukses

FimelaHood

Buka Bersama Rumah Dongeng Pelangi, Nikmati Dongeng Musikal Bareng Anak-anak Prasejahtera

Fimela.com, Jakarta Mendongeng adalah salah satu cara berkomunikasi pada anak. Di samping itu, masih banyak manfaat yang bisa didapat dari dongeng. Umumnya, kegiatan yang satu itu dilakukan oleh orangtua kepada anak sebagai pengantar tidur. Namun, bagaimana jadinya jika dongeng dibawa ke panggung pertunjukan?

Rumah Dongeng Pelangi (RDP) telah melakukannya pada Sabtu (18/5). Menggandeng Komunitas Gerak Aja dulu (GAD), RDP menyajikan dongeng musikal bertajuk Berbeda Itu Indah di Auditorium i3L, Pulogadung, Jakarta Timur di depan 150 anak prasejahtera dari 3 yayasan di Jakarta.

Bukan dongeng musikal biasa, dalam penjualan tiket event yang disponsori oleh Abuba Steak ini, RDP mengusung konsep 1 Kakak 1 Adik, yakni dengan membeli satu tiket pertunjukan, penonton telah membayarkan satu anak prasejahtera untuk ikut menonton dongeng musikal tersebut bersama-sama. Menurut Emanuella Mila, founder RDP, konsep tersebut merupakan konsep yang sudah ada di RDP.

Tak hanya sampai di situ, di bulan ramadan ini RDP juga memiliki program Ramadan Bucket List, yakni program berbagi yang melibatkan non-komunitas. "Kami mau wujudin wishlist adik-adik panti asuhan yang kami pilih, mereka bisa pilih wishlist masing-masih dan kami sebar di media sosial kami, dan kakak-kakak di luar sana bisa ikut mewujudkannya," Jelas Mila.

"Acara puncaknya biasa kami buka puasa bersama di panti asuhan, tapi kali ini kami buat agak berbeda ada dongeng musikalnya juga dan kami kolaborasi dengan Gerak Aja Dulu," imbuhnya.

Memilih GAD sebagai partner performing art rupanya bukan tanpa alasan. Mila mengatakan bahwa GAD memiliki latar belakang yang sama dengan RDP, yakni kepedulian pada anak-anak prasejahtera. "Komunitas Gerak Aja Dulu ini komunitas baru, dan ketika kami tahu mereka juga mengajak anak-anak prasejahtera juga, saya pikir cocok dengan komunitas kami," kata Mila.

Di lain sisi, Elzan Aziz, founder Abuba mengungkapkan alasannya untuk mendukung kegiatan RDP sejak lima tahun terakhir. "Menariknya di RDP itu ketika mereka menawarkan ke kami ada Ramadan Bucket List dan Christmas Bucket List, dan bisa dibilang Indonesia itu beragam, concern mereka juga kepada anak-anak, yang bikin mereka tertarik ya itu," jelas Elzan.

"Kebetulan concern saya juga pada anak-anak, dan saya pikir ketika kita ingin memberikan satu metode pendidikan, cari yang paling simpel, yaitu lewat dongeng, misal pendidikan moral, pendidikan yang sifatnya umum, karena sebelum saya ketemu Mila pun saya sudah mendongeng untuk anak saya," tandas ibu satu anak ini.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Komuniats Get Plastic: Kami Tidak Ada Masalah dengan Plastik, tapi ...
Artikel Selanjutnya
Single Moms Indonesia, Hapus Stigma Ibu Tunggal di Masyarakat