Sukses

FimelaHood

Pesta Ceria, Persembahan Rumah Dongeng Pelangi di Hari Anak

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, Hari Anak mungkin hanya hari seperti biasanya yang dilewati tanpa perayaan apa-apa. Namun, tidak bagi Komunitas Rumah Dongeng Pelangi. Dalam memperingati Hari Anak, komunitas yang berdiri pada 2010 ini membuat acara tematik bertajuk Pesta Ceria.

Dilaksanakan di D Mall pada Sabtu (27/7) lalu, Rumah Dongeng Pelangi mempersiapkan acara tersebut sebulan sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Emmanuella Mila, inisiator Rumah Dongeng Pelangi saat dijumpai di lokasi acara. "Persiapannya kurang lebih satu bulan, kami baru dihubungi oleh penyedia tempat sebulan yang lalu, dan kami langsung bikin konsep acaranya," kenang Mila.

Acara yang dihadiri oleh puluhan anak dan orangtua ini diisi oleh berbagai macam kegiatan. Seperti lomba mewarnai, mendongeng, talkshow, lomba mendongeng, dan membaca cerita bersama Lil'li Latisha, pemeran Happy di film Kulari ke Pantai.

"Sekarang tema yang kami ambil 'Indonesia Senang Membaca', jadi saat mendongeng, buku fisiknya kami tampilkan," ujar Mila.

Sebagai komunitas yang concern pada dunia anak, Hari Anak menjadi salah satu hari spesial bagi Rumah Dongeng Pelangi. "Kalau Hari Anak, biasanya kalau nggak bikin event ke panti asuhan, kami bikin campaign di media sosial, seperti ibu dan anak read aloud lalu kirim video ke kami," ungkap ibu satu anak ini.

Soal peserta, Mila mengungkapkan tidak menyangka akan banyak peserta lomba yang mendaftar. Dirinya bahkan sampai harus menolak beberapa peserta karena alasan durasi.

"Antusias para peserta acara ini benar-benar di luar ekspetasi, kami pikir paling cuma 10 orang sudah oke, tapi ternyata banyak banget, bahkan aku sempat menolak beberapa peserta karena durasi, semakin banyak semakin malam, aku nggak mau anak-anak pulang jam segitu," kata Mila.

Agar fair, Mila mendatangkan juri mewarnai dan lomba mendongeng dari luar komunitas. "Rumah Dongeng Pelangi hanya pelaksana, juri lomba diambil dari luar supaya adil, jurinya itu ada Mila Muzakkar, Afra Mayriani, dan Reza Putra," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Fimela juga berhasil mewawancarai Lotus dan Jelita, pemenang pertama lomba dongeng kategori keluarga. Lotus mengungkap jika dirinya tidak menyangka akan menjadi pemenang.

"Nggak nyangka, karena tadi ada yang ekspresif banget, sedangkan saya fokus dengan bagian saya, dan saya juga nggak nyangka anak saya ingat dengan bagiannya," 

Lotus mengaku tidak ada persiapan khusus di lomba dongeng perdana mereka ini."Sebenarnya nggak ada persiapan, karena ini memang buka kesukaan jadi Jelita tahu jalan ceritanya, dan setiap aku baca dia tetap tertarik, di rumah Jelita selalu minta didongengkan sebelum tidur," ungkapnya.

Di akhir pembicaraan, Mila mengungkapkan acara Rumah Dongeng Pelangi selanjutnya. "Next event ada acara 17-an, ini baru rencana, kami mau datang ke SLB di daerah Mampang, yang pasti 17-an harus ada acara sih, seperti lomba di tempat-tempat spesial," tandas perempuan berkacamata ini.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Bersiap! Rexona x Fimelahood Menuju Kota Ke-tiga
Artikel Selanjutnya
Satu Hari Lagi Menuju Dove x Fimelahood 'My Mental Health Matter', Are You Ready?